Menulis Momen Spesial Kala Mengajar

Assalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat Malam Semuanya. Malam ini kita akan kuliah Online melalui wa Group. Oleh karena itu WA Group sementara saya kunci dan hanya admin serta narasumber yang akan menyampaikan materinya. Bagi yg ingin bertanya, bisa menghubungi omjay di wa 08159155515

Materi malam ini adalah Menulis tentang Momen Spesial Kala Mengajar

Nara sumber yang akan memberikan adalah bapak Munif Chotib penulis buku best seller Gurunya Manusia dan juga pembicara nasional yang sangat berpengalaman.

https://munifchatib.com/
Assalamulaikum Wr. Wb dan selamat malam teman2. Perkenalkan saya Munif Chatib narsum malam ini

Saya akan share materi saya lewat link youtube, selama 13 menit. Dapat disimak terlebih dahulu

Saya juga akan share pdf contoh artikel bebas momen spesial.

Selamat belajar



https://youtu.be/-tGJsRRQrV0

TErima kasih untuk link dari pak Munif. Saya sudah lihat 13 menit materi itu. Menarik.
Sebagai guru kelas sejak 1999 ada saja moment spesial, sayangnya, pada waktu itu belum ada minat menulis. Minat baca ada, bahkan bagi saya itu kebutuhan.
Tapi, seiring dengan itu saya baru mau menulis beberapa tahun kemudian, dan banyak sudah yang terlewati.
Tapi, saya tidak menulis apa yang terjadi antara saya sebagai dengan siswa di kelas dalam moment-moment special itu. Satu ketika ada seorang siswa justru melakukan sesuatu di luar dugaan saya. Ia menggambar situasi gurunya. Saat itu saya membawa HP, Laptop, dan printer di kelas untuk kepentingan perkenalan dunia IT. Moment itu justru digambar oleh seorang siswa. Gambar itu saya masih simpan sampai sekarang. Sungguh menarik.
Materi malam ini mengingatkan untuk mencatat apa saja yang diketahui dan berkensan dari moment-moment spesial itu. Catatan-catatan itu akan dapat dibukukan. Catatan pengingat yang baik tentulah BLOG. Terima kasih (Roni Bani)

Ada dari pak roni bani kupng ntt pak. Silahakn dijawab

Dahsyat Pak Roni. Sy punya pengalaman hampir sama. Tapi siswa memberikan puisi kepada saya tentang bagaimana gurunya mengajar. Judulnya Guru Mengajar atau Aku Belajar. Puisi itu sampai sekarang sy simpan. dan saya akhirnya tulis jadi artikel bebas ttg puisi itu.

yg paling penting, lankah pertama adalah kita mempunyai frase momen spesial. itu yg penting. biasanya kalimat ini sy tulis secara langsung di HP ketika terjadi momen spesial. Setelah itu, malam hari sy tulis ulang kalimat/frase tersebut di Word.

om jay dari 5 momen yang masuk memori jangka panjang, mana yang paling mudah untuk kita tulis?

Ok pertanyaaan pak Supyanto

Kedua dari pokok pikiran atau bahan tulisan tersebut, saya menulis secara bebas. sementara saya kesampingkan aturan-aturan ejaan. karena itu seperti yg sudah saya share, terkadang bentuknya seperti cerita, terkadang seperti informasi saja. Perasaan bebas menulis inilah yg membantu kita untuk lancar menuangkan pokok pikiran.

Ketiga, barulah kita edit pelan-pelan. makin banyak kita lakukan ini, nanti editingnya makin sedikit.

Tetap cerdas inspiratif dan menarik menambah wawasan berpikir luas
Pertanyaan
Bagaimana cara mengajar sederhana ttpi siswa dapat memahami dan dapat memperhatikan dengan jelas akurat dan cepat?
Pertanyaan pak rahmat danu yogyakarta

Terkadang satu kejadian, kalau kita analisa bisa mewakili beberapa poin dari momen yg bisa masuk long term memory

Utk pak Rahmat: Kalau saya, mengajar itu yg terpenting ada pada awalnya, pendahuluannya. Harus keren. saya biasa sebut apersepsi. Jika apersepsi berhasil, biasanya siswa tertarik utk belajar, sehingga kemungkinan besar paham. Yg kedua adalah bagian penutup. Juga harus keren, berupa kesimpulan ttg hikmah dari materi ajar. Ingat secara neurosains, awal dan akhir itu penting dan itu yg 80% teratat di otak siswa kita. Ketiga baru memilih metode yg student center learning. Metoe ini tempatnya di tengah. Seperti itu.

Apakah boleh kalo suka duka dalam mengajar itu ditulis dalam blog dan terkesan curhat?

Pertanyaan utani andarini gunung kidul Yogyakarta

Utk bu Utami: boleh-boleh saja, tapi harus ditutup dengan kesimpulan yg jelas atau semacam pernyataan kepada pembacanya. Hal ini berupa pesan moral atau info apa yg ingin dibagi oleh penulis.

Waryanto

Pak, selama ini saya dilabel sbg guru killer. Bagaimana mengubahnya menjadi momen spesial positif?
Terima kasih.

Harus dibedakan antara guru keras dan guru tegas. Guru killer adalah sebutan untuk guru keras. Ciri2nya, guru keras berdampak akan dijauhi, dihindari oleh siswa. Namun guru tegas, sebaliknya, akan dirindukan oleh siswanya. Perayalah zaman sekarang, siswa kita butuh guru yg tegas. Kedisiplinan yg diterapkan oleh guru tegas akan menjadi unsur siswa suka kepada gurunya.

Ada 3 cara sederhana mejadi guru tegas, 1. Kita menjadi gurunya, orang yg memberikan ilmu. 2. Kita menjadi orantuanya, kita memberikan nasihat2. 3. Kita menjadi sahabat siswa, dengan membuka diri untuk menerima curhat dari siswanya. Hanya yg perlu diperhatikan adlah WAKTU. Kapan kita harus jadi guru, orangtua, dan sahabat siswa2 kita.


Saya sangat kagum dengan cara bapak menyampaikan materi malam ini. Videonya keren bangets. Saya pernah membaca buku-buku bapak, salah satunya dalah Sekolahnya Manusia. Disana bapak menjelaskan tentang melesatkan potensi peserta didik . Nah adakah kaitan antara tuisan yang kita buat dengan potensi peserta didik ? Mr.Bams SMP Taruna Bakti Bandung

Utk Mr. Bams Bandung: Jika kita peka terhadap momen spesial di kelas, maka hal ini sangat berhubungan dengan potensi kecerdasan setiap siswa. terkadang dari momen spesial ini, siswa yg sebelumnya pasif atau kita anggap tidak cerdas, tiba-tiba karena pantikan sesuatu hal, dia menjadi berubah cerdas. Akhirnya kita bersyukur bahwa sebenarnya tidak ada siswa yg bodoh.



Assalamualaikum, pertama saya ucapkan Alhamdulillah, bisa bercakap langsung dengan bapak. Saya sedikitnya banyak belajar dari 4 empat buku pertama si manusia. Saya pernah meminta kepada wakil kurikulum untuk membina siswa kelas yg guru saja malas untuk mengajar. Saya punya pengalaman kelas itu saya berikan motivasi terus tujuan saya membangun kesadaran diri. Saya tahu siswa itu lemah dalam belajar. Kedua , sekarang saya tdk mengajari teori yg ada dibuku. Saya ajarkan bagaimana siswa aktif diskusi, mencari, bertanya dan berani mengeluarkan pendapat. Bagaimana menurut bapak. Mksh pak…

Suharto MTSN 5 Jakarta

Utk Pak Suharto Jakarta: Saya setuju dg pendapat bapak. Terkadang kita punya asumsi yg salah, yaitu ketika kita mengajar, kita anggap siswa kita belajar. Padahal belum tentu. Namun jika siswa kita aktif, ramai, dg berbagai metode yg berpusat pd siswa, seperti diskusi, dll, percayalah, siswa kita belajar.




Pola mengajar yang hebat.kadang kala Pendidikan yang tinggi tapi pola ngajar tidak dengan hati dan sentuhan pembelajaran untuk Guru2 di Sekolah Saya
Usman alamsyah

Satu hal yang saya temui sekarang bagaimana memotivasi guru yang lain untuk lebih inovatif dan menarik dalam mengajar. kebetulan teman-teman guru kami sering ijin tidak dapat hadir karena kesibukan , padahal mereka sudah dijadwal dan diberikan surat perintah.

Pertanyaan ibu Nani

Terima kasih pak sudah memberi respon. Saya akan tulis cerita itu dari gambar itu di blog. Tadi, begitu lihat materi, ingatan saya langsung jatuh ke gambar yang pernah dibuat anak itu. Saya buka map folde tempat gambar itu saya simpan. Saya foto, dan akan saya tulis ceritanya.
Waktu saya buka link yang pak Wijaya bagikan, wao… inspiring… Terima kasih untuk materi ini dan telah sudi berbagi. Salam Literasi.

Selamat malam bapak Munif saya ibu Eva guru SMA di SMAN 1 kota kupang,NTT

Sangat menikmati alunanan instrumental yg pas dengan intonasi suara dalam vidio materi yang bapak sampaikan,sesekali saya menutup mata menghayati kalimat kalimat bapak yg sangat menginspirasi.Tentang momen momen spesial rasanya saya sering mengalami itu ketika mengajar, sebagian anak yg dekat dengan saya biasa mereka curhat kepada saya padahal saya bukan wali kelas ataupun guru BK.Bahkan hingga sekarang mereka sdh lulus dan kuliah d luar mereka tetap intens menghubungi via inbox Fb atau wa. Banyak hal berharga yg mereka ajarkan kepada saya namun yg saya lihat rata rata anak anak itu adalah anak anak yg tidak mendapatkan perhatian dari orang tua.Pertanyaan saya bapak, ketika kita menulis momen spesial itu apakah nama nama tokoh harus kita tuliskan didalam cerita?
Trima kasih, Eva Kupang NT

assalamualaikum
saya sering sulit menghadapi siswa yang oper akting, ada solusi? Ibu Wafa

Utk bu Wafa: Ya, siswa kita memang beragam. anak yg over acting, biasanya ingin diperhatikan. Menurut saya kita harus perhatikan anak tsb sesuai porsinya. Terkadang dengan membagi perhatian kita kepada teman2nya yg lain, akan membuat siswa yg bersangkutan sadar ttg makna porsi perhatian tersebut.

–‘

Om Jay maaf kalau ada anak yang super bandel kalau kita ajar tidak nurut hanya mengganggu temannya. Tetapi ikut belajar cuma ganggu dan usil saja. Kalau diingatkan marah dan bilang mesti bu Pri begitu aku terus yang dimarahi. Padahal memang dia bandel. Ke semua guru. Mengerjakan tetapi usil. Tapi kalau diluar kelas pasti mencari saya , menegur dll. Bagaimana caranya ? Pernah diberi materi karena lampu mati dikelas kita pindah ke teras Mushalla malah tiduran. Dan saya memang tidak pernah / tidak bisa menegur dengan kasar. Kalau melihat anak rasanya selalu iba. Kalau dimarahi atau ditegur agak keras dia menunduk saya ikut sedih. Mohon sarannya. Ibu Prihariyani Semarang

_____

Saya baru sadar ternyata banyak momen spesial dengan murid-murid saya yang terlewat begitu saja. Murid nakal tentu saja ada karena memang demikianlah sifat di usia mereka. Tapi saat nakalnya berubah menjadi suatu bakat yang bisa membanggakan saya dan orang tuanya itu adalah suatu hal yang luar biasa. Murid yang pendiam dan pemalu pasti ada. Namun ketika diamnya berganti menjadi tarian dan lagu adalah hal yang hebat. Dan banyak momen lain yang hampir saya lupa yang akhirnya teringat kembali malam ini.
Terima kasih pak Munif Chatib atas kuliah singkatnya malam ini🙏

______
Lebih mudah mana pendokumentasian moment psesial itu. lewat rekaman atau tulisan. bisakah momen spesial itu kita ciptakan? Suheri tangerang

Utk Suheri Tangerang: sangat tergantung pada kitanya. Mana yg lebih mudah. sy biasanya pakai rekaman. Pas ada waktu senggang pada saat pembelajaran


_____
Bagaimana cara memunculkan perasaan peka terhadap momen spesial, orang seperti saya merasa datar2 saja dalam mengajar, mungkin bagi sebagian guru menemukan banyak momen spesial. Fenti Indraiastuti

Utk Fenti: Memang perlu latihan. Coba setelah mengajar bertanyalah kepada diri kita sediri. 1. Apakah ada siswa yg tidak mempehatikan penjelasan kita. Coba lanjutkan dg pertanyaan kenapa? 2. Apakah ada siswa yang membantah kita? kenapa? Jadi cara menumbukan spesial momen dengan memperhatikan negatif karakter yg terjadi di kelas. Percayalah kita lebih mudah mengamati karakter negatif daripada karakter positi siswa2 kita.

_____
Assalamualaikum, saya punya pengalaman dengan anak didik yang begitu dekat, ketika saya berulang tahun dia hadiahkan sebuah foto yang sedang bersamanya, lalu dia letakan bingkai itu di meja kerja saya. Namun hal itu membuat siswa lain cemburu. Bagaimana cara saya menyikapi hal ini? Saya Eni. R dari Banten

Utk Eni Banten: Wow momen spesial, harus berterima kasih dan harus ditulis menjadi artikel, minta siswa tersebut membaca artikel ibu. Pasti keren


____

Izin tanya Pak Munif, apakah kita boleh menulis nama asli siswa dan memuat foto mereka dalam tulisan kita tentang momen spesial saat mengajar ? (Terutama siswa yang dicap sebagai “Trouble maker”). tere ntt

Utk Tere NTT: sudah saya jawab di atas. Utk yg negatif nama inisial saja


_____

Assalamua’laikum wr. wb.

Perkenalkan Saya, Hikmat Barkah Guru di Salah satu kec. Kemayoran, Jakarta Pusat.

Saya pernah mengikuti seminar bapa yang diadakn oleh Rahasia Guru d Pusat study Bahasa Jepang, UI. D situ saya mulai jatuh cinta dengan buku bapa..

Ada hal yang ingin saya tanyakan mengenai 5 pintu untuk menciptakan moment spesial d antranya menghadirkan emotional ketika kita mengajar, lalu

1. Bagaimanakah cara kita untuk memasukkan pintu emotional trsebut ke dalam Pembelajaran kita?

2. Apakah hypno teaching ( Pemberian sugesti positif kepada siswa) bisa menjadi salah satu caranya dan?

3. bagaimanakah cara mengoptimalkan emotional tersebut agar kita bsa menemukan moment spesial dalam proses belajar sebagai bhan menulis untuk kita?

Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih, assalamua’laikum. wr. wb

Utk Pak Hikmat Jakarta: 1. Emosional itu adalah perasaan yg bermacam-macam, dari suka maupun duka. Rahasianya pada saat kita mulai dari apersepsi dan penutup. Metode apapun akan menjadi hidup dan emotional, ketika awal dan akhirnya keren. Apalagi kita bisa menghubungkan materi ajar dengan kejadian yg dialami siswa2 kita secara personal. Saya pernah mengajar di SD kelas 2 di Sidoarjo jawa timur, ketika terjadi bencana lumpur lapindo. Saya menggunakan aperspsi ttg bencana tersebut dan beberapa siswa menangis sebab rumah keluarga mereka ada yg terkena bencana tersebut

2. Utk hypno teaching saya rasa bisa juga kita gunakan. Meskipun jujur saya kurang ahli dalam masalah ini..

3. CAra optimalkan emotinal dengan refleksi diakhir pertemuan dengan menanyakan harapan setelah mendapat materi ini. Harapan ini bisa apa saja, misalnya dg bertanya kepada orgtuanya ketika pulang sekolah, atau tantangan membuat proyel2 belajar yg berkaitan dg materi.
____
Utk Mausul: Dari sebuah kalimat momen spesial, bisa dapat dikembangkan menjadi beberap aparagraf. Banyak cara. Kalau saya saya mulai denganidentifikasi masalahnya apa. 2. Cari tahu penyebabnya apa. 3. Cari tahu ttg dampak jika masalah tidak selesai. 4. HIkmah kejadian itu apa. Nah silahkan mencoba.

_____

Selamat malam bapak Munif saya ibu Eva guru SMA di SMAN 1 kota kupang,NTT

Sangat menikmati alunanan instrumental yg pas dengan intonasi suara dalam vidio materi yang bapak sampaikan,sesekali saya menutup mata menghayati kalimat kalimat bapak yg sangat menginspirasi.Tentang momen momen spesial rasanya saya sering mengalami itu ketika mengajar, sebagian anak yg dekat dengan saya biasa mereka curhat kepada saya padahal saya bukan wali kelas ataupun guru BK.Bahkan hingga sekarang mereka sdh lulus dan kuliah d luar mereka tetap intens menghubungi via inbox Fb atau wa. Banyak hal berharga yg mereka ajarkan kepada saya namun yg saya lihat rata rata anak anak itu adalah anak anak yg tidak mendapatkan perhatian dari orang tua.Pertanyaan saya bapak, ketika kita menulis momen spesial itu apakah nama nama tokoh harus kita tuliskan didalam cerita?
Trima kasih, Eva Kupang NT

Utk bu Eva Kupang: Kalau tulisan terrsebut dapat mejadi inspirasibagi pembacanya, biasanya saya langsung tulis nama siswa, sekolah dan kelasnya. Namun jika terdapat hal-hal yang privasi, saya sumirkan.

____

Dalam bertugas,saya sering mendapatkan momen spesial untuk memori jangka panjang, waktu mendapatkannya dalam pikiran banyak yang akan ditulis tetapi tidak sempat menulisnya. Pada waktu malam akan menuliskannya hilanglah kata-kata yang siang akan ditulis itu. Bagaimana solusinya?
Supyanto

3. CAra optimalkan emotinal dengan refleksi diakhir pertemuan dengan menanyakan harapan setelah mendapat materi ini. Harapan ini bisa apa saja, misalnya dg bertanya kepada orgtuanya ketika pulang sekolah, atau tantangan membuat proyel2 belajar yg berkaitan dg materi.

____

Metode yang sangat bagus.
Saya pernah mengalami hal yang sama. Jurusan Agama kurang respon dengan sains(Matematika).hampir semua guru mengeluh karna merasa di sepelehkan mata pelajarannya.Dari kondisi itu maka saya sendiri minta jam di kelas tersebut. Saya penasaran dg cerita dari teman 2. Dan pada awal saya masuk mereka acuh tak acuh dg mata pelajaran Matematika. Ternyata mereka ingin diakui keberadaannya. Mereka butuh perhatian. Dengan pendekatan anak juga saya coba anak 2 menyampaikan unek2 nya. Kemudian di bahas bersama. Mereka sangat antusias sekali karna saya mengembalikan permasalan dari mengapa menjadi bagaimana.
Alhasil sampai saat ini mereka setiap tahun datang kerumah meski sdh lama lulus. Menurut mereka saya sudah membuka wawasan terhadap manfaat Matematika Dalam kelangsungan hidup.

_____

Bertanya: pada saat mengajar dari pendahuluan sampai penutup, di saat dilakukan pembelajaran jarak jauh, bgmn cara mencari ato merekam momen spesial pd siswa, krn kita tdk secara langs bertatap muka, mhn penjelasan, terima kasih. Apa benar yg namanya monen spesial itu misalnya Bapak memberi materi ini melalui video yg sy lht terlebih dahulu adalah Bapak seorang yg santai rileks dan berwibawa melihat dr foto,apakah itu yg namanya momen spesial?. Mudafiatun Lumajang

Triknya adalah kumpulkan saja dalam bentuk kalimat pendek ttg banyaknya kejadian. hanya dikumpulkan saja. lalu utk menulisnya harus satu persatu. Jangan kepikiran semua untuk ditulis. Mulailah dari yg kita mudah utk menulisnya. Insyallah nanti lanar ..

_____

Sy sdh lht video dr pemateri td bpk munif..
Klo sy bs mengetahui mn momen special saat kt mengajar klo kt pny insting dlm mencermati setiap apa yg kt lakukan / tjd di kelas…cm bgmn memunculkan seni mengajar yg baik pd diri kita sbg guru agar guru tdk bosan d kelas…mungkin itu yg perlu sy tnykn…trimkasih. Nowo beny

Utk pak Nowo Beny: Seni mengajar itu bukan bakat, tapi bisa dipelajari. Seperti yg saya jawab di atas. Seni mengajar agar siswa tertarik dimulai dari apersepsi yg menarik.

_____

Bertanya: pada saat mengajar dari pendahuluan sampai penutup, di saat dilakukan pembelajaran jarak jauh, bgmn cara mencari ato merekam momen spesial pd siswa, krn kita tdk secara langs bertatap muka, mhn penjelasan, terima kasih. Apa benar yg namanya monen spesial itu misalnya Bapak memberi materi ini melalui video yg sy lht terlebih dahulu adalah Bapak seorang yg santai rileks dan berwibawa melihat dr foto,apakah itu yg namanya momen spesial?. Mudafiatun Lumajang

utk Mudafiatun Lumajang: Susah mendapatkan spesial momen dg pembelajran online. Yg bisa dilakukan adalah membaca feedback yg diberikan dari guru kepada siswanya. Sayang sekali, banyak guru dalam belajar online dg siswanya malah banyak memberi tugas, bukan meminta feedback dari siswanya. Saya orangnya santai ibu. Kalau tidak percaya tanya Om Jay 😁😁😁

_____

Hal yg spt ini sering saya lakukan, namun masih banyak yg menganggap itu tdk penting.
Kejadian di saat ini, dimana pembelajaran daring harus dilakukan
Akhirnya mereka meminta diajari dlm waktu bersamaan
Seneng juga ketika melihat semangat beliau2 dlm mempelajari hal2 yg baru, terutama mereka jadi melek IT walaupun tertatih2.

Namun tetap ada saj guru yg tdk mau tahu inovasi pembelajaran dan tetap pada pendiriannya bahwa siswa tdk butuh hal baru dlm pembelajaran
Baginya, caranya sdh paling tepat.
Bagaimana menghadapi guru spt. itu Pak?
Sedangkan kepala sekolah pun tdk mampu menegur guru tsb.
Terima kasih ilmunya 🙏🏻
Ummi Aymeera Jatim

Utk Ummi Jatim: Tidak usah terlalu dipikirkan sikap guru yg tidak mau berubah. Teruslah kita tetap kreatif. Saya sering mengalami hal tsb. Saya jalan aja terus. Nanti hasilnya adalah informasi dari pihak ketiga, yaitu siswa kita. JIka ada siswa yg suka dg cara ngajar kita. Mereka tertarik dan merindukan kita, itu saja cukup buat kita utk modal bahwa kita sudah on the right track. Jangan putus asa bu Ummi.

_____

Assalamualaikum
Materi nya sangat memotivasi dan inspiratif.
Semoga yang mendapat kan materi bapak dapat mengamalkan nya nanti saat kembali mengajar.
Saya ada pengalaman spesial bersama siswa di luar kelas dan berkaitan dengan sekolah , moment itu mempengaruhi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Kira2 bagaimana cara menulis kannya pak? Apa sama seperti moment spesial saat mengajar di kelas?
Terimakasih😁 Ahmad Virza Aceh

utk Ahmad Virza Aceh: sama saja pak Ahmad. momen spesial bisa terjadi di dalam atau di luar kelas. Selamat menulis pak …


____

Seandainya kita mendapatkan momen spesial yang negatif, lalu ditulis dan dikembangkan apakah tidak melukai perasaan siswa. Rusmin Kalsel.

Utk Rusmi Kalsel: Momen negatif biasanya lebih banyak memunculkan pembelajaran buat kita. Masih ingat ada kata-kata orang bijak: JANGAN TAKUT SALAH, SEBAB ITULAH JALAN UNTUK MENDAPATKAN KEBENARAN. Bahkan momen negatif lebih memeri muatan emosional yg lebih kuat. Hanya saja kejadian dan nama gunakan inisial saja.

___

Dalam bertugas,saya sering mendapatkan momen spesial untuk memori jangka panjang, waktu mendapatkannya dalam pikiran banyak yang akan ditulis tetapi tidak sempat menulisnya. Pada waktu malam akan menuliskannya hilanglah kata-kata yang siang akan ditulis itu. Bagaimana solusinya?

Utk Supyanto: Lupa apa yg ditulis pada malam hari, sebenarnya adalah kita saja yg perlu latihan menulis. Ayo kita jadikan kebiasaan sehat. Insyallah nanti Allah memberi kemudahan kita menulisnya. Ingat dalam kerajinan kita menulis ada unsur kebiasaan.

____

. Bagaimana menyusun kata kata yang indah tuntut enak dan mudah dipahami oleh pembaca. Karena terkadang susunan kalimat atau tata bahasa kurang pas. 2.pada kelas spesial terkadang ada yg menyenangkan dan kadang ada yang menyedihkan. Karena ada siswa yang memiliki kelainan ( ABK). Dan pada kelas spesial terkadang menambah beban pikiran guru. Pinginnya guru hasil tentunya menginginkan babus srmua. Tapi hal tersebut tdk bisa tercapai. Bagaimana mengatasinya

Utk Rufiatun: 1. Tulis aja dulu. Harus yakin tulisan kita sendiri enak dibaca. Nanti pada saat edit, barulah kita mulai belajar untuk menulis lebih dulu. Proses edit bisa juga kita minta tolong untuk dibaca oleh teman, dan meminta pendapatnya. 2. Utk kelas inklusi, yg ada ABKnya harus ada individual education program, yaitu reduksi silabus darikurikulum reguler. Tidak boleh disamakan dg siswa reguler.

____

Sy sdh buka link nya om. Sy punya banyak moment spesial dr 13 tahun saya mengajar d Sma tapi sy blm sempat menuliskannya krn alasan kesibukan hehe…padahal sy sangat ingin menuliskan smua moment itu dan sy pun sdh berencana menuliskannya selama 4tahun terakhir ini hanya saja itu smua blm kesampean. Ketika saya mau memulai menuliskan semua moment spesial yg pernah saya alami sy merasa apa yg sy tulis terasa kering&hambar pdhl dlm benak sy smua moment itu masih sangat terasa…kira2 kenapa bisa bgtu ya? Dan bgmn mengatasinya? Agar target sy utk bisa merealisasikan cita2 sy menulis buku dr pengalaman mengajar selama ini

utk Indiyana: Tulis dulu saja, kualitas tulisan itu belakangan. Kalau saya jika kita sudah mulai beani menulis, itu adalah 80% keberhasilan. Sedangkan 20% nya adalah belajar memperbaiki tulisan kita.

___

Salam kenal pak munif. Materinya sangat bagus sekali.Pernah mengalami ada di kelas yg cap nakal. 3 moment spesial tadi sudah saya terapkan di kelas dan alhamdulillah ada perubahan siswa. Sebetulnya tidak ada siswa yg nakal hanya mungkin kita yg harus lebih dekat dengan siswa. Hal yg saya lakukan di kelas, belajar diawali senyum dan semangat 45. Jika saat memberi latihan, jawaban siswa salah, maka saya suka memakai istilah CBL(COBA LAGI), klo jawaban kedua salah CBT(COBA TERUS), klo jawaban ke 3 masih salah CBTSB(COBA TERUS SAMPAI BISA). Hindari mengajar dengan muka masam. Alhamdulillah, siswa yg belajar dengan saya baik semuanya.

Aam Lebak Banten: Kereeennn👍👍👍. Itulah yg harus kita lakukan sbg guru…pertahankan dan sukses selalu.

____

Saya senang mendengar tanggapan untuk Supyanto, sebab saya menulis sering terjadi hal seperti itu … dengan adanya tanggapan pak Munif Chatif membuat saya semangat untuk menulis … terima kasih pak … dari Rasita Mukomuko Bengkulu

Utk Rasita Bengkulu: Ayo semangat menulis …

Keluarganya broken home. Sdh sy motivasi bgmn trik yg ampuh. Terima kasih. Mukminin Lamongan

Utk Mukminin Lamongan: Jika kita tahu keluarga broken home, rata2 memang suka meremehkan. Penyebabnya adalah dia merasa bahwa cobaan hidup yg dialami lebih berat dari teman2 atau bahkan gurunya. Caranya adalah peran kita menjadi ORANGTUANYA. Alatnya adalah nasihat2 yang mendalam setiap ada kasus yg disebabkan oleh sifat meremehkan tadi. Jangan berperan jadi guru, atau sahabat, tapi berperanlah menjadi orangtua. Dia sebenarnya ingin diperhatikan oleh orangt yg dianggapsebagai orangtuanya. Mulailah dengan menarik hikmah dari falsafah beladiri yg dia kuasai.

_____

Assalamuallaykum om jay dan om munif chotib,

Saya iqbal izin bertanya. Sudah lihat video dan baca penggalan artikel dari om munif yang sangat menginspirasi.
Saya terhitung baru menjadi guru sejak 2019 dan sedang belajar mencatat moment spesial saya selama menjadi guru.
Jika dilihat dari artikel ada istilah main map, dan di video, ada main map “5 momen masuk memori jangka panjang”.

sering kali saya sulit menyampaikan materi yang abstrak kepada siswa, adakah tips untuk membuat main map agar materi mudah disampaikan dan terjadi momen spesial seperti pada artikel “80 menit disekolah neraka” ?

utk Igbal: Membuat paham materi yg abstrak, salah satunya dengan mencatat scr mind map. Perlu waktu khusus utk membahas ini. Namun tidak hanya mind map sja. Banyak metode yg membuat siswa mudah paham. Seperti metode analogi atau perumpaan. Saya sering menggunakan metode ini di kelas. Siswa mudah paham.

____

Assalamualaikum omjay
Saya dina dari sumatera barat.
Saya sdh membaca artikel itu, langsung teringat dgn seorang siswa saya yg kebetulan saya walasnya. Dia seorg anak piatu dan dia tinggal dengan nenek dan kakaknya. Dia sering sekali bermasalah dengan guru dari 15 orang guru yang mengajar dikelas saya, hanya 1 org guru yg tdk bermasalah dengan dia, yaitu guru olahraga, saya sebagai wali kelas sdh melakukan berbagai cara sampai memanggil kakaknya. Langkah terakhir yg saya lakukan adalah saya suruh dia membuat pernyataan bersedia tinggal kelas, itu saya lakukan krn saya sdh hilang akal menghadapinya.
Yang ingin saya tanyakan ke pak munif adalah apakah cara yang saya lakukan itu salah ?
Mohon solusinya pak ?

Utk Dina Sumbar: Sabar … sabar … sabar, itulah kata ajaib bagi profesi guru. Menurut saya solusi tinggal kelas kurang tepat. Masalahnya sebenarnya pada problem psikologis anak itu. Carilah tahu penyebabnya. Bisa dimulai dari rumahnya, atau guru olahraganya. Sebab dia nyaman ketika belajar olah raga. Berlama-lamalah mencari tahu penyebabnya. Sebab solusinya nanti akan pas buat si anak. Ayo cari tahu root problemnya apa dulu. Penyebabnya apa …

______

Jika kita mengeluarkan stigma kelas neraka bukannya stigma itu justru terbawa ke alam bawah sadar kita 🙏🏻

Utk Ridwan: Ketika saya belajar membuat judul, ternyata kata almarhum mas hernowo, guru saya dalam menulis. Beliau mengatakan judul yg bagus itu itu adalah ketika sekalli dibaca, akan banyak menimbulkan pertanyaan. Anti mainstream. Sebab itulah yg disukai oleh otak kita. Mungkin benar akan terbawa ke alam sadar. Menjadi kenangan tak terlupakan. Namun tulisan yg baik adalah ketika isi tulisan itu dibaca, malah pembaca dapat hikmah positif dari tulisan tsb. Hal itu akan masuk alam bawah sadar juga.

______

Saya bilal dari curup, Bengkulu. Terimakasih pak munif berkaca-kaca membaca tulisan bapak, membawa saya mengenang akan banyak sekali momen special yang pernah terjadi dalam aktivitas bersama siswa. Seandainya momen-momen itu saya tulis pasti sudah banyak sekali perbaikan dari saya pribadi untuk menjadi guru yang lebih baik. Pertanyaan saya pak, apakah boleh kita menuliskan nama siswa dalam tulisan yang kita buat? Trus seandainya momen spesialnya tidak ada yang baru (hanya itu-itu saja) bagaimana cara menciptakannya? Terimakasih pak

Bilal Bengkulu: sebagian sudah saya jawab. JIka momen spesial terjadi pada siswa itu itu saja, gak papa, tulis saja terus. sebab yg penting adalah tulisannya bukan terjadi pada siapanya.

______

Pak apakah momen spesial yang sudah terlewat namun masih teringat masih layak untuk kita tulis ?

Asrul Kaltim: masih bisa. tak ada batasan waktu

______

Masalahnya saya sebagai guru blm bisa menentukan mana momen spesialnya. Saya mengajar disebuah sekolah yg motivasi belajar ssw-ny (maaf) boleh dkatakan rendah. Sekolah saya merupakan sekolah yg letakny di pedusunan yg pola pikirnya susah utk d ubah. Ketika mengikuti pelajaran ssw seperti enggan. Ini bisa dilihat dr sikap n tindak tanduk ssw-ny. Sampai sekarang saya blm bisa menemukan solusi utk meningkatkan motivasi mrk. Mungkin jg salah satunya tuntutan kurikulum yg begitu padat dan monoton. Kira2 solusinya bagaimana utk menyikapi hal tsb?

Feri seno: masalah motivasi siswa dapat diselesaikan dengan apersepsi. semoga om jay bisa memfasilitasi kita berdiskusi ttg makhluk bernama APERSPSI ini

______

Trmksh Pak munif atas materi nya
Apakah sebuah tulisan disebut menarik itu sama dengan tulisan yg dilebih²kan?
Riska Ashar Luthfia , Gunungkidul

Riska gunungkidul: Berbeda sekali. Tulisan yg dilebih2kan membuat ditinggalkan pembacanya.

____

Kita anggap sesuatu itu memang momen spesial, tapi sebenarnya itu memang tujuan pembelajaran yaitu perubahan dari tidak tau menjadi tau, dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak terampil menjadi terampil, begitu seterusnya.
Lalu yang spesialnya seperti apa?
Rusmin Kalsel (G8-017)

Rusmi Kalsel: yg spesial adalah unsur pemantiknya. Pasti ada pemantiknya dari perubahan itu. Itulah yg spesial

_____

Assalamualaikum om Jay, saya sangat terkesan dengan materi malam ini. Saya sering punya niat untuk menulis setiap kejadian yang saya alami di dalam kelas, tapi hanya sebatas niat hehe. Semoga setelah mengikuti pembelajaran ini saya bisa lebih terdorong untuk menulis. Ada pertanyaan yanag membuat saya penasaran, Bagaimana mengatasi siswa yang terlalu pendiam atau terlalu aktif (caper). Apakah akan mempengaruhi kejiwaan anak tatkala kita memperlakukan mereka semua sama.

Nurhasanah: Siswa pendiam perlu diberi peran, coba berilah peran meskipun hal2 yg kecil. Peran adalah perhatian.

______

Assalamualaikum pak munif saya NORALIA dari Semarang,,saya sangat setuju dengan bapak bahwa tidak ada anak nakal ,,yang ada hanya anak yang butuh perhatian. Karena pengalaman saya mengatasi anak broken home, saya tidak dapat berlaku sebagai guru,,tetapi saya ambil hatinya dulu sbg teman, baru dia mau mendengarkan pelajaran saya.
Yang saya tanyakan,,untuk menulis momen spesial, apakah harus disematkan dialog2 yang dialami penulis juga. Tidak bolehkah hanya sekedar narasi biasa?

Noralia Semarang: Boleh sekali. Bebas kok

______

Dari Sarastiana,Saya guru SMK, Anak SMK tdk hanya mencari jati diri tetapi juga idola.. bagaimana agar kita sebagai guru bisa menginspirasi mereka..Pak?
http://www.sarastiana.com

Sarastiana: Kalau inspirasi dalam membangun relasi dg siswa, ingat jawaban say di atas mainkan 3 peran, menjadi guru, orangtua dan sahabat. Kalau dalam proses belajar ingat jawaban sy di atas awal dan penutupan yg keren.

______

4 Komentar


  1. Alhamdulillah terima kasih BP Munif Chotib atas ilmu yg disampaikan sgt bermanfaat dan luar biasa untuk mendorong sy dan tmn2 peserta sbg guru yg ingin bisa menulis dan mjd guru yg baik. Smg hd amal Sholeh BP.

    Balas


  2. Mantaps pak bams ketua kelas gelombang 8. Kuliah online bersama pak munif sangat ngena ke hati. Semakin semangat belajar menulis di grup ini. Sangat menginspirasi ke semua orang dan ini jadi MOMEN SPESIAL untuk aku. Makin berkah buat Pak Munif atas ilmunya. Aminn

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *