Respon Siswa untuk Refleksi Diri pada Pelajaran Informatika di SMP Taruna Bakti

NoKelasKomenter
17ABagus sih, tapi harus lebih masuk akal pendapatnya
27Arasanya unik karena satu satu nya yang ada refleksi diri dari pelajaran lain
37AMenurut saya bagus ada refleksi di setiap akhir pembelajaran agar guru – guru itu bisa tahu tentang pendapat – pendapat murid tentang pembelajarannya.
47ABagus karena bisa mengingat kembali pelajaran
57Amenurutku bagus karena guru bisa mengetahui perasaan kita
67Ajadi lebih bisa menjelaskan perasaan kita
77Akita jadi harus mengetahui apa yang telah kita pelajari di jam pelajaran.
87Abagus, jadi kita bisa lebih memahami pelajaran dan gurunya pun jadi tau apakah siswa nya memahami pelajaran atau tidak
97Asebenarnya pas pertama kali mengisi refleksi diri tuh kayak males tapi karena setiap pelajaran TIK harus mengisi refleksi diri jadi terbiasa.
107AGapapa sih kalo setiap akhir pembelajaran mata pelajaran Informatika harus ngisi refleksi diri, soalnya gaperlu mikir juga karena ini gimana perasaan kitanya aja.
117ASangat membantu bagi guru untuk mengetahui apakah kita menikmati kelas atau tidak dan apakah kita benar-benar memperhatikan pelajaran.
127ATidak apa-apa, saya tidak tahu harus berkata apa
137Atidak ada
147BMenurutku itu hal yang bagus karena dengan adanya refleksi kita bisa mengingat hal yang dipelajari dari pelajaran TIK
157BKita bisa merefleksikan diri dengan cara mengungkapkan hal yang sudah kita pelajari dalam kegiatan pemblajaran hari ini.
167BItu berjalan dengan baik
177Bbisa menjadi ciri pelajaran tik
187BMenurut saya ini menjelaskan perasaan kita saat belajar di informatika
197BTidak tau, tapi merasanya tidak apa apa kalau menulis refleksi
207Bbisa mengetahui gmn perasaan saat belajar.dan untuk pelajarn yang di ajarkan di zoom
217B
227Bbagus, karena dikasih ini guru bisa tau perasaan muridnya sama ilmu yang didapat muridnya.
237Bjadi menurt aku pelajaran informatika itu sangat berbeda dari pelajaran yang lain. bisa mengetahui lebih dalam tentang computer contohnya hardwear, softwear, proses ya kalo misalnya mau beli computer dari pelajaran informatika, kita mengetahui banyak hal tentang computer jadi bisa lebih gampang kalau ada yang mau di beli tentang computer.
247BBagus karena guru pelajar bisa mendengar pendapat pendapat tentang pelajarannya
257BDengan adanya pengisian refleksi ini, kita bisa mencurahkan isi hatinya dan bisa berpendapat secara digital, karna mungkin beberapa ada yang belum berani berpendapat di zoom, lalu kita bisa tau apa yang sudah di pelajari sebelumnya jika memerhatikan pembelajaran.
267BAwalnya agak aneh karena pelajaran lain gk pernah ada refleksi diri.. Tapi tujuannya ternyata agar membuat murid-murid menjadi lebih nyaman dan lebih seru. Lanjutkan pak.
277BMr Bams suka mengajar aku dan teman-teman untuk lebih berani dalam menyampaikan pendapat. Menurutku refleksi diri ini adalah pendapat dari hati seorang murid berdasarkan sebagaimana mereka menyukai pelajaran TIK, sehingga mereka harus mengisinya dengan sejujur mungkin.
287BSeru,karena pegisian refleksi diri tuh gaada di mapel lain jadi unik.
297Bbagus dan ada manfaatnya juga dengan adanya refleksi diri yang menjadi berpikir lagi tentang materi yang dibahas jadi materinya bisa lebih masuk tidak hanya selewat saja.
307CTetapkan kegiatan refleksi diri
317CAdanya refleksi diri ini jadi guru tau apa yang di dapat kan pembelajaran hari ini dan perasaan pembelajaran hari ini.
327Cmenurut ku sangat bagus karena jika guru ada kesalahan bisa di ungkapkan dan guru nya memperbaikan kesalahan nya
337CBagus adanya refleksi diri agar murid bisa menyampaikan pendapat pd guru.
347CRefleksi diri bagus untuk guru-guru agar bisa mengetahui sifat dari para murid-murid dan sikapnya.
357CBagus karena bisa mengasih tau tentang perasaan belajar TIK mengasah anak bisa mengeluarkan pendapat
367CSeru karena bisa curhat dan beda dari yang lain.
377CBagus kok. Jadi bisa curhat langsung tentang pelajaran TIK langsung.
387Cberbeda dari yang lain. tetapi suka lupa karna tugas
397CBaagussss harusnya semua guru pake kyk gini dari SD-SMA
407CSuka sih, siswa jadi lebih terbuka
417CSeneng, setiap 5 menit sebelum usai itu saya seperti cerita cerita apa yang aku rasain.
427CBagus, karena dengan refleksi diri kita mengingat kembali tentang pembelajaran TIK dan refleksi diri juga dapat melatih kita untuk membuat sebuah kalimat.
437CUntuk pengisian refleksi diri ini saya menjadi lebih suka dengan pelajaran TIK
447CTujuannya untuk mengeluarkan pendapat kita di pembelajaran tik
457CSaya bisa berbagi perasaan saya saat belalar TIK
467CBagus. dgn adanya refleksi diri kita bisa memberi masukan
477CAku suka mengisi refleksi diri
487Cpendapatku bagus karena bisa mengungkap kan perasaan kita saat belajar
497Cagar mengetahui apa yang kita rasakan sesudah zoom informatika
507Cgampang karena hanya isi refleksi diri cuman terkadang lupa
517Cdengan adanya refleksi diri saya menjadi lebih semangat untuk mempelajari materi selanjutnya.
527CBagus, karena tefleksi diri membuat kita mengingat kembali tentang pembelajaran TIK.
537Cbaikk
547CSaat mengisi refleksi diri, saya dapat mengetikan apa yang saya rasakan dan ingin ungkapkan, namun terkadang saya juga merasa malas untuk mengisi nya. Untungnya sampai saat ini saya selalu mengisi refleksi diri. Semoga kedepan nya saya dapat terus mengisi refleksi diri.
558ABagus
568Abagus
578Amenjadi lebih terbuka
588Asangat bagus,karena dapat melihat keluh kesah dan kesan dari murid
598Abiasa ajaa
608Aadanya refleksi diri menunjukan siswa yang mengisi refleksi diri dengan baik dan benar adalah siswa yang memperhatikan guru saat memberi materi. 🙂
618Abagus guru guru menjadi taqhu perasaan siswa saat di ajar
628Adisiplin
638A
648Amenurut saya refleksi diri dapat membuat kita mengingat kembali materi yang sebelumnya sudah dijelaskan. jadi refleksi diri juga dapat dijadikan sebagai review kecil-kecilan untuk materi yang sudah diajarkan. sangat berguna
658Abisa mengungkapkan perasaan perasaan saat pembelajaran di mulai
668ABagus
678Bsangat membantu agar siswa/siswi disiplin untuk mengisi point point
688BMenarik karena refleksi diri cuman ada di pembelajaran indormatika.
698BLumayan bermanfaat untuk mencurahkan pendapat kita sendiri.
708Bpengisian refleksi diri penting karena dapat melatih kedisiplinan dan meyakinkan diri seberapa jauh pemahaman kita tentang materi yang diberikan
718Bberguna, karena jika tidak ada yang mengerti bisa ketahuan dan bisa dijelaskan lagi
728Bmenurut aku bagus sih tapi kalau bisa gausah di lihatin ke temen sekelas
738BBermanfaat karena dengan begitu kita bisa mengingat materi-materi yang kita pelajari
748Bagar dapa bersosialisasi
758BPendapat aku tentang adanya refleksi diri ini sih, ya bagus aja karena kita bisa nulis kesan dan pesan kita selama belajar, jadi misal nanti ada pesan2 dari murid gurunya bakal lebih memperbaiki lagi, dan juga jadi alat interaksi antara guru dan murid, misal buat murid yang malu buat ngomong di zoom, mereka bisa ngasih tau pendapatnya disini.
768BBaik baik saja karena Mr. Bams jadi bisa tau bahwa kita memang mengerti materi tersebut.
778Bkayak buat laporan gitu, laporan kalo kita udah ngerti materinya sampe mana
788BDengan adanya pengisian refleksi diri ini menurut saya kadang saya suka bingung juga mengisi refleksi diri.
798BMenurut saya, dengan adanya refleksi diri seperti ini, kita menjadi bisa menyampaikan perasaan atau pendapat masing masing tentang pembelajaran yang dipelajari.
808BAdanya refleksi diri dapat mengukur sebagaimana kemampuan siswa dalam pembelajaran. Misalnya apabila mengalami kesulitan, kekeliruan, maupun kemampuan lebih mereka.
818Bmenurut ku refleksi ini sangat bermanfaat agar guru tau apa kekurangan dari murid
828BSaya bisa mengukur kemampuan saya dalam memahami materi dengan adanya refleksi sesudah pelajaran Informatika. Selain itu setiap kali mengisi refleksi, saya dapat memperoleh 10 poin.
838Bmenurut saya bagus karena untuk mengungkapkan isi pikiran tentang pelajaran informatika, tapi kadang bingung mau mengisi apa
848BMenurut saya refleksi diri ini dapat mengingatkan kita tentang pelajaran hari ini dan apa maknanya.
858BBagus sih karena kita bisa menghantarkan perasaan kita ke refleksi diri ini
868BDengan adanya refleksi diri guru-guru akan tau kesusahan siswa dimana dan gimana perasaannya saat belajar pembelajaran tersebut.
878Bmenurutku bagus, karena jadi tau seberapa jauh pemahaman kita terhadap pembelajaran/materinya.
888Bsiswa siswa menjadi lebih ingat dengan pelajaran hari ini karena harus menulis kembali pengalamannya lalu mereka juga meningkatkan kemampuan menulis/berkomunikasi atau menyampaikan sesuatu
898BSangat bagus, melatih siswa untuk disiplin dan melatih siswa menulis.
908Ctidak ada
918CBiasa
928Clumayan sih buat ngeluarin perasaan di hari tersebut, tapi mungkin pertanyaan nya mungkin bisa kadang2 di ganti soalnya tar lama2 bosen pertanyaan nya itu itu terus.
938Cbagus bagus aja
948CBikin ga tenang. Biasanya kan abis zoom langsung cus ngerjain tugas fokus, ehhhh ini suka ada yang kelewat ; refleksi diri. Bikin apa yak, gatenang aja gitu. Belum kebiasa kali ya? tapi emang jujur pak saya suka agak males gitu..hehe
958CMenurut saya sih biasa aja, tujuan refleksi diri supaya bisa review dikit materi yang baru dipelajari
968CSejujurnya saya tidak tahu kenapa ada refleksi diri tapi refleksi diri ini juga tidak mengganggu saya jadi saya merasa tidak ada masalah dengan adanya refleksi diri.
978Cadanya refleksi diri mungkin melatih murid untuk lebih disiplin
988CMenurut saya bagus karena kita bisa jadi lebih diisiplin terus kaya bisa cerita gitu
998Chmmm, kalo menurut saya yg sering isi refleksi diri itu pasti sedang gabut, sepertisaya sering gabut
1008Cbagus, karena bisa memberi tanggapan mengenai pelajaran yang dilakukan, dan mendapatkan poin lebih:D
1018CDengan ada pengisian refleksi diri ini, bagus, jadi bisa tahu bagaimana pendapat teman-teman selama pembelajaran informatika.
1028CPerasaan saya untuk pengisian refleksi diri sih biasa aja yaa, ngga ada yang spesial.
1038Cbagus jadi bisa tau curhatan murid
1048CMenurut saya itu adalah ide yang bagus karena guru dapat mengetahui kesan-kesan belajar siswa dan sampai dimana siswa menerima dan memahami materi yang disampaikan.
1058DRibet, karena kita harus mengisinya setiap pertemuan
1068Dmenghepi
1078Djadi lebih lega
1088DDapat mengungkapkan perasaan dalam pembelajaran TIK
1098Dbagus, karena dapat memudahkan mr bams untuk menyusuaikan diri kepada murid murid
1108Dbisa mengungkapkan isi hati dan belajar membuat kalimat dengan benar
1118DAgak lupa kalau ada refleksi diri
1128DSangat bagus. Dengan adanya refleksi diri dapat mengungkapkan materi materi yang diberikan, perasaan hari ini. Karena pendapat setiap orang berbeda-beda
1138Dbagus sih buat nambah nambah nilai kalau ada yang jelek nilainya
1148DBagus sih buat menambah point juga sama bisa refleksi apa yg slh
1158DAdanya refleksi diri kita jadi bisa mengungkapkan apa materi yang didapat.
Dan perasaan kita pada saat belajar
1168DDari adanya pengisian refleksi diri ini, kita mendapat poin yang mungkin bisa menjadi nilai tambahan, dan refleksi diri ini juga dapat melatih kita untuk mengungkapkan pendapat.
1178DDengan ada pengisian refleksi diri, dapat mengembangkan skill literasi kita masing-masing.
1188DBagus, berguna untuk mengevaluasi hasil belajar sehari hari
1198DPendapatku adalah cukup menarik, karena kita dapat membagikan tentang informasi yang kita sudah dapat di pembelajaran ini.
1208DSaya merasa netral terhadap adanya refleksi diri disetiap akhir pelajaran
1218Dbagus dpat membuat siswa lebih teliti dalam membuat kesimpulan
1228DMenurutku cukup bagus dengan adanya refleksi diri ini aku jadi bisa merefleksikan lagi pelajaran yang dipelajari tadi.
1238EBagusss dengan ada nya sepertinya untuk saya sendiri saya orang pemalu jadi dengan adanya media pengisian refleksi diri saya ingin menymapaikan pendapat bisa dengan tenang walau nanti saat di pemberitahuan gitu2 ada teks saya terpapar tapi itu lebih bagus makasih paa
1248EKita dapat menjelaskan tentang perasaan kita saat pelajaran informatika
1258Eseru dapat poin
1268ESeru karena bisa membuat sesuatu dari materi baru
1278ERefleksi diri menurut saya sangat bagus karena melatih menyusun kalimat,mengungkapkan rasa bahagia,refleksi diri ini menurut saya perlu karena dapat melatih otak kita dapat menangkap materi dengan baik atau tidak
1288EMateri hari ini cukup sulit namun masih bisa dimengerti
1298EBagus
1308ECukup bagus jadi siswa bisa menulis apa yang sudah dipelajari tadi
1318EBiasa saja
1328EPengisian refleksi sangat bagus karena dapet membantu guru mengetahui apa anak murid paham dengan pelajaran
1338EAdanya refleksi diri membuat kita dapat memberitahu apakah ada yag salah atau kurang dimengerti dapat dituangkan di sini.
1348EBagus
1358Egapapa sih, bisa bermanfaat juga
1368Emenurut saya sudah oke
1378Emenurut saya sudah bagus
1388Emantap, agar murid lebih aktif
1398EBagus karena murid dapat menyampaikan pendapatnya pada guru.
1408Ebisa mengetahui apa yang murid pahami
1418EKita dapa menceritakan perasaan saat belajar informatika
1428FBagus, bisa mengerti apa yang siswa rasakan ketika belajar informatika.
1438Fbagus
1448Fbagus jadi dapat mengetahui apakah komentar mereka tentang pembelajaran
1458FBagus sih karena bisa dijadikan tempat “curhat”
1468Flumayan, bisamengeluar kan sedikit isi hati dan pendapat soal pelajaran hari ini
1478FBagus, karena mungkin kalau saya menjadi guru dan dengan ada nya refleksi diri siswa ini, saya lebih tau bagaimana perasaan siswa saat saya mengajar dan kalau ada kesalahan, saya dapat mengetahuinya dan memperbaikinya.
1488FPendapatku tentang adanya pengisian refleksi diri sangat menarik, karena belum ada guru yang membuat refleksi diri seperti ini, kecuali Pak Bambang.
1498Fmenurut aku adannya refleksi bisa membantu anak untuk bisa menulis dan mengingat dan apa aja yang udah di pelajaraiin tadi jadi bisa liat si anak fokus atau tidak seperti itu
1508FDengan adanya refleksi diri jadi mendengarkan atau memperhatikan dengan baik,dan jadi ga lupa juga apa yang tadi di jelasin
1518FMenurut saya bermanfaat, karena kita dapat mengeluarkan perasaan kita setelah melaksanakan pelajaran TIK.
1528FMenurut saya, refleksi diri sangat membantu dalam mengulang apa yang diajarkan. Refleksi diri juga berguna untuk mengungkapkan perasaan kita saat belajar
1538FTidak keberatan. Karena tidak membebani Saya.
1548FMenurut saya refleksi diri sehabis pembelajaran ini merupakan ide yang bagus. Menulis apa yang kita rasakan ketika pembelajaran, hal asyik yang kita temukan saat belajar, ilmu baru, dan canda tawa. Rasanya seperti curhat dan itu seru.
1558Fbagus, karena dengan adanya refleksi diri di setiap akhir pembelajaran kita dapat me-review kembali apa yang sudah dipelajari hari ini.
1568Fbagus banget , buat kita mengungkapkan perasaan kita saat di pelajaran ini dan untuk me resume materi yang sedang dipejalajari.
1578FMenurut saya, pengisian refleksi diri merupakan ide yang cukup baik karena rekleksi diri membuat murid memikirkan sebenarnya apa saja yang dia pelajari hari itu dan bagaimana perasaannya, jadi murid bisa mengungkapkan perasaannya.
1588FMenurut saya, dengan adanya pengisian refleksi diri seperti ini adalah ide yang keren karena dapat melatih untuk berpikir dalam merangkai kalimat tentang apa saja yang dirasakan setelah melakukan pembelajaran.
1598FDengan adanya refleksi diri ini, sebenarnya bagus karena dapat memberikan feedback dan pemahaman seperti apa yang kita dapat dari setiap pembelajaran.
1608Fmenurut saya pengisian refleksi diri adalah bagus untuk feedback
1619Asudah cukup baik
1629Amenurut saya program refleksi diri sangat bagus karena hal ini bisa memantau perasaan dan perkembangan tiap murid setiap mengisinya
1639Amenurut saya cukup penting karena secara otomatis mengingat dan merekap ulang apa yang diajari/dilakukan selama jam pelajaran.
1649Arefleksi diri sangat bagus karena dapat melatih siswa siswi dalam mengungkapkan pendapat dan sebagai referensi pembelajaran
1659Atidak buruk , dengan adanya refleksi diri kita dapat menyimpulkan apa yg kita dapat dari pembelajaran hari ini.
1669APendapat ku kita jadi bisa mengasih tahu perasaan kita selama pelajaran dan mengingat lagi hal yang di jelaskan oleh guru saat pelajaran
1679Abagus karena kita jadi bisa inget tentang materi setiap pertemuannya
1689ARefleksi menurut saya biar tahu seperti apa perasaan kita dalam kegiatan belajar apakah seru atau biasa saja, jangan malas
1699AAdanya pengisian refleksi diri di akhir pembelajaran sangat bermanfaat karena bisa melatih kita untuk menuliskan isi pikiran
1709ASaya tiada pendapat mengenai refleksi diri karena saya cukup mengikuti apa yang Pak Bambang lakukan.
1719ASudah cukup bagus, dengan mengadakan refleksi diri tentunya dapat mengembangkan kemampuan menulis dan meningkatkan semangat Pak Bambang untuk tetap maju berkarya demi kebaikan murid-murid SMP Taruna Bakti.
1729AMenurut saya pengisian refleksi diri sudah bagus untuk mengetahui apa suasana yang baik untuk belajar.
1739Abagus, jadi bisa menuliskan perasaan kita sehabis belajar
1749Amenurut saya, dengan adanya pengisian refleksi diri ini kita dapat memberi tahu perasaan kita saat mendapat materi setiap minggu nya.
1759AIni benar-benar kreatif dan keren. Dengan adanya refleksi diri, from ini bisa menjadi instropeksi diri bagi Pak Bambang dan juga bisa menjadi sarana untuk memberi kesan pesan serta saran dan kritik selama pembelajaran. Atau mungkin jadi bisa mencurahkan isi hati selama pembelajaran TIK berlangsung. WKWKWK 😀
1769Bmenyenangkan karena bisa mencurahkan apa yang saya rasakan tentang pelajaran TIK
1779Bbagus karena dapat berbagi perasaan yang dirasa setelah pembelajaran.
1789Bbiasa aja
1799BHmm jujur saya tidak merasa ada manfaatnya pak. Ini hanya kerasa seperti tugas. Mungkin karena sifatnya dipaksakan? Coba kalau mengisi refleksi diri dibebaskan pak, yang ngisi hanya yang memang mau ngisi dan hasilnya pun pasti akan lebih baik
1809Bpendapat saya bagus karena dengan adanya refleksi diri kita bisa merenungkan kembali hal apa yang membuat kita bahagia hari ini, atau bisa untuk menjadi pelajaran kedepannya
1819BBagus karena bisa melihat progres pembelajaran
1829BMenurut saya dengan ada refleksi diri saya jadi bisa memberikan pendapat dan juga bisa mengetahui pendapat dan perasaan teman-teman saya.
1839Bpendapatnya adalah bagus karena kita bisa menuliskan perasaan kita di setiap pembelajaran
1849Btidak ada masalah untuk pengisisan refleksi diri
1859Bbagus
1869BMenurut saya bagus, karna kita lebih terbuka lagi
1879BMengingat materi yang didapat pada setiap pembelajaran
1889Csaya lelah karna saya ngantuk
1899Cmantap
1909CBagus.
1919CBagus
1929CKeren karena kita bisa cerita
1939Cbagus
1949Cpendapat saya lebih bague ada refleksi
1959Cbagus
1969Cdapat mengungkapkan keluh kesah selama pembelajaran
1979CBagus, untuk mengetahui manfaat dari belajar
1989Cbagus
1999Crefleksi diri cukup bermanfaat untuk membantu kita untuk refleksi diri.
2009CJujur tidak terlalu berpengaruh untukku karena aku tidak merasa terbantu dengan adanya refleksi diri, selama ini aku isi hanya sebagai bentuk aku mengikuti peraturan saja walaupun tidak memberikan dampak apapun untukku
2019CTidak ada masalah pak
2029Cdapat sharing kesan kita selama pembelajaran
2039Cbagus untuk melihat express anak2
2049Cmenurut saya ini sangat pentik karena bisa sedikit meningkat kan nilai
2059Cbagus dan membuat kita bisa lebih melihat apa saja yang sudah dipelajari
2069Cbagus karena dapat meningkatkan kecerdasan
2079Cbagus
2089CMenurutku dengan adanya refleksi diri, kita jadi dapat mencurahkan isi perasaan kita tentang pelajaran yang diajarkan. Apakah kita mengerti? atau belum mengerti? Dengan begitu kita dapat mencurahkannya lewat pengisian refleksi diri ini.
2099CSangat membantu murid untuk memberikan pendapat kepada guru,begitupun sebaliknya membantu guru untuk mengetahui perasaan murid
2109CPendapat saya tentang adanya pengisian refleksi diri pembelajaran setiap akhir pembelajaran mata pelajaran Informatika ini adalah bisa dijadikan sebagai tempat menuangkan perasaan kita. Apakah perasaan kita sedang baik, ataukah buruk. Senang, atau sedih.
2119CMenurut saya, refleksi diri bermanfaat untuk diri sendiri, karena kita dapat mengetahui/mengingat hal-hal yang kita dapat/pelajari hari ini.
2129CBAGUSS!!!, Karena adanya refleksi diri untuk murid, Guru bisa mengetahui perasaan murid saat diajar
2139Dkeren bisa sekalian curhat atau memberi tahu sesuatu
2149Dunik, karena pak bambang beda dari guru yang lain membuat pelajaran cukup menarik
2159Dtidak apa apa
2169DSaya setuju dengan adanya pengisian refleksi diri dalam setiap akhir pembelajaran Informatika, karena dengan ini saya dapat berpendapat dan saling mengevaluasi diri. Dengan ini juga Bapak dapat mengetahui apakah ada muridnya yang tidak atau kurang mengerti mengenai pembahasan setiap pertemuan.
2179Dmenurutku bermanfaat, karena kita dapat melihat progres kita dalam belajar di semua mata pelajaran
2189DPendapatku lumayan bermanfaat karena kita bisa mengingat dan mereview lagi yang kita pelajari lagi.
2199DPendapat saya refleksi diri cukup bermanfaat karena kita dapat melihat perkembangan anak
2209Dpendapat saya tentang refleksi diri baik
2219Dpendapatnya bagus karena guru bisa melihat keluhan murid dari sisi positif dan negatif
2229Dmenurut saya adanya refleksi diri itu bagus
2239DRefleksi setiap akhir pembelajaran sangat baik karena dapat meyampaikan perasaan sendiri ketika selasai pembelajaran.
2249DDengan adanya refleksi diri ini, guru dapat mengetahui keluh kesah murid saat bersekolah tatap layar dan lebih memahami setiap kondisi anak.
2259Dbermanfaat
2269Ekeren pa tapi maaf suka lupa ngisi :”)
2279E
2289EBagus karena kita diajarkan untuk berpendapat mengenai pembelajaran hari ini tentang pelajaran informatika.
2299Esetuju karena kita bisa memberi ulasan setiap akhir pembelajaran
2309Esangat berguna untuk mengingat-ngingat materi yang dipelajari minggu ini dan juga mengingat betapa serunya belajar minggu ini
2319EBahwa sesungguhnya refleksi diri pada informatika sangat membantu bagi saya karena dapat mengingatkan saya apa yang sudah saya pelajari dan kekurangan saat saya belajar informatika
2329Ebiasa saja. tidak menyulitkan
2339Emenurut saya bagus, bisa meng review kegiatan kegiatan per minggu
2349ERefleksi diri menurut saya berguna karena bisa mengulang lagi apa yang dipelajari hari ini sehingga tidak lupa dengan materinya
2359ECukup bagus karena dapat menyampaikan pendapat mengenai materi yang sedang dipelajari.
2369EBagus anak-anak dapat curhat tentang apa yang terjadi saat pelajaran.
2379Ebagus kita jadi bisa menuliskan apa yang kita rasakan selama pembelajaran TIK
2389EPendapat saya refleksi diri ini sangat unik karena tidak pernah ada guru yang membuat ini sebelumnya
2399Ftujuannya bagus tapi ngisinya malesin
2409Fpengisian refleksi diri ini bagus untuk menjelaskan perasaan dan materi yang didapat pada pelajaran informatika
2419Fkita dapat memberi tau perasaan kita saat belajar pelajaran informatika
2429Fbagus
2439Fsenang karena bisa mencurahkan pendapat kita
2449Fbagus dengan adanya refleksi ini pembelajaran dapat terdokumentasi dengan baik
2459FPendapat saya tentang adanya pengisian refleksi diri pembelajaran setiap akhir pembelajaran mata pelajaran ini adalah sudah bagus untuk diberlakukan karena dengan mengisi refleksi diri ini, bapak atau murid yang lain akan tahu bagaimana perasaan belajar hari ini walaupun beberapa ada yang senang dan ada yang tidak.
2469Fpendapat saya rame karena kita bisa mengekspresikan saat belajar TIK.
2479FUnik , karena berbeda dengan pelajaran yang lainnya dan dapat memberikan perasaan tentang apa yang diajar
2489FMenurut saya refleksi dari pelajaran akhir pembelajaran mata pelajran Informatika ini bagus karena siswa-siswi dapat mengasih pendapat masing-masing tentang pelajran tersebut.
2499Fmenurut saya cukup baik, karena dengan begitu guru bisa melihat bagaimana refleksi murid murid setiap harinya
2509FRefeksi diri bagus untuk memberikan ulasan tentang yang sudah kita lakukan pada jam pelajaran tik di hari itu
2519Fbagus, refleksi diri membuat tempat untuk memuliskan apa yang kita rasakan
2529FBagus. Para siswa bisa mencurahkan perasaannya saat belajar ke refleksi diri
2539FMenurut aku bagus, sebagai bentuk jejak dari setiap pembelajaran Informatika.
2549FPendapat saya tentang refleksi diri ini justru bagus karena membuat siswa bisa mengutarakan pendapatnya sehingga siswa bisa terbuka dengan guru dan yang lain yang dimana membuat siswa tersebut bisa berpikir kritis seputar pembelajaran yang sebelumnya dibahas. Jadi kesimpulannya saya mendukung aktivitas refleksi diri ini.
2559FPendapat saya tentang adanya pengisian refleksi diri yaitu menjadi pengetahuan bapa untuk tau apa yang murid-murid rasakan, dan saya juga mengisi refleksi diri ini untuk mengapresiasi yang sudah bapa buat ini.
2569Gmenurut saya bagus karena, bisa tau pendapat temen2 saya juga
2579Gpelajaran ini sangat5 seru
2589GPendapat saya adalah bagus dan keren karena bisa jadi enuangan perasaan hari ini.
2599Gunik karena berbeda dari pelajaran yang lain
2609GMenurut saya unik, karena kita bisa berbicara dengan guru tentang apa siswa rasakan pada pembelajaran.
2619GMenurutku bermanfaat karena kalau menulis tentang suatu pengalaman atau fikiran, itu lebih mudah diingat sehingga bisa menjadi sebuah pemicu untuk menjadi lebih baik lagi
2629GMenurut ku tidak apa-apa ada kegiatan seperti ini, karena siapa tau ada orang yang ingin tahu apa perasaan kita saat belajar TIK
2639GSangat bagus karna kita bisa mengungkapkan isi dan perasaan di dalam hati kita tentang pembelajaran TIK/Informatika.
2649Gpendapat saya refleksi diri ini sangatlah membantu nutuk mecnceritakan pelajarn harı ini atar keluh kesah harı ini tapi sayangnnya orang jarang yang menigs refleksi diri termasuk dari saya yang terkadang lupa untuk mengisi
2659GRefleksi diri ini cukup berguna untuk melatih kita menulis dan dapat digunakan untuk melihat apakah siswa tahu manfaat dari apa yang dipelajar hari ini
2669Gmenurut saya bagus karena disini siswa dapat menuliskan perkembangan dirinya dari waktu ke waktu
2679GDengan adanya pengisian refleksi diri, siswa dapat menuliskan pendapatnya di google form dengan bebas.
2689Grefleksi diri di tiap pelajaran menurut saya menyenangkan.
2699Gmenurut saya ada efektif ada negatif nya
2709Gmenurut saya bagus-bagus saja karena dengan ini kita bisa mengutarkan perasaan kita dan menjadi pembuktian kita melakukan pembalajran dengan serius atau tidak
2719GRefleksi diri ini bagus agar Bapak Bambang dapat mengetahui perasaan muridnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *