Mengajar Online, Siapa Takut ?

Wabah Covid 19 yang mewabah di Indonesia bahkan hampir seluruh negara dunia menjadi tantangan untuk para guru di Indonesia. Guru yang biasa mengajar di kelas, harus memutar otaknya agar tugas yang mulia mencerdaskan generasi bangsa ini tetap berlangsung. Bingung ? Pasti ada yang bingung, harus seperti apa.

Tidak usah takut. Pikirkan sejenak bagaimana kita berkomunikasi dengan peserta didik ? Gawai yang ada ditangan kita bisa dijadikan alat untuk tetap melaksanakan tugas mulia ini. Bagaimana selama ini berkomunikasi, ada yang menggunakan whatsapp, line dan hang lainnya. Nah, ini saja dkmanfaatkan untuk berkomunikasi, menjadikan ruang grup whatsapp sebagai kelas online. Tak usah khawatir dengan penilaian bahwa yang kita lakukan belum memenuhi standar pembelajaran jarak jauh atau daring. Lakukan saja !

Grup Whatsapp
Kirim file materi dengan aplikasi yang bisa dibuka oleh peserta didik. Bisa pengolah kata, presentasi, video atau suara. Berikan kesempatan peserta didik untuk mempelajarinya dan lakukanlah diskusi.

Website, Blog dan Google Form
Blog yang kita kelola itu bisa dijadikan tempat bagi guru untuk menyimpan materi dan tugas. Guru menata blognya sehingga peserta didik sangat mudah untuk melaksanakan pembelajaran. Materi dan tugas bisa diakses di blog yang sudah disiapkan. Tugas dikerjakan di google form. Nah bagaimana mereka berkomunikasi ? Tetap gunakan whatsapp. Bahkan di sekolah kami SMP Taruna Bakti peserta didik membuka website resmi kami www.smp.tarunabakti.sch.id. Peserta didik bisa klik sesuai hari dan kelasnya untuk melaksanakan pembelajaran.

Guru tak harus mati gaya, tapi tetaplah mau mengoptimalkan apa yang kita bisa. Belajar terus agar bisa melayani peserta didik dengan kekinian. Mustahil bila guru tak berani naik kelas untuk terus belajar menguasai teknologi. Semoga guru selalu diberikan kemampuan rasa tahu yang lebih dari peserta didik. Terima kasih Corona, kami jadi berpikir untuk bisa lebih baik. Cerdaslah generasi bangsa Indonesia, kami guru menemani kalian untuk lebih siap menjalani hidup ini.

Satu tanggapan untuk “Mengajar Online, Siapa Takut ?

  • 02/04/2020 pada 8:10 am
    Permalink

    Terima kasih mr Bams, senang bisa mendapatkan sahabat baru yang produktif dan selalu ingin berbagi praktek terbaik

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *