Kelas | BAB | Materi | ED | Semester |
9 | 6 | Pemikiran Komputasional | 1 | Setelah mempelajari bab 6, diharapkan siswa dapat : |
A. Persoalan Komputasi | 1. Mampu memahami persoalan komputasi dan automasi | |||
B. Soal-soal Problem Solving | yang lebih kompleks | |||
C. Penggunaan Pemikiran Komputasi Dalam Kehidupan | 2. Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi dan automasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritma | |||
Sehari-hari | yang lebih kompleks | |||
3. Mampu menerapkan penggunaan berpikir komputasi | ||||
dalam kehidupan sehari-hari | ||||
9 | 7 | Praktik Komputer Lintas Bidang | 8 | Setelah mempelajari bab 7, diharapkan siswa dapat : |
A. Proyek Pengolah Kata | 1. Membuat formulir digital dengan program pengolah kata | |||
A.1. Persiapan Mengaktifkan Panel Developer | 2. Mengetahui dan memahami rumus VLOOKUP dalam program pengolah angka untuk menghasilkan sebuah | |||
A.2. Membuat Formulir | aplikasi kamus sederhana | |||
A.3. Menggunakan Menu Developer | 3. Mempraktikkan cara membuat Kamus Sederhana | |||
B. Proyek Konten Pengolah Angka | Indonesia – Korea | |||
B.1. Persiapan | 4. Mempraktikkan cara membuat proyek konten online | |||
B.2. Pembuatan Tampilan Aplikasi Rumus | untuk bergabung dalam google classroom dan mengikuti | |||
B.3. Penulisan Fungsi Vlookup | pembelajaran online | |||
B.4. Menyembukan Kosakata Kamus | ||||
B.5. Uji Coba Aplikasi Rumus | ||||
C. Proyek Konten Online | ||||
C.1. Mengenal Google Classroom | ||||
C.2. Manfaat dan Fitur Google Classroom | ||||
C.3. Keunggulan Google Classroom | ||||
C.4. Cara Menggunakan atau Bergabung ke Google Classroom | ||||
C.5. Mengakses Google Classroom dengan Smartphone | ||||
Pos Selanjutnya: Komunitas Belajar ROBUSTA – Pertemuan ke-1