Mengenal Guru Merdeka Belajar

Istilah merdeka belajar saat ini begitu sering terdengar. Apakah selama ini belajar itu tidak merdeka? Apakah selama ini cara mengajar dan medidik guru banyak kekurangannya? Banyak pertanyaan yang membuat istilah merdeka belajar ini menjadi muncul kepermukaan. Nah, bagaimana guru Merdeka Belajar menurut Kemdikbud, inilah penjelasan dari laman https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id.

Apa tujuan program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar?

Tujuan Umum
Mengacu pada model kompetensi guru, program Guru Merdeka Belajar akan meningkatkan kompetensi.

  1. Menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri secara mandiri
    • Melakukan refleksi terhadap praktik pembelajaran dan pendidikan.
    • Menemukan aspek kekuatan dan kelemahan sebagai guru.
    • Menetapkan tujuan dan rencana pengembangan diri.
    • Menentukan cara dan beradaptasi dalam melakukan pengembangan diri.
  2. Berpartisipasi aktif dalam jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier
    • Mengikuti secara aktif berbagai kegiatan jejaring dan organisasi profesi.
    • Melakukan eksplorasi berbagai pengalaman belajar dari kegiatan jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier.
    • Menghasilkan karya dan/atau memberikan layanan yang bermakna dari kegiatan jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier.

Tujuan Khusus

  1. Mengenali miskonsepsi pendidikan sehingga peserta bisa berkembang menjadi Guru Merdeka Belajar yang menjadi penggerak perubahan pembelajaran.
  2. Mengenali konsep pengembangan diri Guru Merdeka Belajar sehingga bisa melejitkan karier dan sekaligus berkontribusi terhadap pendidikan.

Semoga setelah mengenal tujuan dari Guru Merdeka Belajar, guru akan semakin tertantang untuk mencapai tujuan khusus dan umum diatas. Bagaimana guru bisa berkembang menjadi Guru Merdeka Belajar yang menjadi penggerak perubahan pembelajaran?

Penulis merasakan salah satu kekuatan yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kemampuan membaca juga menulis. Perubahan dan perkembangan pendidikan di Indonesia harus disikapi dengan sikap antusias. Keluhan setiap ganti menteri pasti akan ganti kurikululum bukan menjadi pematah semangat untuk tetap tampi menjadi guru yang prima. Belajar sepanjang hayat menjadi penyemangat bahwa guru tetaplah seorang manusia yang bisa belajar dan terus belajar.

Membaca berbagai artikel untuk memberikan pemahaman kepada perkembangan pendidikan saat di Indonesia akan memberikan pemahaman yang terus berkembang. Ketidak puasan atas hal yang sudah dilakukan sebagai guru bisa menjadi guru yang siap untuk terus mengembangkan diri sehingga terjadi perubahan pembelajaran.

Mengikat sebuah bacaan dengan tulisan ini menjadi cara untuk bisa lebih paham dalam menyerap informasi yang didapat. Menyimpan tulisan di medaia yang bisa menyimpan tulisan seperti blog atau website menjadi cara untuk berkontribusi dalam bidang pendidikan.

Ruang kelas yang menjadi tempat paling indah bagi guru dan murid akan menjadi sebuah tempat yang luar biasa untuk sama-sama berkembang. Belajar bersama dengan menciptakan suasana pembelajaran yang sama-sama diinginkan oleh guru dan murid menjadi tantangan sendiri. Guru hadir di dalam kelas tak sebatas menuntaskan tugas semata. Murid pun demikian mereka hadir tidak hanya mengejar presensi saja. Inilah suasana yang bisa terus dibangun antara guru dan murid.

Penulis mencoba mempraktekan membuat suasana yang berbeda di dalam kelas. Mengajak mereka sebagai perancang bersama untuk sebuah proses pembelajaran, ternyata cara berpikir murid menjadi lebih terbuka. Melibatkan murid ternyata mengasikan. Memberikan pengalaman yang berbeda semoga menjadi cara beralaj yang lebih bermakna. Hasil praktek bisa dilihat di https://penamrbams.id/asiknya-membuat-rencana-pembelajaran-bersama-murid-kelas-8f-smp-taruna-bakti/ dan https://penamrbams.id/merangcang-rencana-pembelajaran-bersama-kelas-9f-dan-9g-smp-taruna-bakti/ Tetap semangat untuk menjadi guru yang mau belajar, berkarya, berbadi dan berbakti. (Mr. Bams)

Sumber :

https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-guru-merdeka-belajar/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.