Hari Kebangkitan Nasional dengan Program Literasi Digital Nasional

Presiden Republik Indonesia, Jokowi kemarin Kamis (20/5) meluncurkan program Literasi Digital Nasional. Indonesia Makin Cakap Digital itulah slogan yang akan terus digelorakan. Kewajiban kita semua adalah dengan membanjiri konten positif lawan konten negatif. Perbanyak konten kreatif yang menyejukan untuk menyerukan perdamaian. Internet harus mampu meningkatkan produktivitas masyarakat sehingga meningkatkan nilai ekonomi. Literasi digital ini merupakan kerja besar yang dilakukan tidak hanya oleh pemerintah. Pemerintah memerlukan dukungan dari seluruh komponen bangsa. Semakin banyak yang melek digital, pemerintah memberikan apresiasi kepada 110 lembaga dan berbagai komunitas yang terlibat dalam Program Literasi Digital Nasional. Harapan Presiden gerakan ini terus menggelinding dan terus membesar agar makin cakap memanfaatkan literasi digital. Manfaatkan internet ini sebagai kegiatan edukatif dan produktif.

Menteri Pendidikan menyampaikan dalam sambutannya bahwa penggunaan teknologi sangat membantu. Saat pandemi yang kita alami anak-anak tetap mendapatkan pendidikan dari sekolah. Walaupun tatap muka tak bisa menggantikan dengan pola pembelajaran jarak jauh, akan tetap teknologi mampu mengakselerasi transformasi pendidikan dan mendorong lompatan-lompatan kemajuan. Semua bisa digunakan dengan satu syarat yaitu teknologi harus dimanfaatkan tepat secara sasaran dan cakap. Tepat sasasarn berarti bisa secara langsung mengatasi tantangan dalam sistem pendidikan. Manfaatkan teknologi untuk menungjang pekerjaan-pekerjaan administrasi secara efektif di sekolah, sehingga guru dan kepala sekolah akan fokus untuk memenuhi kebutuhan pelajar. Kecakapan digital tidak hanya berkaitan dengan kemampuan akan tetapi cerdas dan bijak menggunakan gawai. Perlu pendekatan stategis agar bisa menangkal hal-hal yang tidak  baik.

Menteri Komunikasi dan Informatika  Johnny G. Plate menyampaikan 4 pilar utama literasi digital, yaitu: Etis Bermedia Digital; Aman Bermedia Digital; Cakap Bermedia Digital; dan Budaya Bermedia Digital. Masyarakat diharapakan bisa melaksanakan 4 pilar utama literasi digital. Pemerintah akan semakin serius dalam akselerasi dalam pengembangan sumber daya manusia digital. Semoga hari Kebangkitan Nasional kali ini menjadi Kebangkitan Era Digital Nasional Indonesia. (Mr. Bams)

3 thoughts on “Hari Kebangkitan Nasional dengan Program Literasi Digital Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *