Lokakarya 4 Coaching

Lokakarya 4 Coaching

Dilaksanakan di SMPN 43 Bandung.

TUJUAN

  1. Peserta mampu melakukan coaching
  2. Peserta mampu mengidentifkasi kekuatan
  3. Peserta mampu melakukan rangkaian supervisi

REVIEW SINGKAT MATERI

Coaching : potensi diri. menggali potensi. terbangun kemitraan
Mentoring : pengalaman coach. membimbing , berbagi pengalaman
Konseling : pendampingan , memecahkan masalah

Prinsip dasar dari Coaching

  1. Kemitraan : setara
  2. Proses Kreatif : membuat pertanyaan dan jawaban. percakapan dua arah yang memicu proses berpikir
  3. Memaksimalkan potensi : memaksimalkan potensi yang ada di coachee

Apa alur percakapan coaching yang kita pelajari . Alur TIRTA.

TujuanTahap awal, dimana kedua belah pihak menyepakati tujuan pembelajaran
IdentifikasiTahap dimana coach menggali dan memecahkan situasi yang sedang dibicarakan dan menghubungkan fakta-fakta saat sesi
Rencana AksiTahap pengembangan ide atau alternatif
TanggungjawabTahapan membuat komitmen akan hasil yang dicapai dan untuk menentukan langkah selanjutnya.

Kegiatan dalam rangkaian Supervisi Akademik

Pra ObservasiPercakapan yang membangun hubungan atara guru dan supervisor sebagai mitra dalam pengambangan supervisi akademik
ObservasiAdalah aktivitas kunjungan kelas yang dilakukan oleh supervisor
Pasca ObservasiPercakapan supervisor dan guru terkait hasil data observasi, menganalisa data, umpan balik dan recana pengembangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *