Berbagi Pengalaman Gerakan Literasi Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Bandung telah menunjuk SMP Taruna Bakti sebagai Sekolah Titik Pusat (Sektipus) Literasi. Atas bimbingan Pengawas Sekolah dari Dinas Pendidikan, Elia Suganda memberikan kepercayaan kepada Tim Literasi SMP Taruna Bakti untuk berbagi pengalaman.

Berdasarkan laporan yang diperoleh oleh Pengawas Sekolah, SMP Taruna Bakti selalu memberikan laporan harian aktivitas literasi. Inilah yang salah satunya mendorong agar bisa dilaksanakan webinar literasi.

Seperti dijelaskan oleh Insan Waluyo, Kepala SMP Taruna Bakti bahwa kegiatan webinar kali ini, lebih dititik beratkan kepada berbagi pengalaman. SMP Taruna Bakti berbagi pengalaman kegiatan yang telah dilaksanakan. Dalam pemaparannya, materi yang disampaikan berupa kegiatan literasi yang sudah memanfaatkan digital. Webiste literasi SMP Taruna Bakti menjadi etalase dari hasil kegiatam literasi.

Bambang Purwanto, sebagai Ketua Tim Literasi melaksanakan kegiatan literasi secara konsisten setiap hari. Kegiatan literasi yang dilaksanakan oleh seluruh murid SMP Taruna Bakti. Bukti sebagai pelaksanaan kegiatan literasi terdokumentasikan dengan google form yang mereka isi. Data setiap hari diolah untuk penghitungan point literasi perorangan dan kelas. Hasil setiap kegiatan literasi bisa dilihat dalam bentuk laporan yang setiap hari diposting di website https://literasi.smp.tarunabakti.sch.id/.

Dalam website tersebut setiap harinya bisa dilihat laporan pelaksanaan kegiatan literasi. Siapa saja yang mengikuti kegiatan literasi, nama muridnya akan tertera di website tersebut. Dengan demikian wali kelas bisa melihat siswa mana saja yang mengikuti kegiatan literasi dan mana yang tidak mengikuti kegiatan literasi. Orang tua pun bisa ikut mengawasi, apakah anaknya mengikuti atau tidak kegiatan literasinya.

Kegiatan ini diikuti oleh sekolah sebagai berikut.

NoNama Sekolah
1Bandung Independent School
2SMP BPK PENABUR Banda
3SMP Kartika XIX-2 Bandung
4Smp Kemah Indonesia 4 Bandung
5SMP Nasional
6SMP Negeri 29 Bandung
7SMP PGII 1 Bandung
8SMP PGII 2 Bandung
9SMP Santa Maria Bandung
10SMP Santa Ursula
11SMP Taruna Bakti
12SMPK Baptis
13SMPN 2 Bandung
14SMPN 15 Bandung
15SMPN 16 Bandung
16SMPN 19 Bandung
17SMPN 40 Bandung
18SMPN 44 Bandung
19SMPN 52 Bandung

Usai pemaparan materi yang disampaikan oleh Kepala dan Ketua Tim Literasi SMP Taruna Bakti dilanjutkan tanya jawab. Tiga penanya lebih menyoroti bagaimana kegiatan literasi di SMP Taruna Bakti bisa dilaksanakan secara terus menerus. Konsistensi dari semua elemen menjadi kata kunci bahwa kerjasama murid, guru, wali kelas, manajamen dan orang tua sangat membantu agar pelaksanaan kegiatan literasi bisa terlaksana dengan baik.

Bambang Purwanto (Mr. Bams)
SMP Taruna Bakti
NPA PGRI : 10012000091

3 komentar pada “Berbagi Pengalaman Gerakan Literasi Sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *