Tulisan Sebelum Tidur #17

Hari yang Luar Biasa

Pagi kali ini saya merasa semangat sekali. Seperti biasa setelah sholat shubuh kami bersahutan dengan membaca Al Quran. Berbeda ruangan, akan tetapi tidak saling terganggu. Kebisaan kami yang tetap dipertahankan sampai saat ini. Bacalah Al Quran sebagai bacaan pertama untuk mengawali kehidupan ini.

PAT terakhirlah yang membuat saya sangat semangat. Rasanya bisa terbebas sejenak dari rutinitas untuk menyiapkan daring. Setiap hari sejak tanggal 16 Maret 2020 hingga 10 Juni 2020, menyiapkan daring melalui web dan blog. Tapi itulah tantangan bagi yang bisa diberikan kepercayaan oleh sekolah.

Tugas yang tak kalah seru, adalah memeriksa blog peserta Kelas Blog Pemula Angkatan ke 4. Sembilan belas peserta semua lulus semua. Kebahagiaan bertambah manakala melihat blog alumni Kelas Blog Pemula Angkatan 2, blognya keren banget. Ibu Dinik Eksi Ramaniar, S.Sn guru dari SMAN 3 Bantul Yogyakarta dengan alamat blog https://senibudayasmaga.wordpress.com/

Motivasi bertambah manakala menyimak kelas menulis bareng Omjay. Materi yang disampaikan Guru Agung, bagi saya luar bisa. Melihat tampilan CV yang hanya selembar, kemudian membacanya sungguh luar biasa. Kesimpulan Guru Agung, sebagai berikut :

  1. Saya pribadi merasa bahwa merangkai kata dalam bentuk tulisan ini bukan pekerjaan mudah. Kita mesti bersabar. Kalau mau lancar harus banyak membaca dulu.
  2. Cobalah menulis dengan apa yang sering kita pikirkan, kita lakukan, dan yang sering kita katakan. Buat mencari ide, butuh teman diskusi, butuh temen nongkrong setia, butuh komunitas.
  3. Menulis ini melatih ketajaman pikiran dan memperhalus budi pekerti. Maka menulislah, maka engkau “ada”.

Kebahagiaan bertambah saat bisa membuat tulisan tentang Kelas Blog di Majalah Geliat Gemilang. Pada tulisan yang saya buat sekaligus dimunculkan data peserta dengan nama lengkap, kota, provinsi dan nama blognya.

Satu lagi adalah saat bisa membuat rekap pemilik blog, baik yang menggunakan blogspot, wordpress maupun webblog/website. Saya simpan datanya di www.penamrbams.id .

Begitu padatnya hari ini, sampai-sampai dari pagi niat untuk membaca opini dan tajuk rencana di Koran PR belum terlaksana. Padahal judulnya menarik, tajuk rencana berjudul “Bukan Sekedar Menerima Siswa Baru”. Dua opini dari dua guru besar. Pertama berjudul “Ke Titik (Nol) Baru” penulis Ibu Elly Malihah, Guru Besar Sosiologi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Kedua berjudul “Rasialisme da Pendidikan Kedamaian” penulis Bapak Cecep Darmawan, Guru Besar Ilmu Politik dan Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan Publik Inovasi Pendidikan Perdamaian LPPM UPI. Semoga sebelum tidur bisa membacanya.

16 thoughts on “Tulisan Sebelum Tidur #17

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *