Peserta No 006 Lomba Menulis 2 Tahun Penamrbams.id

006Susan AnggrainiSMK Negeri 2 PangkalpinangBangka Belitung

Mr. Bams Menginspirasi, Jadikan Blog Sebagai Aset Digital Media Pembelajaran

Saya seorang guru yang mengajar mata pelajaran sejarah di salah satu SMK Negeri yang cukup terkenal pada daerah tempat tinggal saya. Tepatnya di sebuah pulau yang merupakan urutan provinsi ke 31 (tiga puluh satu) pada susunan provinsi negara kita tercinta. Yaitu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pangkalpinang. Sebagai guru yang mengajar di sekolah teknologi dan teknik informatika saya harus bisa mengikuti perkembangan zaman dalam memberikan materi pembelajaran.

Saat pandemi melanda pada tahun 2019 yang lalu, hingga sampai sekarang dampak pandemi covid 19 masih dirasakan dalam dunia pendidikan. Geliat pendidikan pada negara kita sedikit berkurang dan mempengaruhi struktur pendidikan yang ada. Pembelajaran tatap muka di sekolah sempat dihentikan karena s3emakin meningkatnya wabah pandemic ini. Pemerintah khawatir virus ini akan terjangkit pada siswa bila terjadi tatap muka dan berkumpul secara langsung tanpa ada jarak yang membatasi. Melihat kondisi semakin bertambah tidak menentu, akhirnya pemerintah memberlakukan pembelajaran secara daring atau dikenal dengan belajar on line.

On line.. ya on line, pembelajaran yang diterapkan secara langsung dengan menjalin komunikasi antara guru dan siswa yang dijembatani jaringan internet secara optimal. Kenyataan ini berlangsung hingga beberapa bulan lamanya. Tidak sedikit orang tua yang mengeluhkan kondisi saat ini, sehingga dapat menimbulkan permasalahan baru. Misalnya ketergantungan anak yang tinggi pada gadget. Yang membuat setiap anak tiada hari tanpa gadget. Adapun akibat yang muncul dari ketergantungan yang tidak terarah ini dapat merusak organ mata karena sudah terlalu lama melihat layar gadget. Padahal masa bermain anak-anak itu minimal 2 (dua) jam dapat dilakukan bila berada di luar rumah. Sehingga anak menjadi lebih terlihat ceria dan komunikatif bila sering berhubungan dengan masyarakat ramai. Dibandingkan selalu menggunakan gadget dalam kesehariannya.

Bagi siswa yang harus mengikuti pembelajaran secara daring dari rumah dengan memanfaatkan gadget sebagai sarana pembelajaran harus dapat memanfaatkan gadget sebaik mungkin. Sehingga meskipun dengan keterbatasan pembelajaran daring, tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dengan sedikitnya waktu dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar, hal ini membuat rasa jenuh serta bosan dirasakan siswa dengan tugas yang menumpuk diberikan guru dan harus segera diselesaikan.

Sebagai seorang guru dan sekaligus orang tua dari anak yang mengalami proses pembelajaran daring, memang merasakan perasaan yang memprihatinkan melihat perkembangan anak yang memiliki ketergantungan tinggi pada android atau gadget yang merupakan alat pokok yang diperlukan siswa dalam menunjang pembelajaran. Menurut pengamatan saya bisa 3 sampai 5 jam bahkan lebih, kedekatan anak pada gadget yang mereka miliki. Mulai dari mengikuti zoom mengawali pembelajaran, mendengarkan materi pembelajaran, bahkan sampai mengerjakan tugas pada gawai yang mereka miliki.

Dalam pembelajaran di sekolah yang telah dilaksanakan saat ini dimulai dari tahap tatap muka 50%, sebagai guru harus bisa memilih metode yang tepat dalam pembelajaran. Supaya ada keseimbangan dalam penyampaian materi antara siswa yang belajar tatap muka dengan yang mengikuti pembelajaran daring. Dalam hal ini metode yang saya pilih dalam belajar tatap muka adalah penjelasan materi dan penugasan pada siswa secara langsung. Sedangkan pada pembelajaran daring saya memanfaatkan blog untuk penyampaian materi dan penugasan, sehingga siswa tetap dapat berperan aktif dalam pembelajaran.

Pada saat pembelajaran secara daring, sebelum pembelajaran saya membagikan link blog pada grup wa siswa sesuai dengan jurusannya masing-masing. Setelah itu siswa akan mendapatkan materi berupa penjelasan serta dilengkapi dengan video yang diunggah dari youtube, untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan memperjelas materi yang saya ajarkan. Kemudian siswa dapat berinteraksi bahkan dapat mengerjakan tugas sesuai dengan arahan pada kolom komentar yang telah disediakan. Sebagai contoh link pembelajaran yang saya bagikan adalah :

http://susansukses.blogspot.com/2022/01/materi-berpikir-diakronik-dan-sinkronik.html 

Selain dari link blog tersebut ada juga beberapa materi blog yang saya bagikan, sesuai dengan jurusan masing-masing. Link blog yang saya bagikan adalah :

Jurusan otomotif

http://susansukses.blogspot.com/2022/02/berpikir-diakronik-dan-sinkronik-dalam_2.html

Jurusan kelistrikan

http://susansukses.blogspot.com/2022/02/berpikir-diakronik-dan-sinkronik-dalam_98.html

– Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

http://susansukses.blogspot.com/2022/02/berpikir-diakronik-dan-sinkronik-dalam_20.html

Jurusan Desain Komputer Visual

http://susansukses.blogspot.com/2022/02/berpikir-diakronik-dan-sinkronik-dalam_3.html

Dan beberapa jurusan yang lain saya sesuaikan dengan materi pelajaran yang diberikan. Sebagai sekolah Pusat Keunggulan, pelajaran sejarah harus disesuaikan dengan jurusan masing-masing, sehingga sebagai guru harus memiliki waktu ekstra dalam mempersiapkan materi sesuai jurusan masing-masing.

Pada pembelajaran tatap muka dalam memberikan materi pembelajaran saya menggunakan beberapa metode pembelajaran disesuaikan dengan materi yang dipelajari. Sebagai contoh dalam materi “ Berpikir Diakronik dan Sinkronik dalam Sejarah”, saya menggunakan metode inquiry dalam pembelajaran. Dengan metode inquiry diharapkan ada peningkatan hasil belajar yang dapat dicapai oleh siswa dari pembelajaran sebelumnya. Berawal dari kemampuan memperhatikan dan menyimak, diharapkan siswa dapat mencari solusi dari permasalahan yang diberikan guru dalam pembelajaran. Siswa diajak berpikir kreatif, inovatif dan mandiri dalam mengembangkan materi pelajaran. Sebagai hasil akhir dari pembelajaran ini melalui diskusi yang dilakukan siswa dalam memecahkan masalah, siswa diminta untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas. Dengan proses ini penilaian guru berlangsung selama proses pembelajaran sesuai dengan langkah langkah yang telah direncanakan.

Sebagai guru saya bersyukur memiliki kesempatan untuk mendidik dan memberikan materi pelajaran serta dapat bermanfaat bagi siswa. Hal ini dapat dilihat dalam masa pandemi yang sedang berlangsung ada beberapa karya yang telah saya hasilkan. Di saat yang bersamaan dengan mengikuti pelatihan belajar menulis bersama PGRI saya dapat menghasilkan 7(tujuh) buku antalogi, baik berupa buku pantun, puisi, dan cerpen. Karya berikutnya saya menghasilkan 2 (dua) buku solo yang berjudul “Gawai Aksara” yang berisikan resume selama pelatihan belajar menulis bersama PGRI dan “Tinta Aksara” merupakan kumpulan puisi karya pribadi.

Berdasarkan pengalaman pembelajaran tatap muka yang telah saya lakukan, dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry, Alhamdulillah saya berhasil membuat sebuah karya tulis berupa Penelitian tindakan kelas (PTK) yang berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Sejarah Aspek Diakronik dan Sinkronik pada Kelas X TO 3 dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inquiry di SMK Negeri 2 Pangkalpinang Tahun 2022”. Saya berharap semoga hasil karya ini dapat bermanfaat bagi semua orang.

Dalam pemikiran seorang guru, berharap semua materi dan pembelajaran yang disampaikan dapat meresap dalam pemikiran siswa, menambah pengetahuan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Selain materi yang disampaikan melalui blog, dalam penilaian saya juga melakukan penilaian berupa ujian tulis yang diberikan pada siswa.

127 komentar pada “Peserta No 006 Lomba Menulis 2 Tahun Penamrbams.id

  • Pingback: Daftar Peserta Lomba Menulis 2 Tahun Penamrbams.id – PENA MR. BAMS

  • 19/04/2022 pada 10:02 pm
    Permalink

    karyanya sangat menginspirasi dan bnyak pengalaman yang mengasyikkan semoga menang ya, Ma 💖

    Balas
      • 20/04/2022 pada 7:34 am
        Permalink

        Bagus bu semangat💪

        Balas
        • 21/04/2022 pada 10:54 am
          Permalink

          oke buu semangat

          Balas
      • 21/04/2022 pada 9:13 am
        Permalink

        Kisah sangat menarik dan menginspirasi banyak orang

        Balas
      • 21/04/2022 pada 9:18 am
        Permalink

        massyaallah karya yang sangat menginspirasi dan luar biasa buu!!

        Balas
      • 21/04/2022 pada 9:22 am
        Permalink

        Bagus banget loh buu sangat menginspirasi, semangat bu terus lah berkarya kami disini akan selalu support ibu

        Balas
        • 23/04/2022 pada 9:22 am
          Permalink

          Suka dengan gaya bahasa penulisan yang dipakai, semangat yuk susan

          Balas
      • 21/04/2022 pada 10:56 am
        Permalink

        Karya ya bagus dan menginspirasi

        Balas
    • 21/04/2022 pada 9:24 am
      Permalink

      Subhanallah bu, Artikel ibu memberikan saya semangat dalam belajar walau Kita sedang dilanda pandemi Covid 19, semoga ibu tetap semangat dalam mengajar bu.

      Balas
    • 21/04/2022 pada 6:59 pm
      Permalink

      Subhanallah,sangat menginspiratif sekali.Semoga sehat selalu bu Susan

      Balas
    • 25/04/2022 pada 7:32 am
      Permalink

      Bagus dan semangat lagi bu untuk bekaryaa👍

      Balas
  • 19/04/2022 pada 10:04 pm
    Permalink

    the best lah iniii 💪🏻

    Balas
    • 20/04/2022 pada 7:35 am
      Permalink

      Keren semoga menang

      Balas
      • 20/04/2022 pada 3:24 pm
        Permalink

        Karya yang sangat menginspirasi dan luar biasa , semangat Bu dan juga semoga bisa menang🥇

        Balas
        • 20/04/2022 pada 3:48 pm
          Permalink

          Aamiin, terima kasih zakki

          Balas
      • 21/04/2022 pada 7:00 pm
        Permalink

        Terima kasih say… Atas semangat nya

        Balas
    • 21/04/2022 pada 9:14 am
      Permalink

      Semangat Bu dalam membuat karyanya. Janga. Pernah berputus asa dan terus berkarya. Keren buuuu.

      Balas
  • 19/04/2022 pada 10:06 pm
    Permalink

    keren gini masa ga menang ygy ❤️🔥

    Balas
    • 21/04/2022 pada 9:20 am
      Permalink

      Semangat selalu dalam berkarya

      Balas
  • 19/04/2022 pada 10:08 pm
    Permalink

    top komen dapet hadiah coklattt jadi skuy lah gas komen yaa makasih 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

    Balas
  • 19/04/2022 pada 10:09 pm
    Permalink

    Keren Bu semua karyanya menginspirasi, tetap produktif walaupun pandemi, guru kreatif tetap semangat berkarya dan berbagi ilmu

    Balas
    • 19/04/2022 pada 10:15 pm
      Permalink

      Terima kasih say delvy atas motivasi nya

      Balas
    • 20/04/2022 pada 7:37 am
      Permalink

      “Continue with your mother’s work, your work is very inspiring for all of us as students. Mother’s spirit, Mrs. Susan.

      By:M.r Mael

      Balas
        • 20/04/2022 pada 11:50 am
          Permalink

          Keren Bu karya tulisnya, semangat terus bu

          Balas
          • 20/04/2022 pada 3:49 pm
            Permalink

            Terima kasih sabian..

  • 19/04/2022 pada 10:22 pm
    Permalink

    Ke Jakarta membeli ruko sewa
    Di Pekalongan banyak anak itik
    Senang banget baca link istimewa
    Kiriman dari Bu Susan Cantik
    . 💐💐💐

    Balas
    • 20/04/2022 pada 7:38 am
      Permalink

      Ke Jakarta naik pesawat,
      Singgah sebentar di Cikarang,
      Bila kita selalu semangat,
      Maju tak gentar jadi pemenang.

      Balas
      • 20/04/2022 pada 3:23 pm
        Permalink

        Karya yang sangat menginspirasi dan luar biasa , semangat Bu dan juga semoga bisa menang🥇

        Balas
        • 21/04/2022 pada 10:50 am
          Permalink

          MasyaAllah,Keren banget bu. Sangat menginspirasi.Tetap semangat dalam berkarya dan semoga menang Bu susan:)

          Balas
          • 21/04/2022 pada 8:06 pm
            Permalink

            Aamiin, terima kasih Siti..

      • 21/04/2022 pada 9:18 am
        Permalink

        Keren bu karyanya sangat menginspirasi,semangat bu susan semoga menjadi pemenang, dan jangan mudah menyerah. NEVER GIVE UP!!!!

        Balas
  • 19/04/2022 pada 10:28 pm
    Permalink

    Masyaallah sangat banyak pengalaman yang sudah mama tuangkan ke dalam karyanya semangat terus ma

    Balas
      • 20/04/2022 pada 7:36 am
        Permalink

        Masyallah keren banget buk

        Balas
    • 20/04/2022 pada 7:34 am
      Permalink

      Masyallah keren banget bu✨

      Balas
      • 21/04/2022 pada 9:19 am
        Permalink

        Tulisan nya keren menginspirasi juga Bu, semangat Bu semoga menang

        Balas
      • 21/04/2022 pada 9:19 am
        Permalink

        Luar biasa karya bu Susan, semoga sukses selalu

        Balas
  • 20/04/2022 pada 6:19 am
    Permalink

    Luar biasa, menginspirasi. Terus berkarya bu Susan ditunggu karya berikutnya

    Balas
    • 20/04/2022 pada 7:32 am
      Permalink

      Terima kasih Bapak…, Semoga kita semua sukses selalu

      Balas
  • 20/04/2022 pada 7:08 am
    Permalink

    Luar biasa bu Susan, semakin menambah wawasan, tetap semangat, selalu kreatif dan selalu berbagi ilmu kepada semua orang.

    Balas
  • 20/04/2022 pada 7:32 am
    Permalink

    Semangat terus buk

    Balas
  • 20/04/2022 pada 7:32 am
    Permalink

    Mantap lah smangat ya

    Balas
  • 20/04/2022 pada 7:32 am
    Permalink

    Wahh keren banget say karyanya ,sukses terus yah 🔥😍

    Balas
  • 20/04/2022 pada 7:32 am
    Permalink

    Luar biasa karya ibu, semangat dalam berkarya buk susan

    Balas
  • 20/04/2022 pada 7:32 am
    Permalink

    Bagus sekali

    Balas
    • 21/04/2022 pada 11:08 am
      Permalink

      Hmm ceritanya bagus bu sangat menginspirasi dan dan sangat berhubungan dengan apa yang terjadi selama belajar dengan ibu susan. semoga menang lombanya bu.

      Balas
      • 21/04/2022 pada 8:07 pm
        Permalink

        Siap… Terima kasih Devan ..

        Balas
  • 20/04/2022 pada 7:33 am
    Permalink

    Buaaagusss bngtt bukk❤❤

    Balas
  • 20/04/2022 pada 7:33 am
    Permalink

    Keren buk,sangat menginspirasi banyak orang,teruslah berkarya buk Susan,Semangat….

    Balas
  • 20/04/2022 pada 7:33 am
    Permalink

    Luar biasa, menginspirasi. Terus berkarya bu Susan ditunggu karya berikutnya

    Balas
    • 21/04/2022 pada 9:20 am
      Permalink

      Keren bu, karyanya sangat luar biasa dan memotivasi banyak orang, semangat bu

      Balas
  • 20/04/2022 pada 7:34 am
    Permalink

    Mantap Buu semangat

    Balas
  • 20/04/2022 pada 7:37 am
    Permalink

    Semangat Bu…..
    Nilai saya jgn lupa di besarin bu

    Balas
  • 20/04/2022 pada 7:39 am
    Permalink

    Dalam keterbatasan pembelajaran karena covid -19 tidak memutuskan semngat susan dalam berkarya. Ta barokallah semoga langkah yang susan tempuh selalu dapat ridho dari Allah dan suami. Semoga dapet juara.. Semangat sobat

    Balas
    • 20/04/2022 pada 8:58 am
      Permalink

      Ibu… Terima kasih atas doa dan semangat nya…., Semoga kita sukses selalu

      Balas
  • 20/04/2022 pada 7:40 am
    Permalink

    semangat bu semoga berhasil
    dan jangan lupa selalu berdoa agar tercapai, dan jangan bersedih karna ada aku disini hahahaha jangan lupa besarin nilai pts ku bu pas kkm dak hal bu wkwkwk muhammad ridho alabraar

    -dari seseorang yang menyukai perempuan secara diam.

    Balas
    • 20/04/2022 pada 9:00 am
      Permalink

      Terima kasih ridho untuk doa dan semangat nya

      Balas
      • 21/04/2022 pada 9:17 am
        Permalink

        Keren banget bu, isi dari tulisannya sangat menginspirasi dan memotivasi, semangat terus bu berkarya nya ya

        Balas
      • 21/04/2022 pada 9:17 am
        Permalink

        Semangat Bu agar bisa mewakili SMK Negeri 2 Pangkalpinang dan Provinsi Bangka Belitung untuk tingkat nasional dan menjadi juara 1
        Semangat dan jangan pantang menyerah
        من جد وجد siapa yang bersungguh sungguh pasti akan berhasil

        Balas
  • 20/04/2022 pada 8:18 am
    Permalink

    Masyallah keren banget bu🔥

    Balas
    • 20/04/2022 pada 11:47 am
      Permalink

      Niceeee bagus semangattt ibuuu:)

      Balas
      • 21/04/2022 pada 10:53 am
        Permalink

        MasyaAllah,Keren banget bu. Sangat menginspirasi.Tetap semangat dalam berkarya dan semoga menang Bu susan:)

        Balas
    • 21/04/2022 pada 9:16 am
      Permalink

      Semangat terus bu susan berkarya nya

      Balas
    • 21/04/2022 pada 9:26 am
      Permalink

      Dari cerita di atas sangat bermanfaat dan sangat menarik sehingga kita dapat mengetahuinya. Dan karyanya sangat menginspirasi bagi yang membacanya
      Dan Semangat Buat ibu Susan
      Sekian Terimakasih

      Balas
  • 20/04/2022 pada 8:20 am
    Permalink

    Luar biasa karya ibu susan, sangat bagus, terus semangat buk susan

    Balas
    • 21/04/2022 pada 10:44 am
      Permalink

      Luar biasa, karya ibu sangat menginspirasi banyak orang.

      Semoga Dapat Juara bu🥇

      Balas
  • 20/04/2022 pada 11:48 am
    Permalink

    Keren buk susan semangat

    Balas
    • 21/04/2022 pada 9:25 am
      Permalink

      Luar biasa karya ibu susan, sangat bagus,🔥

      Balas
  • 21/04/2022 pada 9:14 am
    Permalink

    Keren Bu sangat menginspirasi

    Balas
  • 21/04/2022 pada 9:16 am
    Permalink

    Semangat Bu agar bisa mewakili SMK Negeri 2 Pangkalpinang dan Provinsi Bangka Belitung untuk tingkat nasional dan menjadi juara 1
    Semangat dan jangan pantang menyerah
    من جد وجد siapa yang bersungguh sungguh pasti akan berhasil

    Balas
    • 21/04/2022 pada 8:09 pm
      Permalink

      Aamiin… terima kasih Khoirul

      Balas
    • 25/04/2022 pada 7:32 am
      Permalink

      Bagus banget
      Semoga ibu sehat” selalu

      Balas
  • 21/04/2022 pada 9:19 am
    Permalink

    Semangat selalu dalam berkarya

    Balas
  • 21/04/2022 pada 9:19 am
    Permalink

    Karyanya sangat menginspirasi
    Semangat terus bekaryanya Buu Susan

    Balas
  • 21/04/2022 pada 9:20 am
    Permalink

    Keren buk,sangat menginspirasi dan memotivasi untuk anak² muda

    Balas
  • 21/04/2022 pada 10:42 am
    Permalink

    Karya ini sangat bagus dan dapat menginspirasi orang yang membacanya semangat buu😁🙏

    Balas
  • 21/04/2022 pada 10:42 am
    Permalink

    Semoga bisa menang bu

    Balas
  • 21/04/2022 pada 10:43 am
    Permalink

    Karya ini keren,,,,, sangat menginspirasi dan berbahasa yg baku

    Balas
  • 21/04/2022 pada 10:43 am
    Permalink

    Karya ini kerenn dan sangat menginspirasi
    Semangat Bu Susan😃

    Balas
  • 21/04/2022 pada 10:46 am
    Permalink

    keren dan sangat
    menginspirasi
    Semangat bu Susan

    Balas
  • 21/04/2022 pada 10:48 am
    Permalink

    Karya ini sangat keren dan sangat menginspirasi semangat bu Susan

    Balas
  • 21/04/2022 pada 11:00 am
    Permalink

    Semangat ibuuu…samoga menang😊

    Balas
  • 21/04/2022 pada 11:06 am
    Permalink

    Mantap

    Balas
  • 21/04/2022 pada 1:26 pm
    Permalink

    mantap ! dapat menginspirasi teman teman yang lainnya

    Balas
    • 21/04/2022 pada 8:11 pm
      Permalink

      Terima kasih Bu multy…

      Balas
      • 25/04/2022 pada 7:32 am
        Permalink

        Karya ini kerenn dan sangat menginspirasi
        Semangat Bu Susan😁

        Balas
  • 21/04/2022 pada 6:58 pm
    Permalink

    Wah…..keren sekali👍🏻👍🏻

    Balas
  • 21/04/2022 pada 7:00 pm
    Permalink

    Wah…..keren sekali👍🏻👍🏻semangat menulis ya

    Balas
  • 21/04/2022 pada 7:00 pm
    Permalink

    Sungguh menginspiratif sekali.Semoga ibu dan keluarga tetap sehat selalu.

    Balas
  • 21/04/2022 pada 7:14 pm
    Permalink

    Sangat menginspirasi. Semangat terus menulisnya bu💪

    Balas
  • 21/04/2022 pada 7:24 pm
    Permalink

    Tetimakasih, karya yg sangat menginsfiratif u menulis👍 sukses selalu🙏

    Balas
  • 25/04/2022 pada 7:43 am
    Permalink

    Tetap semangat bu menghasilkan karya” Yg bagus untuk selanjutnya

    Balas
  • 25/04/2022 pada 8:06 am
    Permalink

    Terima atas penambahan ilmu nya semoga bermanfaat sehat selalu buk👍

    Balas
    • 25/04/2022 pada 10:03 am
      Permalink

      Terimakasih buk
      Blok ini sangat bagus enak di baca juga penggunaan bahasanya tepat tidak mudah bosan di baca dan banyak hal hal yang saya dapatkan dari blok ini juga menambah wawasan dan pengetahuan saya dari tidak tau menjadi lebih baik. Thanks ibuk Susan Anggraini blognya. Semoga sukses Selalu ibuk.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.