Peserta No 025 Lomba Menulis 2 Tahun Penamrbams.id

025Laily SafuraMTsN 3 MedanSumatera Utaralaisaspirit.blogspot.com

GURU WAJIB PUNYA  BLOG SEBAGAI SARANA BERBAGI ILMU

Di era digital sekarang ini guru dituntut untuk lebih kreatif. Tak jarang para guru memanfaatkan segala media untuk membuat pelajaran  agar lebih dimengerti dan menarik bagi para peserta didik. Guru seolah dipacu untuk menguasai berbagai keahlian digital yang bahkan ada sebagian guru yang kurang akrab dengan dunia ini. Zaman dimana semua serba digital, akan menunut para guru untuk bisa mengikuti perkembangan yang begitu pesat.

Tak usah khawatir, semua hal bisa dipelajari lewat internet. Banyak contoh yang bisa kita peroleh melalui browser. Yang paling popular adalah tinggal klik dan tonton saja di youtube. Semua yang kita mau sudah tersedia tutorialnya secara detil disana. Tidak perlu bingung, belajar saja terus tanpa henti. Karena siapa yang belajar terus, maka dialah yang paling siap menghadapi perubahan.

Beragam media dapat kita pilih. Salah satunya adalah blog, media yang sederhana dan paling mudah dibuat oleh guru. Blog merupakan website atau jurnal online berisi tentang segala informasi, seperti artikel, video, foto dan sebagainya yang dapat diperbaharui kapanpun dan dimanapun kita berada. Kenyataan bahwa guru ikut  mengelola blog bukanlah hal yang baru. Perkembangan teknologi dan informasi di dunia pendidikan telah mendorong para guru untuk menggeluti dunia blogging.

Dikatakan juga bahwa blog menjadi salah satu media alternatif untuk meningkatkan mutu Pendidikan. Blog akan sangat memudahkan bagi siapapun dalam mendapatkan informasi tanpa harus mencari buku dan hanya  bermodalkan jaringan internet. Manfaat blog antara lain :

  1. Media berbagi informasi, pengetahuan dan pengalaman. Hal ini sangat membantu karena tidak semua informasi bisa diberikan di dalam kelas sebab keterbatasan waktu.
  2. Melatih berpikir kritis, kreatif dan analitis. Gaya  penulisan sangatlah penting untk memancing minat para pembaca. Diperlukan kreatifitas untuk membuatnya agar lebih menarik keingintahuan pembaca. Penulis blog juga harus mampu melakukan riset, analisis dan solusi. Yang pada akhirnya dapat melatih kemampuan dalam berpikir kritis, kreatif dan analitis.
  3. Dengan adanya blog peserta didik tidak gagap akan teknologi. Sehingga nantinya dapat bersaing dalam dunia internasional.
  4. Dapat mengasah keterampilan menulis. Menulis akan lebih lancar dan terbiasa apabila sering dilakukan.
  5. Dokumentasi aktivitas guru. Semua yang ditulis di dalam blog akan tetap tersimpan sepanjang masa selama tidak dilakukan penghapusan.
  6. Inspirasi bagi orang lain. Dengan tulisan yang kita buat mungkin banyak mendatangkan inspirasi bagi guru, siswa atau orang lain untuk melakukan hal yang sama.
  7. Menjangkau pembaca dari seluruh belahan dunia. Kalau sudah yang namanya internet tentunya dapat menjangkau semua penggunanya dari segala penjuru dunia.
  8. Ajang bisnis. Di dalam sebuah blog, kita bebas memasukkan bisnis yang sedang kita jalani

Kerja seorang guru akan lebih mudah dan teratur bila pandai memanfaatkan media ini. Lebih efektif dan efisien. Misalnya guru yang mengajar di kelas VII tidak perlu bersusah payah untuk membuat bahan ajar lagi apabila mengajar di kelas VII tahun berikutnya. Ia dapat mengambil kembali bahan ajar tersebut dari blog miliknya. Tinggal mengubah sedikit saja apa yang ingin ditambahkan ataupun dikurangkan. Isinya bisa dicetak atau dibagikan secara online.

Kita juga bisa saling berdiskusi  dengan peserta didik. Mereka tinggal membuat pesan di kolom komentar. Lantas sang guru bisa membalasnya di kolom itu juga dan bisa dilihat oleh semua orang yang membuka blog tersebut. Mudah bukan?

Menurut Sujana dkk (2002:2) ada beberapa manfaat media pembelajaran:

  1. Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi.
  2. Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik,
  3. Metode mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui peraturan kata-kata oleh guru. Sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga.
  4. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru tapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan dan mendemonstrasikan.

Banyak hal yang bisa kita tuangkan dalam sebuah blog. Kita bisa memadu padankan tulisan, foto ataupun video dalam satu artikel. Ini akan membuat belajar jauh lebih menyenangkan dibandingkan dengan tulisan dan gambar yang hanya ada di buku. Kita juga bisa menambahkan link-link yang terhubung ke tugas peserta didik.

Tetap tak bisa dipungkiri, ada kelebihan namun ada pula kekurangannya. Diantaranya yakni adanya plagiarisme, peserta didik jadi malas berfikir, tinggal cari di google saja dan copy paste tak bisa terelakkan. Untuk itu perlu trik khusus dari para pendidik agar dapat mencegah segala bentuk kecurangan yang mungkin terjadi.

Selain itu blog juga merupakan sarana melepaskan segala penat yang dapat dituangkan ke dalamnya. Hal-hal yang menyenangkan mungkin juga bisa terjadi. Mulai dari buat tulisan lucu, kompetisi menulis sampai menghasilkan uang. Inilah nilai plus yang menjanjikan dari sebuah blog. Tulisan kita bisa diakui dan bermanfaat bagi banyak orang. Besar kecilnya penghasilkan tergantung dari berapa banyaknya iklan kita yang ditonton oleh viewers.

Namun para guru, sekali lagi yang harus diingat tujuan kita membuat blog bukanlah semata-mata untuk menghasilkan uang. Akan tetapi tujuan besar kita adalah untuk mencerdaskan anak bangsa. Yakni dengan membuat bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Adapun uang yang didapatkan hanya sekedar bonus dari jerih payah kita.

Teknologi hanyalah sebuah alat, yang terpenting adalah kita sebagai konten kreatornya yang tetap harus mampu memotivasi peserta didik agar belajar lebih baik lagi. Walaupun teknologinya sederhana tapi sudah cukup membantu para guru untuk mentransfer ilmu mereka. Ilmu sangatlah penting, makanya ada pepatah yang mengatakan “Tuntutlah ilmu setinggi langit”, “ Tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri Cina”, dan “ Tuntutlah ilmu dari buaian hingga ke liang lahat”. Artinya, kita harus tetap belajar dari kecil hingga tua meskipun harus ke negeri orang. Sebagai tambahan, hampir semua orang mengakui bahwa pendidikan yang baik akan mudah untuk mencari pekerjaan sehingga menghasilkan ekonomi yang baik pula nantinya.

Di penamrbms.id kita diajak untuk menulis dan membuat blog. Penamrbams.id adalah salah satu website yang menampug tulisan dari banyak guru. Kecintaan Mr. Bams pada dunia tulis menulis membuat namanya  besar dan dikenal banyak orang. Kepiawaiannya dalam menulis tak diragukan lagi. Banyak tulisan yang menurut saya mengagumkan sekali. Mulai dari cerita pengalaman, kisah-kisah dan lainnya.

Saya bangga bisa bergabung menulis di blog beliau, mudah-mudahan dapat memberikan saya pengalaman menulis yang lebih terasah lagi. Pada kesempatan kali ini saya ingin memotivasi semua guru yang ada di Indonesia untuk mulai menulis. Marilah kita perkaya khasanah ilmu pengetahun kita melalui tulisan yang mendidik dan bernilai tinggi. “ Don’t wait for later. Start now, what can you do today”

Wassalam

Laisa

25 komentar pada “Peserta No 025 Lomba Menulis 2 Tahun Penamrbams.id

  • 18/04/2022 pada 9:41 am
    Permalink

    internet memang sangat di butuhkan pada jaman sekarang

    Balas
    • 19/04/2022 pada 9:19 am
      Permalink

      Sangat membantu dalam memahami manfaat blog

      Balas
  • 18/04/2022 pada 9:42 am
    Permalink

    Saya suka dengan tulisan ini

    Balas
    • 19/04/2022 pada 9:14 am
      Permalink

      Tulisan nya bagus dan bermanfaat bagi pembaca nya saya suka dan terinspirasi dengan tulisan inii

      Balas
    • 19/04/2022 pada 9:15 am
      Permalink

      Saya sangat suka dengan tlisan tentang pembelajaran internet ini ,walau di sekolah belajarnya kadang tidak dengan internet tapi tidak apa saya sangat senang dengan tatap muka☝️😓. 👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍

      Balas
  • 18/04/2022 pada 9:42 am
    Permalink

    Media sosial ada banyak manfaat baik nya dan dampak buruk nya

    Balas
  • 18/04/2022 pada 9:43 am
    Permalink

    Iya emg betul internet itu bagus. tapi, terkadang internet jaringannya ada yang kurang bagus.

    Balas
  • 18/04/2022 pada 9:44 am
    Permalink

    ilmu pengetahun kita melalui tulisan yang mendidik dan bernilai tinggi.

    Balas
    • 19/04/2022 pada 9:19 am
      Permalink

      Dunia digital sangat mudah

      Balas
  • 18/04/2022 pada 9:45 am
    Permalink

    Teknologi sangat Di butuh kan sekarang Selain untuk mengabari orang jauh juga bisa memesan barang barang lewat online tanpa berpergian,

    Balas
  • 18/04/2022 pada 9:45 am
    Permalink

    Terima kasih informasinya ibuu
    sukses truss😍

    Balas
  • 18/04/2022 pada 9:48 am
    Permalink

    Teknologi hanyalah sebuah alat, yang terpenting adalah kita sebagai konten kreatornya yang tetap harus mampu memotivasi peserta didik agar belajar lebih baik lagi

    Balas
  • 18/04/2022 pada 10:31 am
    Permalink

    saya setuju dgn tulisan ini

    Balas
  • 18/04/2022 pada 10:31 am
    Permalink

    sangat menginspirasi sekali

    Balas
  • 19/04/2022 pada 9:14 am
    Permalink

    Materi ini sangat mudah dipahami dan mudah dimengerti
    Materi yg sangat keren…
    Kerenn…👍💯

    Balas
  • 19/04/2022 pada 9:16 am
    Permalink

    Internet sangat dibutuhkan pada zaman melenial ini.

    Balas
  • 19/04/2022 pada 9:18 am
    Permalink

    Teks ini sangat bermanfaat bagi pengguna digital

    Balas
  • 19/04/2022 pada 9:19 am
    Permalink

    membantu saya dalam memahami tetang manfaat media pembelajaran.

    Balas
  • 19/04/2022 pada 9:19 am
    Permalink

    bagus sekali saya sangat termotivasi dan saya sangat setuju dengan informasi ini👍👍👍🏿👍🏿👍🏿👍🏿👍🏾👍🏾👍🏾👍🏽👍🏽👍🏽👍🏽👍🏼👍🏼👍🏼👍🏼👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻

    Balas
  • 19/04/2022 pada 9:20 am
    Permalink

    Dunia digital sangat menyenangkan 👍🏻

    Balas
  • 19/04/2022 pada 9:20 am
    Permalink

    Dunia digital sangat mudah

    Balas
  • 19/04/2022 pada 9:20 am
    Permalink

    Sangat membantu dalam memahami manfaat blog

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.