Tujuan Pembelajaran Informatika Kelas 9 Semester Ganjil SMP Taruna Bakti

Tujuan Pembelajaran Informatika Kelas 9 Semester Ganjil SMP Taruna Bakti
KelasBABMateriEDSemester
91TIK2Setelah mempelajari  bab 1, diharapkan siswa dapat :
  A. Mengenal Fitur Lanjut Browser 1. Menyebutkan fitur lanjut pencari informasi dan
  A.1. Fungsi Browser menjelaskan langkah optimal untuk mencari informasi
  A.2. Fungsi Web Browser 2. Mengenal apa itu CMS, mengenali fitur, dan dapat
  B. Mengenal Fitur Aplikasi CMS mengisikan konten berdasarkan design yang baik
  B.1. Aplikasi CMS 3. Mengorganisasikan suatu cerita dalam konten yang
  B.2. Macam-macam Aplikasi CMS terstruktur
    4. Membuat laporan terpadu yang dihasilkan sesuai
    rubrik penilaian (konten, format, dan tampilan); serta
    5. Mengelola blog sesuai tema yang diberikan dan
    mengategorikan konten agar mudah dicari dan dapat
    dijadikan tema untuk dilaksanakan selama periode
    tertentu (misalya 1 atau setengah semester) yang
    kemudian hasilnya dijadikan pameran serta menentukan
    blog paling menarik sehingga bisa mendapatkan reward
    dari guru
     
92Teknik Komputer3Setelah mempelajari  bab 2, diharapkan siswa dapat :
  A. Pengertian Fungsi dan Komponen Sistem Komputer 1. Menyebutkan komponen-komponen komputer dan OS serta fungsi/perannya
  A.1. Pengertian Sistem Komputer 2. Menjelaskan fungsi dan mekanisme di dalam suatu
  A.2. Fungsi Sistem Komputer sistem bilangan
  A.3. Komponen Sistem Komputer 3. Menjelaskan jenis-jenis memori, cara kerjanya,
  B. Sistem Bilangan, Gerbang Logika dan ALU ukurannya, serta kelebihan dan kekuranganya
  B.1. Sistem Bilangan 4. Mengetahui memori yang tersedia di pasaran dan
  B.2. Gerbang Logika mampu memilih yang optimal dari spesifikasi memori
  B.3. Unit Aritmatika dan Logika (ALU) 5. Menjelaskan jenis-jenis processor, cara kerjanya,
  C. Perangkat Keras Sistem Komputer kecepatan kerjanya, kelebihan dan kekurangannya
  C.1. Perangkat Keras Input, Proses, dan Output 6. Mengetahui processor yang tersedia di pasaran serta

 mampu memilih yang optimal dari spesifikasi memori

  C.2. Perangkat Keras Penyimpanan  
  C.3. Perangkat Keras Internet of Things  
     
93Analisis dan Pengolahan Data5Setelah mempelajari  bab 3, diharapkan siswa dapat :
  A. Analisis Data 1. mengetahui dan memahami tentang analisis dan
  B. Pengolah Data Digital pengolah data
  B.1. Fitur Aplikasi Pengolah Data 2. Mengetahui jenis analisis data dan pengolahan data
  B.2. Pengolah Data Angka Digital
  B.3. Model Komputasi Umum 3. Melakukan pengolahan data dan menganalisis data
    dengan teori dan praktik
    4. Mempraktikkan penggunaan analisis data dengan
    PivotTable dan penggunaan program macro pada
    pengolahan angka
    5. Merancang dan menyajikan algoritma yang berkaitan
    dengan kehidupan sehari-hari dan praktik penggunaan
    Visual Basic for Application pada Microsoft Excel untuk
    pembuatan User-Form
     
94Algortima dan Pemrograman6Setelah mempelajari  bab 4, diharapkan siswa dapat :
  A. Mengenal Lanjut Algoritma 1. Mengamati prosedur dan fungsi dalam subprogam
  A.1. Pengertian Algortima 2. Mengamati algoritma sederhana dalam kehidupan
  A.2. Contoh Algoritma dalam Kehidupan Sehari-hari sehari-hari
  A.3. Perbedaan Algoritma dan Program 3. Membuat algoritma sederhana
  B. Mengenal Sub Program 4. Membuat program kalkulator
  B.1. Produser  
  B.2. Fungsi  
     
95Dampak Sosial TIK7Setelah mempelajari  bab 5, diharapkan siswa dapat :
  A. Peranan TIK 1. Mengetahui dan memahami tentang peranan TIK
  A.1. Perkembangan dan Dampak Positif TIK 2. Mengetahui perkembangan dan dampak positif TIK
  A.2. Dampak Negatif TIK 3. Mengetahui dampak negatif TIK
  B. Era Revolusi Industri 4.0 4. Mengetahui dan memahami tentang revolusi
  B.1. Strategi Menghadapi Revolusi Industri 4.0 industri 4.0
  B.2. Keterampilan di Era Revolusi Industri 4.0 5. Mengetahui strategi dan menetahui keterampilan
  B.3. Membuat Coding Sederhana yang dibutuhkan di era revolusi industri 4.0
    6. Memahami dan mampu membuat coding sederhana
     
98Privasi Data5Setelah mempelajari  bab 8, diharapkan siswa dapat :
  A. Mengenal Priivasi Data 1. Menyebutkan penengertian perlindungan data pribadi
  A.1. Sejarah Perlindungan Privasi Data 2. Mengenal apa itu data
  A.2. Pengertian Privasi Data 3. Menjelaskan regulasi data pribadi di Indonesia
  B. Regulasi Privasi Data di Indonesia 4. Menjelaskan regulasi perlindungan data pribadi
  B.1. Jaminan Konstitusi Perlindungan Data Pribadi Indonesia
  B.2. Jaminan Perlindungan Data Pribadi Peraturan 5. Mempraktikkan cara men-setting privasi di media
  Perundangan-Undangan Sosial
  B.3. Perkembangan Instrumen Hukum dalam Melindungi  
  Data Pribadi di Indonesia  
  C. Privasi Data di Internet  
  C.1. Jenis Pelanggaran Privasi Data di Internet  
  C.2. Melindungi Data Pribadi di Internet  
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *