Terima Kasih Muridku, Kalian Menulis Begitu Indah

Sepulang dari Jogjakarta, pada hari Minggu tanggal 29 Mei 2022 ada semangat yang membara karena kami baru saja pulang berlibur. Liburan yang disponsori oleh tabungan hasil bekerja menjadi guru SMP Taruna Bakti dan dari berbagai honor dari aktivitas di luar SMP Taruna Bakti.

Jelang PAT, seperti biasa saya mengajak murid-murid yang bersama belajar di kelas untuk memberikan sebuah tulisan dengan pertanyaan seperti dibawah ini :

Khusus yang belajar bersama Mr. Bams, mohon tuliskan kesan belajar setahun bersama Mr. Bams, apa yang menarik dari pembelajran Mr. Bams? Apakah pelajarannya disampaikan dengan menyenangkan? Adakah yang harus diperbaiki oleh Mr. Bams untuk tahun ajaran depan ? Jelaskan. Berikan nilai untuk cara mengajar Mr. Bams di kelas! Terima kasih

Pertanyaan ini saya sajikan sebagai pertanyaan terakhir dari latihan-latihan soal untuk menjelang PAT.

Terkejut sebuah tulisan yang tidak saya sangka, tulisan-tulisan yang membuat saya termotivasi agar menjadi seorang guru yang semakin baik.

Ijinkan wahai muridku kelas 8 SMP Taruna Baktu untuk menampilkan tulisan-tulisan kalian. Ijin saya tidak menuliskan nama, kelas dan absen kalian. Biarkan tulisan ini menjadi bukti bahwa kita pernah bersama dalam sebuah proses pembelajaran. Semoga apa yang kalian tulis, merupakan sebuah kejujuran. Jujur menjadi modal utama untuk meraih sebuah kesuksesan dalam kehidupan kalian.

Inilah tulisannya :

10 out of 10
1000/10 pakk , aku sangat suka belajar dengan mr.bams , karena cara belajarnya yang menarik dan ga bosen, semangatt terus mr.bams…
99/100 pak
a). Mr. Bams selalu bisa memberikan penjelasan yang mudah dipahami di setiap pertemuannya. Kegiatan belajarnya juga sangat menarik, sehingga saya tidak mudah bosan dalam mengikuti proses pembelajaran.
b). Hal yang menarik dari pelajaran Mr. Bams yaitu setiap perbelajarannya selalu diawali dengan games yang dapat mengasah otak dan musik yang dapat menghibur.
c). Pelajaran yang disampaikan oleh Mr. Bams menyenangkan dan tidak membosankan.
d). Menurut saya, tidak ada hal yang harus diperbaiki oleh Mr. Bams untuk tahun ajaran kedepannya.
e). Nilai dari saya untuk cara mengajar Mr. Bams di kelas yaitu 90.
Semangat terus Mr. Bams…
Aku belajar dengan guru Didi muliadi.
Aku kasih nilai 90/100 pak
Baik. Semangat dan sukses untuk bapak semoga nilai saya bagus. Terima kasih pak untuk ilmu yang telah diberikan.
Bapak ngajarnya udah mantep banget pak menurut saya
Bapak suka kasih game dulu sebelum belajar. Ya, tidak ada yang diubah dari cara ngajar bapak.
belajar bersaa Mr. Bams sangat menyenangkan dan menarik. Karena cara/metode belajarnya santai dan variatif Menurutku tidak ada yang harus diperbaiki lagi. Saya beri nilai 10/10 untuk cara mengajar Mr.Bams. Semangat terus pak
belajar bersama mr bams menyenangkan, selain hanya mengajar mr bams juga suka mengobrol dengan murid-murid
Belajar bersama Mr.bams menyenangkan dan selalu asik, saya harap nanti kelas sembilan bisa belajar dengan Mr.Bams lagi dan semoga di pembelajaran berikutnya bisa lebih memfokuskan materi apa yang ada di dalam soal-soal.
Belajar dengan mr bams menyenangkan, sampai saat ini tidak ada yang harus diperbaiki
Belajar dengan mr bams sangat rame dan menghibur.Mr Bams jg membebaskan murid untuk berpendapat dan Mr.Bams selalu sabar pada saat mengajar.Semangat trus untuk ngajar murid murid
Belajar dengan Mr. Bams seru kareng kita sering bercerita dan tanya jawab. Mr. Bams juga menyampaikan pelajaran juga jelas pak
Belajar dengan Mr.Bams seru, banyak mengobrolnya dan kalau sedang penugasan Mr.Bams suka memutar lagu jadi tidak bosan.
belajar sama Mr Bams suka seru, paling seru kalo Mr Bams bikin kelasnya rame. Oiya Pak latihan PAT mending kalo pas sudah di submit di kasi liat mana yang salah sama yang benernya. Nilainya 9/10 👌
belajar sama pak bambang seru, kalo lagi belajar suka bercanda atau pas lagi ngerjain soal suka nyalain lagu. tapi, pak bambang kalo ngajar ngejelasinnya suka agak kecepetan, jadi ke akunya (gatau yang lain) rada bingung gitu. buat penilaian 8,5/10
Cara mengajar Mr Bams menyenangkan tapi menurut saya Mr Bams harus bisa fokus dalam mengajar juga jadi di seimbangkan belajar dan bermain nya hehehe, terimakasih
cara menjelaskan materi nya menarik tidak membosankan kalau belajar tik sih enaknya sambil praktek di ruang tik agar mudah dipahami
Di pembelajaran Mr.Bams tidak terlalu tegang / serius tapi tidak terlalu santai, kalau ada soal yang belum mengerti diberi penjelasan ulang pembelajaran yang canggih/keren menggunakan web , gform dll. 95/100
Hai, Mr. Bams! Saya Athallla. Mr. Bams gimana kabarnya hari ini? Terima kasih ya sudah mengajar kami selama satu tahun ini. Tidak terasa waktu berjalan cepat sekali, rasanya baru kemarin saya mengerjakan latihan persiapan PAT kelas 7 dan memberikan komentar untuk Mr. Bams, eh sekarang (insyallah) sudah mau naik kelas 9. Belajar sama Mr. Bams itu seru banget, dua tahun saya belajar TIK sama Mr. Bams tidak pernah mersa bosan. Saya ingin Mr. Bams tetep suka bercanda dań cerita ya kalau sedang mengajar, karena itu daya tarik Mr. Bams menurut saya hehe. Pokoknya Mr. Bams itu 10000/10!!!
halo mr bams! terimakasih telah mengajar dikelas 8A dengan senang hati. saya senang ketika bertemu dan belajar bersama mr bams karena banyak praktek, games, dan tidak kaku saat mengajar. saya mau memberi saran ketika ada materi baru, saya lebih suka ada materi berbentuk word / powerpoint. jadi materi yang detail tidak hanya disampaikan ketika masuk zoom. karena saya orangnya pelupa dan agak lambat untuk memahami materi yang harus banyak prakteknya ( seperti excel ). karena kadang yang disampaikan guru lebih detail dari yang ada di buku. itu saja selebihnya materi yang disampaikan mr bams sudah baik. sekali lagi terimakasih yaa mr bams sudah mengajarkan materi informatika untuk kelas 8A. sehat selalu untuk mr bams!
halo mr.bams, aku ga belajar sama mr bams, tapi mau nyampein semangat dan sukses terus!
halooo mr bams, kelas aku tidak diajarkan oleh bapak tapi saya sering mendengar cerita dari tmn tmn bahwa pelajaran mr bams sangat asik, semoga nilai saya bagus hehe semangat dan sukses terus mr bamss
Hello Pak, saya Azidya dari 8 Bilingual 1 absen 06. Walaupun saya tidak diajar bapak dalam pelajaran TIK melainkan diajar Pak Didi, saya tetap senang karena bapak telah mengerjakan tugas yang baik sebagai seorang guru. Semoga kedepannya bapak sebagai guru dan saya sebagai murid dapat melaksanakan tugasnya lebih baik lagi aamiin, saya azidya bangga dengan bapak. Semangat terus pak, enjoy semua prosesnya ya, saya yakin bapak bisa.
Kalau bisa gfromnya menampilkan nilai juga jadi bisa dikoreksi beberapa jika ada yang slaha terimakasih paa

Menyenangkan bs req laguuu dan pa bambang friendly
kalo pelajaran tik sama Mr.Bams itu seru karena biasanya belajar nya sambil ngobrol ngobrol terus ada games nya juga dan yang paling unik boleh request lagu hehehhe.Menurut aku bapa cara ngajar nya udah baguss jd ga terlalu tegang gt kalo belajar jd ga terlalu kaku.
Kau hancurkan aku dengan soalmu
Tak sadarkah kau telah menyakitiku
walau soal ini buat belajar
soal ini membunuhku

D’Masiv – Soal TIK

maaf pak saya di saat ini sangat pusing, pak doain semoga pas ulangan lancar pak tolong doain ya pak terimakasih.
Kelas Mr. Bams itu unik dan menyenangkan. Di setiap pelajarannya ada sesuatu yang baru. Penjelasannya juga mudah dimengerti
kesan belajar bersama mr bams yaitu belajar sama bapak itu fun dan mudah dimengerti, mr bams juga menaruh materinya di web pena mr.bams jadi kalau ingin belajar lagi materinya bisa lebih mudah, dan ada banyak pelajaran dari mr bams yang aku dapat. menurutku untuk tahun ajaran depan pak bambang tetap konsisten ajaa, semangat mr bams!
Kesan belajar dengan Mr. Bams sangat seru karena ketika belajar suka diiringi dengan sedikit candaan. Terimakasih pak.
Kesan belajar setahun bersama Mr. Bams yaitu menyenangkan. Yang menarik dari pembelajaran Mr. Bams yaitu cara mengajarnya, karena cara mengajar Mr. Bams itu asik dan mudah dipahami. Ya. Tidak ada. Nilai untuk cara mengajar Mr. Bams di kelas yaitu 8,7
Kesan-kesan saya diajar oleh Pa Bambang selama 1 tahun ini adalah menyenangkan, banyak sekali ilmu yang dibagikan kepada kami murid-murid dari Pa Bambang. Semoga di kelas 9, kami masih diajar oleh Pa Bambang.
Khusus yang belajar bersama Mr. Bams, mohon tuliskan kesan belajar setahun bersama Mr. Bams, apa yang menarik dari pembelajran Mr. Bams? Apakah pelajarannya disampaikan dengan menyenangkan? Adakah yang harus diperbaiki oleh Mr. Bams untuk tahun ajaran depan ? Jelaskan. Berikan nilai untuk cara mengajar Mr. Bams di kelas! Terima kasih
Melahirkan kenangan, makasih banyak Mr. Bams! Setahun ini diajarin TIK yang menyebalkan sama Mr. Bams jadi less-menyebalkan dikit hehehe.
Yang harus diperbaiki sih, saya belum kepikiran pak. Tapi semua ide baru yang bapak dapet semoga bisa dikembangkan menjadi lebih hebat ya pak, sukses terus!! 🙏🏼🕺🏻
Nilainya 98/100 pak!!! 2nya ilang karena saya kurang seneng TIK 🥰
Menarik dan menyenangkan
menghepi , yes , no , 100
Menurut saya hal yang menarik dari pembelajaran Mr.Bams adalah sering ada games sebelum pelajaran, lalu pelajaran yang disampaikan menyenangkan, dan nilai untuk cara mengajar Mr.Bams adalah 10/10. Menurut saya, untuk tidak ada hal yang harus diperbaiki.
Menurut saya pelajaran TIK nya sekarang jadi lebih sulit tetapi gapapa karena kita lagi belajar biar bisa mengerti hal-hal yang sulit itu. Kalau belajar sama Mr. Bams kadang-kadang ada games di awal zoom terus ada refleksi diri nya juga sama kadang-kadang suka cerita-cerita sama murid-murid. Menyenangkan karena sering ada tugas kelompok dan bisa berpendapat buat metode pembelajaran nya. Mungkin ada yang perlu diperbaiki tapi saya masih merasa senang dan baik baik aja belajar nya tidak ada masalah dari Mr. Bams ke murid-muridnya.
rate 8.9/10
Menurut saya, cara belajar bersama Mr. Bams itu sudah termasuk luar biasa karena Mr. Bams itu kalau belajar suka sambil ngelawak jadi tidak tegang dan ngobrolnya juga jadi tidak canggung. Penyampaian materi nya juga sudah oke, tapi mungkin kalau untuk tugas saya lebih suka praktek dan mungkin
kalau ada tugas pengetahuan, tugasnya jadi di quizziz gitu. Selebihnya sih sudah cukup kalau untuk saya.
Menurut saya, yang menarik dari pembelajaran Mr. Bams adalah personal branding Mr. Bams sendiri. Saya tertarik dengan berbagai cara unik yang Mr. Bams lakukan untuk memenuhi kegiatan pembelajaran TIK seperti menyetel musik sebelum pembelajaran, membuat berbagai game sederhana sebelum memulai pembelajaran, cara Mr. Bams mempromosikan skill nya dengan memperkenalkan muridnya dengan blog pribadinya, dan juga berbagai hal-hal positif yang Mr. Bams bagikan kepada muridnya. Pelajarannya pun bisa dibilang telah disampaikan dengan menyenangkan karena rasa bahagia dan energi positif yang selalu dimiliki Mr. Bams itu dapat terpancarkan setiap kali mengajar hingga aura positif nya pun sampai ke murid-muridnya. Saya pun senang karena Mr. Bams senantiasa mengevaluasi dirinya dengan membuat angket semacam ini, lalu Mr. Bams pun suka menerima masukan-masukan dari muridnya dengan baik. Namun, yang kurang dari cara mengajar Mr. Bams adalah terkadang Mr. Bams suka menyuruh muridnya untuk menonton atau mempelajari suatu materi secara mandiri, tapi instruksi yang diberikan kurang jelas sehingga kegiatan belajar secara mandirinya pun tidak terlalu efektif. Jadi, secara keseluruhan, saya akan memberikan nilai 9/10 untuk cara mengajar Mr. Bams di kelas.
Menyenangkan
menyenangkan, karena kita langsung diberi tau tentang soal soal baru yang dihubungkan oleh literasi dan numerasi yang membuat kita menjadi tau tentang soal tersebut saat ulangan sudah dimulai
menyenangkan, tidak mudah bosan, dan tugas tugas nya juga mudah dipahami, seru deh pokoknya klo udh belajar sama mr Bams, apalagi kemarin waktu PTMT, senang sekali bisa bertemu mr Bams langsung di Lab TIK, saat mr Bams menjelaskan pun lebih mudah di mengerti saat tatap muka, dari pada online di zoom., pokoknya the best deh, seneng bgt udh di ajar pa Bambang selama 2 tahun ini, semoga lancar dan sukses terus Mr Bams!!
Mr. Bams itu orangnya humoris tapi tegas. Sehingga pada saat belajar santai tapi serius 😁 😁. Semua pembelajarannya bisa disampaikan dengan baik dan mudah dimengerti.
Mr. Bams kalau ngajar seru, suka nyetel lagu pas belajar di zoom. terus kalau ngajar nggak galak jadi suasana di zoom nya nyaman, nggak bikin keringet dingin gitu pak hehe.
Mr. Bams memiliki sebuah metode pembelajaran dengan metode unik di Taruna Bakti. Metode pembelajaran tidak biasa ini mendorong murid untuk menggunakan berbagai sumber daya yang diberikan oleh teknologi, di saat yang sama memiliki sistem menyimpan materi dan tugas yang terorganisir. Tetapi, yang paling membuat Pak Bambang mencolok adalah persona ramah dan mudah untuk didekati oleh murid-murid menurutku.
Mr. Bams orangnya asik jadi meskipun pelajaran cukup sulit tapi gak ngebosenin
Mr.Bams cara ngajarnya asik jadi waktu belajar ga tegang tegang bgt, iya pelajarannya disampaikan dengan menyenangkan. Sesuatu yang harus diperbaiki itu apa ya gtw sih pokoknya tingkatkan lgi aja cara ngajarnya supaya anak anaknya betah diajarin sm Mr.Bams nilainya dri 1-10 itu 8.9999
Mr.Bams mengajar dengan sangat seru dan menyenangkan. Saya kasih 10/10 buat bapak
Nilainya 10/10 karena Mr.Bams menjelaskan materi dengan baik dan semoga di kelas 9 nanti bisa diajar oleh bapak
Pa Bambang kalau ngajar seru, metode mengajarnya juga beda soalnya biasanya suka pakai web personal sendiri yg tampilannya lebih fresh aja dibanding ngeliat LMS lagi.
pak, soalnya susah dan rumit,terima kasih
Sangat menyenangkan, pelajaran yang disampaikan juga menyenangkan karena belum pernah belajar sebelumnya, menurut saya sudah sangat baik, 10/10
Sangat seru dan kocak
Selama setahun jujur saja seru-seru jugasi belajarnya, cuman saya masih bingung ada beberapa materi yang tidak ada di buku cetak yang ternyata ada di latihan soal PAT, tetapi semoga kedepannya latihan soal yang di gform, hasilnya bisa dikasih tau mana yang benar dan salah, jadi kita bisa lebih mengerti lagi.
semangat sukses terus, tolong doakan nilai PAT saya bagus, makasih pa
Semangat terus Mr Bams, tingkatkan skill mengajarnya agar murid jauh jadi lebih paham lagi dan bisa mempraktikkan. Seneng banget pelajaran sama Mr Bams, yang paling menarik waktu praktik dan belajar di lab tik di sekolah. Banyakin game berunsur materi pelajaran contohnya quiziz dan praktik yaa!
senang
Senang bisa menjadi murid bapa selama 2 tahun ini,menarik karena adanya games sebelum pelajaran yang membuat kita menikmati pembelajaran dari bapa.Terima kasih untuk semua ilmunya pa.
Rate untuk bapa 9/10
Sukses terus pa!!
Doakan kami semua sukses terus ya pa,terima kasih
senang sama pa bambang
SERU BANGET PAK SAMA BAPAK ASLEEEEE, WALAU SEKELAS KEK NGGA ADA YG NGOMONG HAHAHAHHAHAH. 9/10 kalau nilainya 10/10 terlalu op pak jadi 9/10 aja
Seru karena belajarnya tidak sekedar teori.
seru tapi kadang saya suka bingung jika ditanya tanya karena kadang saya suka tiba tiba tidak bisa jawab jika ditanya
seru tapi menurut saya materinya bisa dibuat power point untuk materinya yang penting, atau dibuat secara garis besarnya kayak waktu semester 1, soalnya kadang2 suka pusing di TIK karena materinya lumayan banyak, tapi untuk mengajar mudah dipahami dan seru karena sering bercanda. 9.5/10
Setahun bersama bapa menurut aku seruu. selalu pelajaran bapa tuh ga cuma fokus belajar dengan serius, tapi ada ngobrol2 santai juga/ketawa2 gituu. menurut akuu bapa udah bagus cara ngajar nyaa karna ga terlalu fokus tapi bisa tetep belajar. semangatt terus pakk!
Setahun bersama Mr.Bams seperti cuaca, tidak bisa ditebak, kadang mengejutkan, kadang mengasikan atapun menegangkan. Terkadang saat belajar suasana akan berwarna abu-abu tapi tiba-tiba menjadi cerah. Banyak hal-hal yang menarik belajar dengan Mr.Bams, dalam setiap pembelajarannya selalu ada hal-hal baru agar pembelajaran tidak membosankan seperti game yang berkaitan dengan materi. Mungkin saya ingin memberi saran saat pembelajaran jangan terlalu cepat, karena menurut saya kapasitas otak setiap siswa berbeda, kadang ada yang butuh waktu lama untuk paham, ada yang butuh waktu sebentar untuk paham jadi saran saya santailah dalam mengajar, tenangkan jiwa, mengatur emosi, dan coba agar mood baik selalu muncul. Mungkin itu saran saya, maaf jika ada salah pada bapa. Nilai untuk bapa dari 10/10 mungkin 9.9999/10
Soal yang dibuat terlalu kompleks dan cenderung membingungkan, walaupun bisa melatih siswa, tetapi alangkah baik nya membuat soal yang mudah dimengerti. Selain itu, sebaiknya pada akhir kuis diberikan jawaban yang benar, sehingga bisa di koreksi.
tidak ada yang harus diperbaiki pak, udah bagus kalau belajar dikasih candaan supaya ga ngantuk, 10/10
tidak membosankan karena kadang belajarnya sambil bercanda. Menyenangkan. Dari saya sendiri tidak ada perbaikan untuk mr bams, untuk tahun ajaran depan.
Tugasnya semua di drive jadi enak, tp klo nyari materi agak sulit karena tidak termasuk dalam lms. Rating 9/10
udah bagus soalnya tidak perlu diperbaiki
walaupun saya ga diajar sama bapak, tapi bapak orangnya keren and fun, temen saya dari kelas reguler yang bilang.
ya seru si pakk tapi latihan pat nya banyak amat pak tiga, saya 3L lelah letih lesu
Yang menarik adalah belajar tapi sebelum belajar ada games yang biasanya dikasih linknya dengan Mr.Bams. Pelajarannya menyenangkan. Tidak ada yang harus diperbaiki. Nilai saya untuk Mr.Bams adalah 10/10
Yang menarik dari pembelajaran Mr.Bams itu pembawaan belajarnya suka lebih asik karena semangatnya terus juga kalau zoom lagi mengerjakan tugas kita bisa request lagu-lagu gitu. Tapi yang semester ini aku ngerasa kita belum belajar banyak tentang excel yang fungsi lookup dan tentang sel absolut dll, tapi di latihan PAT isinya kebanyakan tentang itu. Jadi aku agak pusing dan bingung karena selama ini kayak lebih belajar tentang berpikir komputasional dan dampak sosial tik.
yang menarik dari pembelajarn mr Bams itu banyak tugas kelompok (pelajaran lain ada tapi tidak sesering pelajaran TIK).

menyenangkan👍🏻🫶🏻

tidak ada, cara mengajar sudah baik dan cukup mudah untuk dipahami

💯for you
Yang paling menarik itu cara ngajarnya ga ngebosenin, dan menyenangkan. Kalo yang harus di perbaiki bagi aku ga ada karna cukup puas sama pembelajarannya

2 komentar pada “Terima Kasih Muridku, Kalian Menulis Begitu Indah

  • 30/05/2022 pada 4:47 am
    Permalink

    Tulisan yang selalu menginspirasi…
    Pokoknya kereeeen Mr.Bams

    Salam literasi

    Balas
    • 04/06/2022 pada 6:56 am
      Permalink

      Terima kasih Abah yang selalu memberikan semangat. Salam Literasi.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.