Penilaian Akhir Tahun (PAT) dengan Menggunakan Blog Wodpress

Kegemaran mengelola blog tidaklah hanya untuk mengoleksi tulisan-tulisan saja. Saya di tahun ajaran ini, di sekolah mendapatkan tugas sebagai Koordinator Daring. Tugasnya adalah menyiapkan bagaimana pelaksanaan pembelajaraan jarak jauh terlaskana dengan baik. Hobi saya membuat dan mengelola blog berbuah manis. Saya dipercaya oleh pihak sekolah yaitu SMP Taruna Bakti Kota Bandung untuk menjadi koordinator daring.

Ini menjadi tantangan, bagaimana tugas yang diberikan oleh pihak sekolah bisa dilaksanakan dengan baik. Alhamdulillah saat pembelajaran dari tanggal 15 Maret 2020 hingga 15 Mei 2020 bisa dilaksanakan dengan baik. Saat pembelajaran jarak jauh saya membuat www.daringsmptarunabakti.wordpress.com yang digunakan oleh kelas 7,8 dan 9. Total siswa SMP Taruna Bakti Bandung yang menggunakan adalah sebanyak 701 orang.

Keberhasilah saat pembelajaran di saat wabah korona, berlanjut untuk kembali memegang amanah untuk mengelola Penilaian Akhir Tahun (PAT). Saya kembali menggunakan blog wordpress.com untuk melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Hari ini adalah hari pertama pelaksanaan PAT yang dilaksanakan oleh siswa kelas 7 dan 8. Pelaskanaan berlangsung mulai dari pukul 07.30 hingga pukul 11.00 WIB.

Persiapan PAT hari pertama ini, saya laksanakan dalam keadaan kurang tidur. Malam pukul 23.30 WIB saya beserta isteri harus berangkat ke Rumah Sakit Borromeus. Ibu mertua mengalami sakit sesak karena mengidap sakit jantung. Saya beserta isteri datang ke RS sekitar pukul 00.30 WIB. Ibu mertua masih berada di IGD. Saat itu ibu mertua menggunakan Askes. Kondisi saat ini yang sedang ramai wabah korona, mengharuskan ibu mertua menjalani test dan itu tidak ditanggung oleh Askes. Adik isteriku menyampaikan ada biaya yang saat itu harus dibayar sekitar 1,8 juta. Uang yang saya dapatkan dari hasil mengajarkan blog selama ini, saya keluarkan untuk membayar biaya awal di Rumah Sakit. Haru dan bahagia rasanya bisa memanfaatkan uang tersebut dari hasil ngeblog. Terima kasih semuanya guru-guru yang mau belajar dengan Mr.Bams. Ya, mungkin dibandingkan penghgasilan Omjay dari ngeblog masih jauh.

Saya keluar dari RS pagi dini hari sekitar 04.15 WIB menuju sekolah. Perjalanan hanya sekitar 15 menit dari Jalan Dago ke Jalan Riau. Saya menemui satpam sekolah, dan meminjam kunci laboratoium komputer. Setelah sholat Shubuh saya menyiapkan website dan blog untuk PAT.

Saya hanya ingin menyampaikan kepada guru-guru yang hebat. Bahwa saat memiliki hobi yang menghasilkan, maaf tidak hanya menghasilkan uang akan tetapi menghasilkan kepercaayaan atau amanah dari apa yang kita bisa, itu pasti berkah. Belajar wordpress hampir 7 tahun, tahun ini menjadi tahun yang terindah. Bisa menjadi nahkoda daring di sekolah dan bisa mengajarkan siapapun yang masuk kelas blog melalui www.penamrbams.id. Semoga kita bisa sukses bersama, menjadi guru-guru yang hebat dan siap dalam kondisi apa pun.

26 tanggapan untuk “Penilaian Akhir Tahun (PAT) dengan Menggunakan Blog Wodpress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *