Bergabung di Kelas Menulis Cerita Anak

Hobi mendongeng sudah saya lakukan sejak tahun 2003. Dekat dengan anak-anak adalah hal yang sangat membahagiakan. Anak-anak itu energi yang luar biasa. Setiap mendongeng di depan anak-anak membuat hati dan pikiran bisa bertambah bahagia.

Masa pandemi kali ini, menjadikan kegiatan menulis itu sangat banyak. Salah satunya adalah bergabung dengan komunitas menulis. Walau bergabung hanya di grup whatsapp, akan tetapi ternyata mendapatkan keseruan yang luar biasa.

Komunitas menulis ini adalah Leguty Media dari kota Tangerang. Pola yang mereka lakukan adalah dengan mengajak para penulis masuk ke dalam sebuah grup. Awal pertemuan di grup tersebut akan dijelaskan materi yang menjadi target penulis. Beberapa hal yang dilakukan adalah :

  1. Menunggu sampai anggota grup memenuhi kuota
  2. Memberikan pemaparan awal tentang materi kepenulisan, syarat penulisan bahkan diberikan contoh tulisan. Tulisan hanya sebanyak 200 kata saja.
  3. Memberikan waktu menulis sekitar 1 minggu
  4. Setelah tulisan masuk, akan dilakukan pre order selama kurang lebih 8 hari
  5. Para penulis bisa menawarkan buku tersebut
  6. Penulis transfer sesuai jumlah buku yang dipesan beserta ongkos kirim
  7. Peserta menunggu terbit buku sekitar 3-4 minggu
  8. Pengiriman buku

Nah, saya sekarang sedang mengikuti buku ke tiga, dengan tema Dunia Fantasi. Buku pertama yang saya ikuti adalah Amazing Fables. Buku ini bercerita tentang fabel anak Indonesia. Buku ini setebal 242 halaman. Buku yang kedua adalah buku bertemakan Ramadan. Buku ini sedang proses cetak. Buku ketiga bertemakan tentang Dunia Fantasi di lautan. Buku yang mengisahkan fabel di lautan. Buku ini sedang proses penulisan.

Pengalaman menulis bersama Tim Leguty menjadi sangat berkesan bagi saya. Buku-buku yang bertemakan anak ini saya gunakan nama pena Ayah Salwa. Ayah Salwa yang senang mendongeng tentunya senang menerbitkan buku tentang anak-anak.

Cita-cita menerbitkan buku tentang anak akhirnya terbantukan. Walau bukunya antologi akan tetapi ini menjadi langkah awal untuk terus berkarya. Mari terus berkarya dengan apa yang kita senangi.

Bambang Purwanto (Mr. Bams)
SMP Taruna Bakti
NPA PGRI : 10012000091

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *