Apa Yang Membuat Bahagia?

Perjalanan setiap manusia berbeda-beda. Setiap manusia memiliki cita-cita dan harapan yang tidak sama. Tapi, pasti semuanya ingin bahagia.

Dibaca dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kata bahagia adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan). Mudahkan?

Berarti apa yang membuat senang itu akan jadi bahagia? Kesenangan yang dibuat manusia tidaklah semuanya mendatangkan kebahagiaan. Kesenangan yang dilakukan tetap harus sesuai dengan etika aturan pemerintah dan agama. Kesenangan diciptakan sesuai dengan ketentuan agama itu lebih utama.

Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.” (QS Al Ankabut : 64)

Dalam hal ini Allah menjelaskan bahwa kehidupan dunia hanya senda gurau dan main-main. Hal ini memiliki makna bahwa kehidupan di dunia hanya sebentar sekali seperti kita bercanda dan bermain bersama teman atau keluarga. Tidak terasa, waktu sudah habis dan berlalu begitu cepat. Seperti itulah kehidupan dan kebahagiaan di dunia

Selamat hari Sabtu, semoga selamat di dunia dan akherat. Teruslah dekat dengan orang seisi rumah, tetangga, suadara dan kantor. Saling mendoakan akan menjadi kekuatan yang luar biasa.

3 thoughts on “Apa Yang Membuat Bahagia?

  • 13/03/2021 pada 6:26 am
    Permalink

    Sungguh menyentuh semangat dan menjadi inspirasi om Bam…
    Sehat dan semangat selalu.
    Salam dari jogja.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *