Pemetaan Pembelajaran Informatika Kelas 7,8 dan 9 di SMP Taruna Bakti per Semester

Pemetaan Pembelajaran Informatika Kelas 7,8 dan 9 di SMP Taruna Bakti per Semester
NoElemenDeskripsi/Capaian PembelajaranK/SK/SK/S
1.Berpikir komputasional (BK)Mengasah keterampilan problem solving yang efektif, efisien, dan optimal sebagai landasan untuk menghasilkan solusi dengan menerapkan penalaran kritis, kreatif dan mandiri.
Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase D, siswa mampu menerapkan berpikir komputasional untuk menghasilkan beberapa solusi dari persoalan dengan data diskrit bervolume kecil serta mendisposisikan berpikir komputasional dalam bidang lain terutama dalam literasi, numerasi, dan literasi sains (computationally literate)
7S28S19S2
2.Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)Menjadi perkakas dalam berkarya dan sekaligus objek kajian yang memberikan inspirasi agar suatu hari peserta didik menjadi pencipta karya-karya berteknologi yang berlandaskan Informatika.
Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase D, siswa mampu memanfaatkan  aplikasi surel dalam berkomunikasi, aplikasi peramban dalam pencarian informasi di internet, CMS dalam pengelolaan konten digital, dan memanfaatkan perkakas  TIK untuk mendukung  pembuatan laporan,  presentasi serta  analisis dan interpretasi data.
  9S1
3.Sistem komputer (SK)Pengetahuan tentang bagaimana perangkat keras dan perangkat lunak berfungsi dan saling mendukung dalam mewujudkan suatu layanan bagi pengguna baik di luar maupun di dalam jaringan komputer/internet.
Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase D, siswa mampu menjelaskan komponen,  fungsi, dan cara kerja komputer yang  membentuk sebuah sistem komputasi, serta memahami proses kodifikasi data dan penggunaan kodifikasi untuk menyimpan dalam memori komputer.
7S1 9S1
4.Jaringan Komputer dan Internet (JKI)Memfasilitasi pengguna untuk menghubungkan sistem komputer dengan jaringan lokal maupun internet.
Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase D, Siswa mengenal Internet dan jaringan lokal, komunikasi data via HP, konektivitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet), dan memahami enkripsi untuk memproteksi data, serta mampu melakukan koneksi perangkat ke jaringan lokal maupun internet yang tersedia.
 8S1 
5.Analisis data (AD)Memberikan kemampuan untuk menginput, memproses, memvisualisasi data dalam berbagai tampilan, menganalisis, menginterpretasi, memprediksi, dan mengambil kesimpulan serta keputusan berdasarkan penalaran.
Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase D, siswa mampu mengakses, mengolah, mengelola, dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis untuk menginterpretasi dan memprediksi sekumpulan data dari situasi konkret sehari-hari dengan menggunakan perkakas TIK  atau manual.
 8S29S1
6.Algoritma dan Pemrograman (AP)Mengarahkan peserta didik menuliskan langkah penyelesaian solusi secara runtut dan menerjemahkan solusi menjadi program yang dapat dijalankan oleh mesin (komputer).
Pada akhir fase D, siswa  mampu mengenali objek-objek dan memahami perintah atau instruksi dalam sebuah lingkungan pemrograman blok/visual untuk mengembangkan program visual sederhana berdasarkan contoh-contoh yang diberikan dan mengembangkan karya digital  kreatif (game, animasi, atau presentasi),  menerapkan aturan translasi konsep dari satu bahasa visual ke bahasa visual lainnya,  serta mengenal  pemrograman tekstual sederhana.
7S18S19S1
7.Dampak Sosial Informatika (DSI)Menyadarkan peserta didik akan dampak Informatika dalam: (a) kehidupan bermasyarakat dan dirinya, khususnya dengan kehadiran dan pemanfaatan TIK, dan (b) bergabungnya manusia dalam jaringan komputer dan internet untuk membentuk masyarakat digital.
Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase D, siswa menyadari keberadaan dunia digital disekitarnya, ketersediaan data dan informasi lewat aplikasi sosial  media, serta memahami keterbukaan informasi, memilih informasi yang bersifat publik atau privat, menjaga keamanan dirinya dalam masyarakat digital dan menerapkan etika dunia maya.
7S28S19S1
8.Praktik Lintas Bidang (PLB)Melatih peserta didik bergotong royong untuk menghasilkan artefak komputasional secara kreatif dan inovatif dengan mengintegrasikan semua pengetahuan Informatika maupun pengetahuan dari mata pelajaran lain, menerapkan proses rekayasa atau pengembangan (designing, implementing, debugging, testing, refining), serta mendokumentasikan dan mengkomunikasikan hasil karyanya.
Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase D, siswa mampu bergotong royong untuk mengidentifikasi persoalan,  merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan artefak komputasional yang merupakan solusi dari persoalan tersebut, serta mengkomunikasikan  (presentasi, dokumentasi) produk dan proses pengembangan solusi dalam bentuk karya kreatif yang menyenangkan.
 8S29S2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *