Tips Prilaku di Whatsapp

Maraknya grup di whatsapp akhir-akhir semakin memuncak. Apakah ada pengaruh dari wabah pandemi Covid ? Jawabannya jelas ada. Setiap orang saat ini yang menggunakan whatsapp untuk berkomunikasi, dipastikan grup whatsappnya bertambah. Nah, kali ini penulis ingin berbagi pengalaman tentang berinteraksi di whatsapp.

Pertama, saat berkomunikasi di whatsapp sebaiknya para pengguna bisa membayangkan bahwa whatsapp adalah pengganti untuk tatap muka. Sehingga dengan demikian pasti teks harus mewakili prilaku di dunia nyata. Kebiasaan membalas setiap percakapan, khususnya saat menggunakan jalur pribadi, harus dilakukan. Tulisanan maaf, minta tolong dan terima kasih harus tetap digunakan sebagai bentuk komunikasi yang sehat.

Kedua, saat berkomunikasi di grup whatsapp sebaiknya mengetahui dan menjalan aturan dari admin. Saat berada di grup alangkah baiknya mengetahui aturan yang ditetapkan oleh admin. Bila di grup tidak ada aturan, maka etika kebiasaan baik harus tetap digunakan.

Ketiga, sempatkan balas setiap chat di jalur pribadi. Apabila menerima chat dari siapapun sebaiknya dibalas. Pengirim pastinya saat chatnya tidak dibalas, walaupun sudah dibaca.

Keempat, jangan baperan. Saat berkomunikasi dengan teks, pastinya berbeda dengan dunia nyata. Akan tetapi adakalanya teks yang diterima tidak mengenakan. Agar tetap sehat maka sikapi dengan sikap tenang dan positif thinking saat menerima chat baik di jalur pribadi maupun grup. Saat post chat di grup tetapi tidak ada satu pun yang berkomentar tidak usah risau. Berfikir saja yang baik-baik saja.

Kelima, jadi anggota yang peduli dalam grup whatsapp. Kepedulian di dalam grup akan menambah suasana di grup semakin baik. Yang bisa dilakukan maka bantulah.

Tips ini berdasarkan pengalaman penulis yang dirasakan. Semoga bisa menambah kekayaan dalam berprilaku komunikasi di whatsapp.

5 thoughts on “Tips Prilaku di Whatsapp

  • 28/04/2020 pada 4:28 am
    Permalink

    Keren Mr. Bambs, tulisannya bagus2 dan sangat bermanfaat,. semoga selalu dpt menjadi penyemangat kita2 yg sdg belajar menulis. Mhn maaf jika jarang beri comment krn bentuk nya again beda dg blog lain,. setiap kali mau say like atau apa saja yg muncul lain2,.

    Balas
  • 01/06/2020 pada 9:13 pm
    Permalink

    trimakasih, pencerahan yang luar biasa..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *