Hardiknas di Idulfitri

Hari Senin tanggal 2 Mei 2022 bertepatan dengan tanggal 1 Syawal 1443 H. Pada hari ini ada dua hari penting bagi bangsa Indonesia dan khususnya bagi umat Islam. Idulfitri bersamaan dengan Hari Pendidikan Nasional. Tentunya kemeriahan Idulfitri sangat terasa bagi bangsa Indonesia.

Memaknai Idulfitri yang bersamaan dengan Hardiknas tidak mengurangi makna dari pesan penting Hardiknas.

Pada tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Penentuan tanggal tersebu diambil dari kelahiran Ki Hajar Dewantara. Beliau merupakan seorang tokoh pelopor pendidikan di Indonesia. Ki Hajar Dewantara juga merupakan pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional.

Bila dihubungkan antara Idulfitri dan Hardiknas tentunya memiliki makna yang sangat mendalam. Bagi saya seorang guru yang mengabdi untuk bidang pendidikan, Idulfitri merupakan sebuah perayaan dari sebuah hasil perjuangan.

Bulan Ramadan merupakan bulan pelatihan dimana setiap kaum muslim dilatih secara fisik, mental dan spiritual. Puasa merupakan ibadah yang langsung dengan Allah. Puasa membuat kaum muslim dilatih kejujuran. Saat puasa bila melihat makanan disiang hari, tidak berani untuk memakannya. Perasaan dilihat oleh Allah adalah bentuk dari keimanan. Puasa melatih keimanan yang terus bertambah.

Guru-guru yang terlatih di bulan Ramadan dengan berbagai aktivitas ibadah yang teratur membuat kompetensi spiritual yang meningkat. Sehingga saat Idulfitri kini kembali melahirkan guru-guru yang siap penuh kasih sayang untuk mengantarkan murid-muridnya mencapai kesuksesan. Kesuksesan dalam menjalani kehidupan di dunia dan akherat.

Dua hari besar yang bersamaan ini, Idulfitri dan Hardiknas menjadi pengingat kepada semua dunia pendidikan untuk menjadikan momentum ini sebagai perbaikan diri untuk melahirkan generasi yang lebih baik. Generasi yang berketuhanan dan generasi yang memiliki rasa takut kepada sang pencipta. Generasi yang mampu memanfaatkan momentum apapun untuk kebaikan.

Lebakwangi Asri,
2 Mei 2022 – 1 Syawal 1443 H
Pukul 18.55 WIB
Mr. Bams
penamrbams.id

4 komentar pada “Hardiknas di Idulfitri

    • 03/05/2022 pada 5:23 pm
      Permalink

      Mohon maaf lahir dan batin mr Bams.
      Paparan yang mr Bams tulis memantik semangat untuk terus berjuang dalam perubahan sistem pendidikan sekaligus semangat menebar semangat iman dan islam

      Balas
      • 04/05/2022 pada 5:32 am
        Permalink

        Terima kasih

        Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.