Dilaksanakan di SMPN 43 Bandung.
TUJUAN
- Peserta mampu melakukan coaching
- Peserta mampu mengidentifkasi kekuatan
- Peserta mampu melakukan rangkaian supervisi
REVIEW SINGKAT MATERI
Coaching : potensi diri. menggali potensi. terbangun kemitraan
Mentoring : pengalaman coach. membimbing , berbagi pengalaman
Konseling : pendampingan , memecahkan masalah
Prinsip dasar dari Coaching
- Kemitraan : setara
- Proses Kreatif : membuat pertanyaan dan jawaban. percakapan dua arah yang memicu proses berpikir
- Memaksimalkan potensi : memaksimalkan potensi yang ada di coachee
Apa alur percakapan coaching yang kita pelajari . Alur TIRTA.
Tujuan | Tahap awal, dimana kedua belah pihak menyepakati tujuan pembelajaran |
Identifikasi | Tahap dimana coach menggali dan memecahkan situasi yang sedang dibicarakan dan menghubungkan fakta-fakta saat sesi |
Rencana Aksi | Tahap pengembangan ide atau alternatif |
Tanggungjawab | Tahapan membuat komitmen akan hasil yang dicapai dan untuk menentukan langkah selanjutnya. |
Kegiatan dalam rangkaian Supervisi Akademik
Pra Observasi | Percakapan yang membangun hubungan atara guru dan supervisor sebagai mitra dalam pengambangan supervisi akademik |
Observasi | Adalah aktivitas kunjungan kelas yang dilakukan oleh supervisor |
Pasca Observasi | Percakapan supervisor dan guru terkait hasil data observasi, menganalisa data, umpan balik dan recana pengembangan. |