Hanya 17% Daya tampung Perguruan Tinggi Negeri

Membaca berita melalui Harian Pikiran Rakyat hari ini tanggal 3 Juni 2020 tentang SBMPTN ada hal yang menarik bagi saya. Ternyata pendaftar yang akan mengikuti UTBK-SBMPTN berjumlah 1,2 juta, sementara kuota yang tersedia dari 85 universitas dan institut serta 8 politeknik berjumlah 206.934 kursi. Jumlah ini apabila diprosentasikan hanya 17%.

Melihat kenyataan ini, bagi para orang tua nampaknya harus semakin bijak melihat hal ini. Pilihan kuliah untuk putra-putrinya tidaklah hanya di negeri saja. Pihak perguruan tinggi swasta pun tentunya melihat kenyataan ini adalah pangsa pasar yang harus direspon positif. Peningkatan kualisas perguruan tinggi swasta pun pasti akan terus berlomba meningkatkan kualitasnya.

Pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (UTBK-SBMPTN) akan berlangsung pada 5-12 Juli 2020. Pendaftaran akan berlangsung dari tanggal 5-20 Juni 2020. Peserta hanya diizinkan mengambil satu kali tes. Pelaksanaan tes hanya dilaksanakan 4 sesi setiap hari, kecuali Jumat dilaksanakan 2 kali tes. Peserta akan melaksanakan tes di lokasi terdekat tidak harus mendatangi kota tempat perguruan tinggi pilihannya untuk mengikuti tes.

Semoga semuanya berjalan lancar. Peserta tes menyiapakan dengan baik. Orang tua mendoakan putra-putrinya dengan doa yang terbaik. Penyelenggara siap dengan memberikan layanan yang luar biasa. Selamat UTBK-SBMPTN 2020.

Sumber Foto :

4 tanggapan untuk “Hanya 17% Daya tampung Perguruan Tinggi Negeri

  • 03/06/2020 pada 10:44 am
    Permalink

    Ulasan sangat menarik dan informatif Pak. Berarti persaingannya sangat ketat ya. Mudah2an semuanya diberikan hasil terbaiksesuai harapan.

    Balas
  • 03/06/2020 pada 11:24 am
    Permalink

    mantul sekali, smg terus berlanjut

    Balas
  • 03/06/2020 pada 8:14 pm
    Permalink

    Semoga dapat melanjutkan d tempat yg menjadi pilihan.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *