Lima Kegiatan Guru Produktif di Masa Pandemi

Dalam menghadapi kondisi seperti saat ini guru-guru mengalami perubahan yang luar biasa. Biasa mengajar di sekolah, kini harus dari rumah. Pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Kondisi saat ini tidak menjadi penghambat bagi guru-guru untuk tetap produkitf.

Penulis, berbagi pengalaman untuk tetap produktif di masa pandemi ini. Beberapa hal yang bisa dilakukan :

  1. Mengelola blog atau website
  2. Membuat video di youtube
  3. Bergabung di komunitas menulis
  4. Memelihara binatang
  5. Mengkoleksi barang sesuai hobi

1. Mengelola blog

Blog yang dibuat bisa menyimpan tulilsan-tulisan yang mendukung kegiatan menulis. Blog bisa berisikan apa yang disukai. Blog bisa diisi bahan pembelajaran. Untuk membuat blog sekarang sangat mudah. Kalau menggunakan istilah Om Jay, banyak orang baik di google yang mau berbagi. Tinggal cari di youtube. Bila blog sudah terkuasai bisa dilanjutkan dengan website. Ini sudah pernah saya alami saat mengelola blog dengan wordpress. Alamat blognya bepenamrbams.wordpress.com. Kini blog ini sudah menjadi website penamrbams.id.

2. Membuat Video di Youtube

Adanya  youtube sangat membantu siapa saja yang akan menyimpan tayangan yang bisa disaksikan oleh banyak orang. Guru bisa membuat tayangan pembelajaran. Bahkan bisa membuat tayangan yang sangat bermanfaat.

3. Bergabung di Komunitas Menulis

Bagi guru yang senang dengan dunia kepenulisan bisa bergabung dengan banyak komunitas menulis. Saat ini sedang menjamur komunitas menulis. Bergabunglah dengan komunitas menulis, baik yang gratis maupun yang berbayar. Seperti yang dilakukan oleh Om Jay bersama PGRI   telah melahirkan 17 gelombang di grup whatsapp. Kelas ini menampilkan narasumber-narasumber yang luar biasa. Setiap peserta diharapkan bisa melahirkan buku gabungan bahkan buku solo.

4. Memelihara binatang

Setiap orang tentunya punya rasa senang dengan binatang. Memelihara binatang di rumah sesuai dengan kesenangannya masing-masing. Memelihara binatang yang mengurusnya tidaklah terlalu sulit. Akuarium kecil dengan tidak lebih dari 8 ekor ikan tentunya cukup untuk menghilangkan rasa penat. Suara air yang terdengar akan menambah suasana di rumah lebih nyaman. Pemandangan akuarium dengan air yang bersih itu memuat mata terasa segar. Setiap hari memberikan makanan untuk ikan bisa menjadikan hubungan yang erat antara pemeliahara dengan ikan-ikan tersebut.

5. Mengkoleksi barang sesuai hobi

Guru laki-laki dan perempuan pasti hobinya berbeda-beda. Bagi saya seorang guru laki-laki senang mengkoleksi mobil-mobil mainan. Memandang mobil-mobilan yang kita miliki itu membuat perasaan menjadi lebih terhibur. Berburu mobil-mobilan yang sesuai dengan keinginan membuat hidup semakin seru. Tentunya hobi ini disesuaikan dengan kondisi keuangan juga.

Itulah beberapa contoh kegiatan yang bisa dilakukan selama pandemi ini. Berkarya semoga menjadi penyemangat dalam hidup ini. Apapun kegiatannya bisa membuat hidup lebih berarti.

Bambang Purwanto (Mr. Basm)
SMP Taruna Bakti
NPA PGRI : 10012000091

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *