Dirgahayu Forum TBM

Gairah Forum TBM

Pandemi yang kita alami saat ini telah masuk tahun kedua, bahkan satu generasi mengalami full belajar di rumah. Taman bacaan sebuah lembaga non formal masih tetap hadir untuk menampilkan keberadaannya.

Forum TBM hadir sebagai nahkoda dari sebuah perahu raksasa yang tetap dan terus berlayar. Perjalanan panjang menuju 16 tahun bukanlah yang mudah. Setiap pengurus pasti punya latar belakang mengelola atau bergelut dengan dunia taman baca.

Saya masih ingat bagaimana saya kenal taman baca. Saya pernah bertemu Kang Agus Munawar di Arjasari saat saya sedang keliling bersama istri sekitar tahun 2009. Bahkan tawaran Kang Agus yang sampai saat ini saya tetap rahasiakan menjadi cikal bakal taman baca ada dihati saya.

Perkenalan dengan Kang Aguslah yang akhirnya 2011 saya memberanikan diri mendirikan TBM Ayah Salwa.

Tak kurang dari satu tahun nama TBM Ayah Salwa diganti dengan TBM AS Lebakwangi. Lebakwangi adalah nama desa tempat kami tinggal. Bahagia rasanya bisa menempelkan nama desa tempat tinggal di sebuah lembaga non formal.

Perkenalan selanjutnya menjerumuskan saya kenal dengan pegiat literasi kelas nasional, seperti Gol A Gong, Mas Wien, Kang Firman, Mas Agus, Om Thamrin, Bude Kis, dan lainya. Mohon maaf tidak disebut semuanya 🙏.

Kabupaten Bandung pun gerakan literasi menggeliat dengan wadah Forum TBM berkat jasa Kang Agus dan Kang Abdul Holik. Dua-duanya pendekar literasi di Kabupaten Bandung. Kang Agus dengan Sudut Baca Soreang menggelar Musda 1 FTBM Kab Bandung, alhamdulillah Ayah Salwa pernah dapat amanah ini. Terima kasih Bunda Heni, Bu Santi dari PW FTBM Jawa Barat yang kala itu melantik saya di Gedung SKB Kab. Bandung.

Kini FTBM Kab Bandung sedang dinahkodai Mang Yayat yang luar biasa. Presiden FTBM Kang Nero saya kenal dan tahu bagaimana perjalanan terjal sampai di pucak pimpinan. Umi Aam yang kini jadi Gubernur FTBM Jabar pun saya hapal betul bagaimana pergerakannya yang lincah dan aduhai.

Mari tetap saling memberikan semangat. TBM itu memang unik. Banyak keajaiban yang saya rasakan saat mengelola sebuah rumah berisikan buku-buku.

Dirgahayu Forum TBM. Semoga FTBM terus berkembang penuh aksi inovatif dan kreatif.

Lebakwangi, 11 Juli 2021
Ayah Salwa
TBM AS Lebakwangi
penamrbams.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *