Pelantikan Koordinator Informasi Sapa Warga Jawa Barat

Hari ini Jumat, tanggal 5 Maret 2021 dilaksanakan pelantikan Koordinator Informasi Sapa Warga Jawa Barat. Pelantikan langsung dilakukan oleh Kepala Diskominfo Jawa Barat

Partisipasi masyarakat merupakan salah satu kunci utama keberhasilan dalam pembangunan suatu daerah. Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat khususnya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengupayakan untuk selalu membangun ruang partisipasi dengan masyarakat baik secara langsung maupun digital. Kondisi pandemi COVID19 seperti saat ini memaksa kita untuk mengurangi interaksi secara langsung. Padahal penyebaran informasi yang terpercaya secara efektif dan efisien merupakan kunci dari keberhasilan pembangunan terutama dalam kondisi pandemi.

Dengan dibatasinya ruang interaksi langsung partisipasi digital menjadi opsi terbaik yang layak untuk dilaksanakan. Terlebih lagi, partisipasi digital dapat mengurangi kerumunan yang tidak perlu sehingga sejalan dengan prinsip physical distancing. Urgensi tersebut semakin mempertegas peran Sapawarga dalam pengembangan partisipasi digital. Salah satu bagian dari aplikasi Sapawarga adalah Komunitas Sapawarga yang berbasis pada grup Whatsapp (WAG). Dengan jumlah anggota mencapai 24.000 lebih yang terkumpul pada 368 grup. Banyaknya anggota dan jumlah grup yang tidak sedikit membuat kompleksitas dalam memonitoring WAG Sapawarga menjadi cukup sulit, terlebih dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang jumlahnya sedikit. Berawal dari hal tersebut, dibentuklah Koordinator Informasi (KI) yang bertujuan untuk membantu Diskominfo dalam mengkoordinasikan grup WAG Sapawarga secara sukarela.

Dalam rangka untuk membentuk dan reaktivasi KI setiap Kabupaten/Kota, maka dilakukan rekrutmen KI baru di tahun 2021. Rekrutmen dilangsungkan dari tanggal 5 Februari – 14 Februari 2021 dengan jumlah pendaftar mencapai 562 orang. Maka dari itu diperlukan sebuah seremoni digital yang merupakan sebagai bentuk apresiasi yang merupakan tanda bahwa KI 2021 sudah bisa menjalankan tugasnya secara resmi.

2 thoughts on “Pelantikan Koordinator Informasi Sapa Warga Jawa Barat

  • 05/03/2021 pada 5:00 pm
    Permalink

    durasi nya kurang panjang admin dan perlu ada penyampaian lebih spesipik lagi. kalo bisa para KI ini buat kenang-kenangan berbentuk piagam penghargaan tidak hanya yg dapat hadiah. yang sudah pada daftar tadi.lalu di kirim di group KI untuk di Frint masing-Masing

    Balas
  • 06/04/2021 pada 11:22 pm
    Permalink

    Adakah data keseluruhan peserta pelantikan KI Sapawarga 5 Maret 2021 ?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *