Peserta No 028 Lomba Menulis 2 Tahun Penamrbams.id

028Fitri AndrianiSDN 016 Dr Cipto PajajaranJawa Barathttps://fitriandriani.odoo.com

Menakar Ekspresi Diri Menulis di Blog Bersama Mr.Bams

Sahabat hebat, mengekspresikan diri menjadi rangkaian  kata dalam susunan kalimat  memerlukan motivasi yang kuat dari dalam diri. Saya merasakan hal ini sangatlah berat. Ketika otak mampu berprikir, tapi sulit untuk mengekspresikan diri dalam tulisan. Saya termasuk orang yang sulit dalam mengekpresikan pengalaman dalam tulisan. Hari ini, Kamis 14 April 2022 saya menakar ekspresi diri dalam menulis di Blog bersama Mr.Bams. Sahabat hebat, saya sering mendengar  BLOG, membaca juga pernah, kalau ada tugas saja. Nah, sekarang saya ingin mengenal lebih dekat   dengan BLOG, bukan hanya karena butuh saja, tapi ingin juga mengukur keberanian dalam mengekspresikan diri menulis di BLOG. Kira-kira saya bisa atau tidak ya? ( hehehe sulit diungkapkan)

Oh iya, Sahabat hebat, profesi saya adalah seorang guru SD,terbayangkan guru SD itu mengajar anak-anak yang lagi hebohnya dalam berperilaku, dan itu memerlukan kompetensi yang profesional dari seorang guru. Nah, saat ini perkembangan zaman semakin cepat berubah dari segala aspek kehidupan. Saya menyadari itu, terlebih untuk memenuhi tuntutan pekerjaan saya sebagai guru. Sahabat hebat pasti lebih tahu, bahwa dalam dunia Pendidikan, guru memegang peranan penting agar mampu mengembangkan kemampuan dan pembentukan karakter yang menjadi landasan utama bagi terciptanya manusia Indonesia yang mampu hidup di dalam zaman yang selalu berubah. Terbayang sudah apa yang disampaikan KHD Bapak Filosofi Pendidikan Indonesia yang menyatakan: “Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya, pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu”. Kodrat alam  dan kodrat zaman wajib sebagai pertimbangan dalam mennetukan pembelajaran kepada anak-anak. Hm, sekarang kan zamannya teknologi serba canggih, saya dituntut untuk menguasai teknologi. Allhamdulillah, melalui belajar dan  bimbingan teman-teman  di sekolah, akhirnya bisa juga nih  memanfaatkan teknologi untuk mendukung dalam pembelajaran. Tapi, saya belum bisa memanfaatkan sepenuhnya untuk pembelajaran.( bingung juga ya, bisa tapi belum)

Kita kembali lagi nih ke BLOG, nah, saya mendapatkan informasi ada lomba di MR.Bams dengan tema menulis BLOG adalah asset digital profesi guru. Bingunglah saya memaknai tema tersebut, bagaimana caranya dikatakan asset tapi saya sendiri sebagai guru jarang membaca di BLOG, tidak menulis di BLOG,dan tidak memiliki BLOG? Saya, jadi malu dan metertawakan diri sendiri, kenapa saya tidak bersahabat denganl BLOG?

Sahabat hebat, belum terlambat bukan saya mengenal BLOG? Sekarang saya akan berkenalan dulu sama BLOG, saya cari tahu dulu informasinya dari google, dan teman yang paham juga memiliki  BLOG. Sahabat hebat, ternyata BLOG itu banyak sekali manfaatnya ya?( baru tahu nih si Aku, hehehe) terlambat, bukan berarti tidak bisa ya?( edisi maksa). Saya akan coba ceritakan ya, bukan apa-apa, biar saya lebih paham, dan mengenal dekat BLOG. Menurut Muhammad Robith Adani, dalam artikelnya yang berjudul β€œKetahui Lebih dalam Mengenai Blog Beserta Fungsi, Jenis, dan Contohnya” nah ini kutipan artikelnya Blog merupakan kependekan dari β€œWeblog” yang berarti salah satu jenis website atau jurnal online yang memuat tampilan informasi dari berbagai sumber serta memuat konten seperti artikel, teks, foto, video, dan link (tautan).(sumber:sekawan media).

Blog merupakan salah satu media yang dapat digunakan oleh siapa saja untuk mengekspresikan diri dalam karya tulis,dapat diakses secara umum, dijadikan wahana untuk berbagi cerita, pengalaman, ilmu, dan juga hal positif lainnya. Saya sebagai guru ternyata bisa dong menyampaikan cerita pengalaman saya di BLOG selama mengajar?Tentu bisa ( saya jawab juga ah).Setelah mengetahui tentang BLOG, fungsi dan manfaatnya, timbul keinginan untuk membuat BLOG, dan ini juga disebabkan karena saya mengikuti lomba menulis BLOG yag diselenggarakan oleh Mr.Bams. Seandainya saya tidak ada informasi lomba menulis BLOG di Mr.Bams, sepertinya saat ini saya tidak akan berkenalan dan memiliki BLOG.

Sahabat hebat, muncul dalam diri keinginan untuk menulis, menuangkan sebuah cerita apa yang dialami dalam kegiatan yang mampu memberikan informasi yang baik pada orang lain. Menguji kemampuan diri untuk mampu mengekspresikan dalam sebuah karya tulis. Sulit sekali rasanya mengawali ini semua, menakar diri untuk bisa berkespresi, menantang diri untuk mampu menulis, merangkai kata menjadi kalimat yang runtut, dapat dipahami orang lain , dan sarat dengan manfaat. Jujur saja, dalam benak saya banyak hal yang ingin disampaikan dan dituliskan. Ketiak tangan mulai membuka laptop dan akan memulai menulis, ces,semua hilang apa yang ada dalam benakdan fikiran. Bingung lebih banyak menghampiri otak dan tangan saya untuk mengawali semua.

Saya harus bangkit , harus berani menguji kemampuan, mengukur kemampuan yang dimiliki, mengekpresikan hal -hal positif ke dalam sebuah karya tulisan yang bermanfaat bagi diri juga orang lain. Apalagi saya sebagai guru, memandang banyak sekali manfaat yang akan saya dapat dalam sebuah BLOG. Sesuai dengan perkembangan zaman saat ini, teknologi digital menjadi sebuah kebutuhan yang harus dimiliki, dikuasai dan diaplikasikan dalam kehidupan sehai-hari.

Saat ini pendidikan dan teknologi merupakan dua komponen yang saling ketergantungan serta berhubungan, Meningkatnya teknologi  yang serba canggih  ini  harus bisa   diterapkan pada dunia pendidikan sebagai fasilitas untuk memperlancar proses pembelajaran yang disampaikan. Sahabat hebat, disinilah  pentingnya teknologi untuk selalu diikuti setiap perubahan dalam perkembangannya. Salah satu pemanfaatan media teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh guru yaitu BLOG, media tersebut  dapat meningkatkan minat belajar anak karena tampilan yang lebih menarik sehingga akan terhindar dari rasa jenuh selama mengikuti pelajaran. Blog akan saya manfaatkan sebagai perpustakaan digital bagi anak-anak dalam proses pembelajaran. Menyampaikan informasi yang bersifat online,hingga anak-anak pun dapat mengakses materi secara berulang dan setiap saat. Menjadikan BLOG sebagai wahana yang menakar kemampuan menulis tentang kegiatan belajar yang positif dan menyenangkan bersama murid-murid, menceritakan pengalaman baik dalam komunitas praktisi sekolah, bercerita tentang kesulitan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas mengajar, dan bercerita tentang perubahan yang terbaru  dalam dunia Pendidikan.

Sahabat hebat, pernahkah sahabat menemukan anak-anak yang gaptek saat ini? Sangat jarang bukan? Di sekolah saya, anak-anak , sangatlah terampil dalam menggunakan teknologi, bahkan nampaknya mereka lebih pintar dari pada saya. Inilah yang menjadi alasan saya untuk berani menguji kemampuan dalam menulis di BLOG, menakar potensi diri untuk berekspresi sesuai dengan tugas saya sebagai guru. Menjadikan BLOG sebagai media berkomunikasi bersama murid-murid, dan guru, serta komunitas yang peduli pendidikan, berbagi pengalaman, pengetahuan. Mengasah kemampuan menulis  untuk meningkatkan kompetensi guru secara profesional. Sahabat hebat, saya yakin dengan keberanian diri saya saat ini untuk menakar kemampuan diri menulis dalam BLOG, semoga menjadi rekam jejak dalam menakar ekspresi diri di BLOG dalam mengembangkan kemampuan diri baik secara profesional.

46 komentar pada “Peserta No 028 Lomba Menulis 2 Tahun Penamrbams.id

    • 21/04/2022 pada 4:07 am
      Permalink

      Semangaat…dan…terus berkarya sampai kapanpun….pkereen

      Balas
      • 22/04/2022 pada 9:46 am
        Permalink

        Semangat Hebat…πŸ‘πŸ‘

        Balas
      • 22/04/2022 pada 12:26 pm
        Permalink

        Kerennn…sukses selalu bu fitriπŸ‘πŸ‘πŸ₯°

        Balas
      • 22/04/2022 pada 12:31 pm
        Permalink

        Keren bu 🀩

        Balas
      • 23/04/2022 pada 4:07 am
        Permalink

        Insya Alloh, hatur nuhun supportnya bu

        Balas
    • 22/04/2022 pada 7:18 am
      Permalink

      Bagus tulisannya semoga menjadi inspection buat kami

      Balas
    • 21/04/2022 pada 8:18 am
      Permalink

      Mantappu jiwa…semangat terus Bu Fitri…selalu jadi panutan…πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Balas
  • 20/04/2022 pada 6:34 pm
    Permalink

    Allhamdulillah, Terima kasih, saya masih belajar bu, masih banyak kekurangan, terima kasih supportnya

    Balas
    • 21/04/2022 pada 8:01 am
      Permalink

      Terima Kasih Bu Fitri… setuju sekali dengan yang Ibu sampaikan…. ditunggu tulisan berikutnya yaπŸ‘

      Balas
  • 20/04/2022 pada 6:56 pm
    Permalink

    Saya suka, saya suka …. Mantaaaap

    Balas
    • 21/04/2022 pada 9:03 am
      Permalink

      Masyaallah, semangat terus Bu πŸ₯°

      Balas
  • 20/04/2022 pada 7:38 pm
    Permalink

    MasyaAllah tabarakallah😭🀍🀍

    Balas
    • 22/04/2022 pada 1:13 pm
      Permalink

      Daebaaaaaakkkkk… Tulisan yang Sangat menginspirasi banget πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Balas
  • 20/04/2022 pada 7:40 pm
    Permalink

    Bagus sekali … Urraaaa πŸ‘

    Balas
  • 20/04/2022 pada 8:00 pm
    Permalink

    Bagus sekali tulisannya Bu Fitri πŸ‘

    Balas
  • 20/04/2022 pada 8:25 pm
    Permalink

    Tulisan yang penuh semangat dan memotivasi, good job.

    Balas
    • 21/04/2022 pada 7:58 am
      Permalink

      Luar biasa
      Guru berliterasi, Murid cerdas berprestasi
      Semangat menulis lebih banyak lagi bu fitri over

      Balas
    • 21/04/2022 pada 8:38 am
      Permalink

      Semangat terus ya bu fitri dalam berkaryanya

      Balas
    • 21/04/2022 pada 10:26 am
      Permalink

      Sangat menginspirasi terutama bagi kami-kami yg bukan kaum milenia utk terus belajar dan terus belajar agar dapat meningkatkan keprofesionalan kamiπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Balas
  • 21/04/2022 pada 7:55 am
    Permalink

    MenginspirasiπŸ₯°

    Balas
  • 21/04/2022 pada 7:57 am
    Permalink

    Luar biasa
    Guru berliterasi, Murid cerdas berprestasi
    Semangat menulis lebih banyak lagi bu fitri

    Balas
  • 21/04/2022 pada 8:07 am
    Permalink

    Goodjob untuk B Fitri, semoga menjadikan motivasi dan inspirasi bagi semua guru ….
    Penulisan kata tolong diperhatkan agar tidak typo…
    Semangat terus..πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    Balas
    • 22/04/2022 pada 9:04 am
      Permalink

      Tulisan yang sangat luar biasa, bisa memotivasi kepada pembaca untuk belajar dan berkarya 😍😍😍

      Balas
  • 21/04/2022 pada 8:19 am
    Permalink

    Sangat inspiratif. 🀩🀩🀩

    Balas
  • 21/04/2022 pada 9:06 am
    Permalink

    mantap tulisan yang memotivasi

    Balas
  • 21/04/2022 pada 9:59 am
    Permalink

    Hebat, Bu Fitri. Semangat dan sukses selalu πŸ’ͺπŸ’•

    Balas
  • 21/04/2022 pada 10:32 am
    Permalink

    Kreeeen….terus berkarya
    Melek akan perubahan tekhnologi menjadi guru profesional pada jaman nya…menjadikan
    media untuk mempermudah guru dalam proses pembelajaran πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ‘πŸ‘

    Balas
  • 21/04/2022 pada 10:41 am
    Permalink

    Masya allah mantap Bu, memotivasi sekali πŸ‘βœ¨

    Balas
  • 21/04/2022 pada 10:42 am
    Permalink

    Masya allah Good Job Bu, memotivasi sekali πŸ‘βœ¨

    Balas
  • 22/04/2022 pada 7:23 am
    Permalink

    Masya Allah…. mantap bu….
    Suatu kebanggaan anak saya bisa dibimbing langsung oleh ibu πŸ₯°
    Tetap berkarya bu dan bisa mencapai hasil yang membanggakan…. aamiin..

    Balas
  • 22/04/2022 pada 7:30 am
    Permalink

    Luar biasa.Sangat menginsfirasi…. πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    Balas
  • 22/04/2022 pada 7:47 am
    Permalink

    Selamat dan sukses selalu Bu Fitri

    Balas
  • 22/04/2022 pada 8:17 am
    Permalink

    Ibu guru yang selau ceria dan memotivasi, luar biasa, semangat Ibu Fitri, kami semua mendukungmu, mari sama sama kita belajar ya bu.. πŸ€—πŸ€—

    Balas
  • 22/04/2022 pada 8:43 am
    Permalink

    Kereeen abiz..smngat terus bu fit..,murid pintar, berkat sosok sperti bu fitri..

    Balas
  • 22/04/2022 pada 8:55 am
    Permalink

    Good Job Bu Fitri, Keren sangat memotivasi….

    Balas
  • 22/04/2022 pada 8:56 am
    Permalink

    Semangat dan terus berkarya kembangkan terus kreatifitasnya

    Balas
  • 22/04/2022 pada 9:18 am
    Permalink

    Semangattt bu… πŸ’ͺπŸ’ͺ

    Balas
  • 22/04/2022 pada 9:22 am
    Permalink

    Semangattt bu… πŸ’ͺπŸ’ͺ

    Balas
  • 22/04/2022 pada 10:32 am
    Permalink

    Bu fitri tulisannya sangat menginspirasi, terus menulis dan menyebarkan positif vibe nya, anak didik hebat lahir dari guru yang hebat sperti Bu Fitri. Semangat !!! πŸ’™

    Balas
  • 22/04/2022 pada 11:14 am
    Permalink

    Keren…..Semangat buuuuuuuu

    Balas
  • 22/04/2022 pada 11:15 am
    Permalink

    Keren…..Semangat buuuuuuuu

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.