Dongeng Ayah Salwa untuk Anak-anak Thalasemia

Dongeng Ayah Salwa untuk Anak-anak Thalasemia

Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan sebuah kegiatan yang mulia untuk menghibur anak-anak yang mengidap penyakit Thalasemania. Kegiatan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Juli 2023 mulai pukul 09.00–14.00 di Museum Geologi Bandung.

Talasemia adalah penyakit keturunan (kelainan genetik) akibat kelainan sel darah merah yang dapat menyebabkan penderita harus melakukan transfusi darah sepanjang usianya. Penyakit tersebut bisa dicegah melalui deteksi dini. Talasemia dapat diturunkan dari perkawinan antara dua orang pembawa sifat. Bentuk ringan mungkin tidak memerlukan pengobatan. Bentuk parah mungkin memerlukan transfusi darah atau transplantasi sel induk donor. Perawatan dapat membantu, namun penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Penderita thalassemia mayor tidak bisa menjalani hidup normal tanpa bantuan transfusi darah setiap 2 hingga 4 minggu sekali, bahkan bisa memicu komplikasi penyakit lain jika tidak dikendalikan.

Forum Taman Bacaan Masyarakat Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Kementrian Koordinator Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) akan menyelenggarakan kegiatan bersama anak-anak Thalasemia dalam menyukseskan program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Kegiatan ini bertema Krida Kreasi Gerakan Nasional Revolusi Mental dengan judul Anak Thalasemia Gembira, Mandiri dan Tangguh. Melalui kegiatan ini, anak-anak Thaler akan diajak berkreasi, menyimak pertunjukan dongeng dan bergembira bersama. Tak hanya itu, anak-anak thaler juga akan diajak berkeliling Museum Geologi Bandung.

Acara ini mendapat dukungan dari Museum Geologi, Komunitas Redti, Persatuan Orang Tua Thalasemia RSUD Majalaya, TBM Budieuy, TBM AS Lebakwangi, Satuguru.id, Sawala, Rumah KJB, Amidis, Sahabat Thala dan Baitul Maal Hidayatullah (BMH).

Ayah Salwa berkesempatan menghibur dengan mendongeng untuk anak-anak. Tema yang disampaikan berkaitan dengan sholat dan doa untuk orang tua. Selain Ayah Salwa ada juga Kang Budi Euy yang mendongeng juga dengan diawali puisi. Kesempatan ini pula dijadikan sebagai perkenalan Satuguru khususnya kepada Pengurus FTBM Jawa Banyak juga pengelola TBM yang berprofesi guru, semoga dikesemptan berikutnya ada kesempatan kolaborasi antara FTBM Jawa Barat dengan Satuguru.

2 Komentar


  1. Keren! Suks├ęs buat FTBM Provinsi Jawa Barat dan panitia. Salam literasi!

    Balas

    1. Terima kasih bunda Cucu

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *