Merangsang Kemampuan Menulis dengan Berlanganan Koran

Aktifitas guru tak akan bisa dipisahkan dari kegiatan membaca. Guru memang harus selalu menyirami hati dan pikiran dengan asupan yang bergizi. Asupan bergizi berupa bahan bacaan. Sumber bacaan bisa dari buku, majalah, koran serta yang lainnya baik bentuknya fisik atau digital.

Era kekinian, rasanya kurang lengkap bila seorang guru tidak terus memperbaharui informasi yang ada. Penguasaan informasi dalam kekinian membuat hati dan pikiran tidaklah kering. Inilah yang membuat jiwa akan terasa segar dan bisa menularkan kepada peserta didik.

Adanya internet, saat ini semuanya dimudahkan. Termasuk bahan bacaan, sekarang lebih mudah dan gratis bisa diakses di internet.

Guru yang telah bersertifikasi mendapatkan tambahan penghasilan. Dimana penghasilan tambahan tersebut bisa digunakan untuk mendukung kegiatan yang diperlukan dalam upaya peningkatan kualitas diri. Salah satunya adalah berlangganan koran.

Ajakan ini sebagai upaya berbagi semangat. Saat kita mendapatkan uang tambahan, maka kita berbagi dengan pedagang koran. Pedagang koran saat ini pelangganannya terus berkurang. Memang perkembangan TIK itu menjadikan semuanya mudah, untuk membaca koran maka tinggal buka internet. Bahkan di internet berita updatenya bisa per detik, beda dengan koran.

Saya berlangganan koran PR sejak tahun 2011 saat mendirikan taman bacaan, sampai sekarang tetap berlangganan. Bahkan tidaklah hanya koran PR tetapi dengan Majalah Bobo. Manfaat berlangganan koran bagi seorang guru, kita bisa membaca yang berhubungan dengan guru.

Membaca menurut Mr.Tampubalon (1987) halaman 6, adalah bahasa tulisan adalah suatu ide-ide/ pemikiran, sehingga dalam pemahaman dialek sebuah tulisan dengan metode membaca sebuagai sebuah proses penalaran. Sementara menurut Bonomo (1973) Membaca merupakan suatu cara untuk memahami sebuah arti dan maknanya yang ada dalam bahasa tertulisnya.

Bagi guru yang senang menulis aktifitas membaca itu sangat penting. Membaca opini, artikel, cerpen atau karya yang lain itu membuat diri mendapatkan asupan yang bergizi. Berlangganan koran tidak hanya butuh dengan materi atau isi beritanya ada yang jauh lebih mulia, yaitu berbagi semangat dengan pedagang korannya.

Selamat berkahir pekan, semoga akhir pekan ini tetap semangat menghadapi kondisi yang ada. Tetap berkarya untuk negeri tercinta, Indonesia.

20 thoughts on “Merangsang Kemampuan Menulis dengan Berlanganan Koran

    • 30/05/2020 pada 10:19 am
      Permalink

      Benar sekali guru harus lebih banyak membaca melahap bacaan apa saja ttg ilmu pengetahuan untuk menunjang karir dan bacaan yg lainnya untuk menmbah wawasan .
      Terima kasih Mr atas postingannya yg membuat saya semakin semangt membaca .

      Balas
  • 30/05/2020 pada 9:21 am
    Permalink

    Setiap tulisan Mr. Bams selalu menarik,.lengkap, inspiratif. Salut sudah biasa menulis setiap hari.

    Balas
    • 30/05/2020 pada 10:17 am
      Permalink

      Sarapan pagi guru adalah bacaan pagi untuk menambah gizi dan nutrisi pengetahuan. Siiip Mr.BamS…semangat untuk menjadi yang terbaik

      Balas
      • 30/05/2020 pada 11:51 am
        Permalink

        Wahh,semakin hebat tulisanya Mister Bams,sukses selalu.

        Balas
  • 30/05/2020 pada 10:15 am
    Permalink

    Sarapan pagi guru adalah bacaan pagi untuk menambah gizi dan nutrisi pengetahuan. Siiip Mr.BamS…semangat untuk menjadi yang terbaik

    Balas
  • 30/05/2020 pada 10:54 am
    Permalink

    Berlangganan koran berati kita mengasah diri dengan lingkungan agar kita mudah menghadapi situasi dan leboh peka situasi yang ada

    Balas
  • 30/05/2020 pada 7:28 pm
    Permalink

    Langganan koran. Dapat informasi, dapat ilmu sekaligaus bisa bantu abang koran tetap exis. Kereenn Mr…๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป

    Balas
  • 30/05/2020 pada 7:32 pm
    Permalink

    Beli koran dapat 3 keuntungan sekaligus. Dapat informasi, Dapat ilmu, dapat pahala krn membantu abang nya. ๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป

    Balas
  • Pingback: Pulang Kampung | ISAR DAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *