Membangun Budaya Menulis di PGRI Kota Bandung

Oleh :
Bambang Purwanto (Mr. Bams)

Tulisan ini merupakan tulisan ringan di hari Sabtu. Menulis sebuah aktifitas yang sangat menyenangkan, walau hanya untuk sebagian orang saja.

Saat ini organisasi PGRI kota Bandung secara tidak langsung sudah mengajak anggotanya untuk mengasah kemampuan menulis. Adanya kolom berita umum yang sekarang sudah bisa diisi oleh pengurus cabang itu merupakan kebijakan yang berpihak pada kemajuan budaya menulis.

Ya, pasti awal-awal rasanya berat karena belum terbiasa. Lama-lama akan terbiasa bahkan tidak hanya terbiasa tapi akan terlatih lebih baik.

Adanya grup whatsapp yang yang kita ikuti bisa menjadi media untuk unjuk latihan dalam hal menulis. Walau pasti ada yang suka dan kurang suka. Kebiasaan menulis akan ditunjang dari kebiasaan seberapa kuat membaca. Membaca jadi arena pengumpulan informasi yang akan menjadi bahan dalam tulisan-tulisan yang bisa disajikan.

Menulis bagaikan memasakan. Disajikan agar orang lain ingin menyantapnya, tentu dengan rasa yang menyedapkan. Begitu pun tulisan. Membiasakan menulis dari hal yang sederhana akan terus berkembang menjadi tulisan-tulisan yang lebih baik.

Memulainya lebih baik daripada menundanya. Diam itu emas akan tetapi diam bisa lebih membahayakan.

Mari menulis, bacalah berulang-ulang sebagai bahan tulisan berikutnya. Boleh jasad ini akan lenyap tapi karya tulisan bisa hadir sepanjang zaman.

Lebakwangi Asri
29 Mei 2021
๐Ÿ™๐Ÿ˜Š๐Ÿ™

3 thoughts on “Membangun Budaya Menulis di PGRI Kota Bandung

  • 29/05/2021 pada 9:12 am
    Permalink

    Wah.. Tulisan simpel tapi mengelitik.. Wilujeng mas brams.. Teruslah menulis dari mari kita menulis.

    Balas
  • 29/05/2021 pada 9:30 am
    Permalink

    Jadi ingin nulis lagi… Tapi kesibukan sebagai guru dan seabreg administrasi membuat kehilangan selera menulis… ๐Ÿ˜ฌ

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *