Merawat, Menjaga dan Mengamalkan Pancasila

Merawat, Menjaga dan Mengamalkan Pancasila

Hari ini menjadi hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Tanggal 1 Juni diperingati Hari Lahir Pancasila. Tahun 1964 Soekarno menuntut diadakan acara peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni. Pada tahun 1966 ini terakhir kalinya Presiden Soekarno memperingati Hari Lahir Pancasila.

Tahun 1966 pada tanggal 17 September, rezim Orde Baru menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila dalam rangka memperingati keberhasilan Soeharto menggalkan kudeta 1965.

Tahun 1970 melalui Komando Operasi Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Kopkamtib), Soeharto melarang peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni mulai tahun 1970.

Sejak tahun 2016 melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, Presiden Joko Widodo resmi menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan sebagai Hari Libur Nasional.

Perjalanan panjang untuk Pancasila dalam rangkaian sejarah yang luar biasa. Tugas kita semua untuk tetap menjadikan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Memang tidaklah mudah mengamalkannya, bahkan kadang ada yang lupa bila diminta mengucapkannya. Maka setiap upacara kenegaraan ataupun di sekolah saat upacara, pembacaan Pancasila tetap menggunakan teks.

Keberagaman bangsa kita yang saat ini diramaikan dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat bisa menjadi media pemersatu bangsa. Dasar Negara bangsa Indonesia sudah sangat keren mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa menunjukkan bangsa kita yang meyakini agama yang mengatur kehidupan agar bisa menjalankan kehidupan yang baik sesuai agamanya masing-masing.

Sila kedua Kemanusian yang adil dan beradab, ini sebuah harapan yang harus menjadi kenyataan bahwa sepanjang zaman bangsa kita harus mencetak manusia yang menjunjung keadilan serta punya adab yang luar biasa. Begitu pun sila ketiga, keempat dan kelima.

Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila tidak hanya diramaikan oleh foto-foto saja akan tetapi lebih dari itu semua. Setiap orang punya cara tersendiri bagaimana memaknai sebuah hari besar bagi bangsa Indonesia.

Lebakwangi Asri, 1 Juni 2021
Mr. Bams
penamrbams.id

One thought on “Merawat, Menjaga dan Mengamalkan Pancasila

  • 01/06/2021 pada 9:24 am
    Permalink

    Selamat hari lahir Pancasila. Saya terguga sebenarnya dengan semangat ingin menuliskan segala sesuatu yang berkaitan dengan banyak hal yg perlu dilahirkan sebagai ide-ide baru tentang dasar yang kuat demi membangun, membimbing anak bangsa, melahirkan geberasi penerys bangsa yang tangguh.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *