Tulisan Sebelum Tidur #31

Hari ini menjadi hari yang bertambah bahagia, hasil perjuangan dari UKG hingga PPG dan lulus terbayar hari ini. Rasa lelah, letih perjuangan test UKG, PPG daring, PPL dan tes akhir PPG kini bisa dinikmati. Bahkan saya saat pengumuman dinyatakan tidak lulus dan saya pun harus mengikuti ujian kembali di bulan Januari 2019. Perjalanan panjang ini dibalas dengan tugas sebagai pembaca sumpah Guru Profesional saat Wisuda PPG UPI untuk yang beragama Islam di depan Rektor UPI.

Tiba-tiba chat dari rekan kerja terbaca bahwa hari ini pencairan dana tunjangan sertifikasi cari untuk 3 bulan. Sesungguhnya profesionalisme bagi saya pribadi tidak ada patokan berupa rupiah, karena setiap orang bisa berbeda memaknai mata uang. Profesionalisme akan terlihat dari apa yang bisa diberikan bukan dari seberapa besar yang diterima. Sudah satu bulan ini saya menambah langganan koran Tribun Jabar sebagai realisasi dari cairnya sertifikasi.

Kelas blog yang dikelola mulai dari Kelas Blog Pemula yang sudah terlaksana selama 5 angkatan dan sedang berjalan 2 angkatan untuk kelas blog lanjutan. Minggu depan menyusul 2 angkatan Kelas Blog SMP dan SMA. Minggu ke 2 bulan Juli akan terlaksana 2 kelas blog pemula dan Kelas Blog Papua. Kelas Blog Papua merupakan hasil dari kesungguhan Bu Santi yang berhasil mengajark guru-guru di Papua untuk belajar blog wordpress.

Kepercayaan yang diberikan merupakan amanah untuk bisa tetap menjaga profesi sebagai guru. Guru tidak hanya hadir di kelas akan tetapi bisa hadir dimana saja, termasuk di dunia maya.

28 thoughts on “Tulisan Sebelum Tidur #31

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *