Selamat Hari Blogger Nasional 2020

Wah ternyata ada ya , Hari Blogger Nasional di Indonesia. Setiap tanggal 27 Oktober 2020 diperingati sebagai hari Blogger Nasional. Muhammad Nuh pada tanggal 27 Oktober 2007 mencanangkan pertama kalinya hari blogger nasional. Muhammad Nuh saat itu sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika RI. Saat itu Muhammad Nuh hadir dalam sebuah kegiatan Pesta Blogger 2007.

Tanpa diduga oleh para peserta blogger yang hadir saat itu, Muhammad Nuh menyampaikan “Hari ini saya nyatakan sebagai Hari Blogger Nasional”. Sontak ucapan ini disambut meriah oleh semua yang hadir dengan tepuk tangan yang sangat bergemuruh. Pesta Blogger saat itu dilaksanakan di Blitz Megaplex Grand Indonesia. Awal ide kegiatan ini hanyalah sebagai ajang kopi darat (kopdar) blogger nasional untuk pertama kalinya.  

Sejarah blog cikal bakalnya dimulai oleh Justin Hall pada tahun 1994. Ia membuat jurnal pribadi online bernama links.net. Ia pun mendapatkan anugerah dari The New York Times Magazine sebagai The Founding Father of Personal Blogger tahun 2004.

Akan tetapi istilah weblog yang merupakan gabungan dari kata web dan log diperkenalkan oleh Jorn Barger pada tahun 1997.John Barger memutuskan istilah itu menggambarkan aktivitas internetnya, yaitu “logging to the web”. Selain Jorn Barger ada juga Robot Wisdom yang memperkenalkan konsep dalam weblognya. Dua tahun kemudian seorang desainer website Peter Merholz memperkenalkan istilah blog sebagai kependekan dari weblog.

Menurut Wikipedia media blog dipopularkan pertama kali oleh Blogger.com yang dimiliki oleh Pyra labs yang selanjutnya diakusisi oleh Google tahun 2003 akhir. Tahun itu pun WordPress resmi diluncurkan sebagai pesain utama dari Blogger. Keduanya menyediakan layanan blog personal secara gratis.

Senang rasanya bisa mengelola blog WordPress sampai saat ini. Beberapa alamat blog yang pernah dikelola :

  1. https://tik2smptb.wordpress.com/
  2. https://tb8e1516.wordpress.com/
  3. https://tb7d1617.wordpress.com/
  4. https://tb7b1718.wordpress.com/
  5. https://lebakwangimembaca.wordpress.com/
  6. https://rw13lebakwangiasri.wordpress.com/
  7. https://forumtbmkabbandung.wordpress.com/
  8. https://literasismptarbak.wordpress.com/
  9. https://bepenamrbams.wordpress.com/
  10. https://kgbbandung.wordpress.com/

Walau sekarang menggunakan https://penamrbams.id/ akan tetapi tidak terlepas dari WordPress. Semoga dengan adanya Hari Blogger Nasional, semakin menguatkan untuk terus mengelola dan mengajak siapappun yang mau belajar membuat blog di WordPress. Masa pandemi sampai sekarang membuat kelas blog di grup Whatsapp sampai sudah beberapa angkatan bahkan mengelola sampai ke Papua.

6 thoughts on “Selamat Hari Blogger Nasional 2020

  • 27/10/2020 pada 3:29 pm
    Permalink

    Yu k kita mulai memperingati hari bloger tersebut dengan moment yang mengesankanwalau sederhana yang penting bisa ada rasa saling silaturohim antar blogger Indonesia.

    Selamat HUT Blogger
    Salam Sehat dari Jayapura

    Lama tak jumpa karena kesibukan, mohon dimaafkan karena pasif

    Balas
    • 27/10/2020 pada 5:38 pm
      Permalink

      Terima kasih, salam sehat dari Bandung

      Balas
      • 27/10/2020 pada 7:05 pm
        Permalink

        Bagus sekali mr Bams dgn adanya peringatan guru2 dan semua warga dunia akan bisa mengungkapkan tulisannya dan pengalamannya pd blognya masing, maju terus blog,,

        Balas
  • 27/10/2020 pada 9:30 pm
    Permalink

    Teromakasih banyak, selamat hari blogger nasional semoga semakin banyak orang menggunakan blog untuk menulis , mengungkapkan perasaan dan pengalaman mereka dan semoga tulisan-tulisan tersebut bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi orang banyak

    Balas
  • 28/10/2020 pada 5:53 pm
    Permalink

    Semangat terus Mr.Bams….
    Dan selamat Hari Blogger Nasional
    Biarlah kita semua termotivasi

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *