Peserta No 031 Lomba Menulis 2 Tahun Penamrbams.id

031Lely Suryani, S.Pd.SDSDN 1 Gumelem KulonJawa Tengahhttp://lelysuryanikreatifinspiratif.blogspot.com

BLOGGER NDESO  BERMODALKAN SEMANGAT

Pertama kali mengenal blog

Semangat, semangat dan semangat. Itulah modal utama  yang saya miliki, sehingga ada keberanian untuk menulis.Betapa tidak? Saya adalah seorang guru yang mengajar di desa, yang  notabene minus informasi.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa  dengan adanya Pandemi Covid  19, yang hampir semua aktivitas terhenti total jika memerlukan bersinggungan fisik dengan banyak orang. Akhirnya semua dilakukan dengan pemanfaatan internet yg serba digital. Hal ini memang menjadi langkah awal saya untuk menulis, khususnya menulis di blog.

Berbagai informasi dari dunia maya, mengharuskan saya untuk turut meramaikan dunia maya juga. Berniat tidak hanya menjadi penonton saja, namun berharap bisa menjadi aktor. Aktor yang membawa misi kebajikan, sehingga bisa melawan kebatilan – kebatilan dunia maya.

Berbekal misi tersebut, saya berusaha menjulangkan pengetahuan dengan mengikuti berbagai pelatihan menulis.  Ada secercah harapan yang dapat saya petik untuk  mewujudkan  misi  saya tersebut.

Tahukah kawan?

Pertama kali saya mengenal blog, ibarat bayi yang baru belajar berjalan, yang perlu dititah oleh orang lain,, dan perlu   tempat untuk  merambat agar dapat menuju ke tempat lain, serta untuk  berpegangan manakala saya akan jatuh.

Menggelikan sekali waktu itu, tak hanya sekali atau dua kali saya harus mengadu. Namun  butuh berkali – kali  mengadu agar proses menulis di blog memenuhi kriteria  berhasil.

Berhasil di sini masih dalam cakupan standar, belum sampai ke pernak perniknya.

Lalu, siapa orangnya yang menolong persalinan blog saya, sehingga bisa lahir  ke dunia maya? Beliau seorang Guru Blogger Nasional, motivator dan penulis buku. Beliau yang memiliki motto menulislah setiap hari dan buktikan apa yang akan terjadi. Semua orang pasti mengenal beliau.  Beliaulah yang  mengarahkan saya untuk  belajar kepada seseorang.

Seseorang yang saya maksud adalah ibu Helwiyah. Dari beliaulah saya diberi video panduan cara membuka akun blog. Panduan yang lengkap mulai dari cara masuk ke blogger, cara membuat akun  blogger, lalu  membuat judul sampai  cara membagikan tulisan. Setelah saya ikuti panduan dengan runtut.. lahirlah akun blog saya yang pertama sebagai hasil  uji coba. Setelah bisa menulis di blog untuk pertama kalinya,  beliau juga orang pertama yang saya kirimi hasilnya. Beliau senang sekali menyambutnya, yang membuat saya tambah bersemangat.

Ada kejadian aneh yg saya alami waktu itu, akun blog saya tidak muncul pada halaman pencarian google. Berkali – kali saya ketik pada bilah pencarian google.. tetap tidak mau muncul. Serta merta saya mengadu kembali kepada bunda Ewi ( panggilan  akrab ibu Helwiyah ). Menurut beliau, jika diklik tautannya, sudah ada di google, namun jika ditulis secara manual kok tidak mau muncul. Inilah masalah yang membuat saya down. Saya jadi berpikir, apakah saya salah dalam pengaturannya atau bagaimana? Jawabannya saya putuskan untuk mengedit akun blog saya.

Saya patenkan menjadi lely suryani guru kreatif inspiratif. Inilah link tulisan saya yang pertama kali. https://lelysuryanikreatifinspiratif.blogspot.com/2021/11/saya-punya-blog.html

Sampai sekarang, jika saya baru  menulis  huruf  L saja, pasti akun blog saya langsung muncul.  Bangga sekali rasanya.

Pelatihan Guru Motivator Literasi Digital

Apakah cukup dengan kabanggaan saja  ? Tidak. Saya harus bisa memacu diri dengan belajar dan terus belajar, agar aset digital saya tersebut membawa kebermanfaatan. Tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, tapi bermanfaat bagi khalayak juga.

Pelatihan Guru Motivator Literasi Digital yang disingkat  GMLD adalah  pelatihan kepenulisan pertama yang saya ikuti. Sistem pelatihan GMLD dilaksanakan melalui WAG dan Zoom meeting sekali sepekan. Peserta wajib menulis resume di blog pribadi masing – masing dan  menyetorkan resume tersebut dengan  mengirimkan tautan nya. Sebagai persyaratan lulus, peserta wajib mengirimkan minimal 16 resume dari 20 pertemuan dan menulis buku antologi ber isbn. Alhamdulillah.. selain bisa genap menyetorkan 20 resume, antologi pertama yang saya ikuti langsung bermanfaat untuk kelulusan GMLD.

Materi – materi Pelatihan GMLD yg diusung oleh para Narasumber hebat, sangat berkesan sekali. Selain menambah wawasan ilmu pengetahuan, juga terjalinnya silaturahmi yang erat. Hal ini yg menjadikan saya masih bertahan dan enggan keluar grup WAnya.

Turut menghiasi blog saya dengan ilmu nya yang bermanfaat adalah materi tentang #Pengembangan Kualitas Hidup melalui Program Literasi Digital # yg disampaikan oleh Narasumber Mr.Bams yang selalu bahagia

Beliau dengan piawainya mengantarkan materi yg diusungnya, sehingga tak terasa waktu telah habis,  Namun hasrat untuk menimba ilmu dari beliau tetap ingin lanjut. Apalagi beliau termasuk narasumber yang di tunggu – tunggu kehadirannya, karena sebenarnya sudah dijadwalkan pada pertemuan sebelumnya, namun gagal karena kesibukannya yang tidak bisa ditinggalkan. 

Dari pemaparan materi beliau yang paling berkesan dan menginspirasi adalah : 

“Setiap guru wajib branding personal. Kenapa ? Ya, karena kita guru. Guru harus bisa memberitakan bahwa keberadaan guru itu harus dirasakan manfaatnya, dimanapun berada. Di sekolah, masyarakat, lembaga, organisasi dan keluarga “.

Nah apa hubungannya dengan peningkatan/pengembangan Kualitas Hidup ? Ini kata Beliau :

“Saat menggunakan teknologi yang ada dengan memaksimalkan potensi diri untuk mau belajar, berkarya, berbagi dan berbakti maka banyak kesempatan yang bisa diraih”.

“Manfaatkan teknologi yang ada saat ini sebagai jalan kebaikan dalam berlomba-lomba membuat kebaikan dimanapun berada”

Pemateri dengan kata BAHAGIA sebagai ikonnya, adalah pemateri pamungkas pada pelatihan Guru Motivator Literasi Digital angkatan 1. Dengan demikian tinggal selangkah lagi untuk mendapatkan Sertifikat lulus, yaitu memiliki buku antologi. Buku antologi saya yang pertama dan dapat untuk persyaratan lulus GMLD berjudul Untaian Kasih Bunda  

Dengan persyaratan minimal 16 resume ( saya berhasil mengumpulkan 20 resume }dan 1 buku antologi, saya berhak mendapatkan sertifikat lulus pelatihan Guru Motivator Literasi Digital. Ini adalah sertifikat yang saya peroleh 

Pelatihan Belajar Menulis PGRI

Masih dalam rangka pemanfaatan blog secara optimal, Pelatihan Belajar menulis PGRI adalah pelatihan yang wajib saya ikuti. Selain ingin mengembangkan potensi diri, juga terinspirasi dari banyaknya penulis – penulis handal yang  lahir pelatihan ini. Apalagi para narasumbernya yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya, membuat saya semakin semangat untuk menimba ilmu. 

Lagi – lagi Mr. Bams Bambang Purwanto, S.Kom. Gr. menjadi pemateri terakhir pada pelatihan Belajar Menulis pada gelombang 23 / 24 yang saya ikuti. Materi dengan tema Mengelola Taman Bacaan, merupakan pengalaman Mr. Bams dalam mengelola Taman Bacaan Ayah Salwa yang dilaluinya dengan berdarah – darah. Yang pada akhirnya bisa eksis dan mendapatkan berbagai penghargaan. 

https://lebakwangimembaca.wordpress.com/ adalah web TBM yang di kelola oleh Mr. Bams. Dari web tersebut dapat diketahui dengan jelas sepak terjang TBM AS, yang sangat menginspirasi. Semoga saja saya dapat mengikuti jejak beliau untuk mendirikan TBm sebagai sarana untuk menggerakkan Literasi pada masyarakat.

Berakhirnya pelatihan ini, bukan berarti langsung bisa lulus, karena ada persyaratan lain agar bisa  lulus dari  Pelatihan Belajar Menulis ini yaitu adanya buku solo.. Saat ini  saya sedang menunggu buku solo saya terbit. Naskah buku solo saya di editori oleh Ibu Sri Sugiastuti,M.Pd.

Pemanfaatan Dan Optimalisasi Blog Sebagai Aset Digital

Baru beberapa bulan saja saya mengenal dunia blog, maka belum terlihat kemajuan yang berarti pada isi blog saya. Blog saya masih dipenuhi dengan resume- resume pelatihan yang saya ikuti. Ada beberapa momen penting yang saya publikasikan lewat blog saya. Rencana ke depan, Blog  akan  saya gunakan sebagai media pembelajaran. Saya sedang berusaha membuat pemetaan materi pelajaran yang akan saya muat di blog. Dengan demikian akan memudahkan guru dan siswa untuk sama – sama mengakses materi lewat blog. Selain materi pelajaran, berbagai administrasi  guru juga sedang saya persiapkan untuk bisa dibagikan lewat blog saya. Sehingga dengan adanya blog akan semakin terlihat kebermanfaatannya, dan menjadikan ilmu semakin bermanfaat.

Penutup 

Teriring ucapan  SELAMAT atas keberadaan 2 tahun  penamrbams.id, semoga selalu menginspirasi, berkarya dengan Bahagia yang haqiqi, membumikan literasi di bumi Pertiwi.

Terima kasih.

Profil Penulis

LELY SURYANI, S.Pd.SD Lahir di Desa Berta, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara pada tanggal 25 Juli 1972. Menempuh masa Pendidikan  Dasar di SD N II Berta, lulus pada tahun 1985  kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Purwareja Klampok selama 2 tahun,  dan pindah ke SMP Negeri 3 Banjarnegara selama 1 tahun sampai lulus pada tahun  1988.  Pendidikan SMA di  tempuh melalui Pendidikan Kejar Paket C, lulus pada tahun 2004. Setelah itu,  melanjutkan Pendidikan D II PGSD di Universitas Terbuka, lulus pada tahun 2008, kemudian mengikuti Pendidikan S1 PGSD di Universitas Terbuka, lulus pada tahun 2012.

Semenjak mengikuti kegiatan kepenulisan di bawah asuhan Om Jay dari Pelatihan GMLD Gelombang  1 yang dimulai bulan Oktober 2021 dan sekarang sedang mengikuti Pelatihan Belajar Menulis Gelombang 23  sudah berhasil menulis  buku Antologi sebanyak 5 buah. Kemudian pada saat ini sedang melengkapi buku solo yang berjudul  “Perjalanan  Menembus Langit Cinta dan Cita” serta   2 buah buku Antologi.

Ketiga buku tersebut sedang dalam pengajuan ISBN.

Serta satu buku bersama Prof. EKOJI.. masih dalam proses.

MOTTO: Menulislah dengan hati dan apa adanya, Biarlah waktu yang akan berbicara.

Nomor Hp.penulis  081388112412

Akun blog :

http://lelysuryanikreatifinspiratif.blogspot.com

Akun KOMPASIANA :

https://www.kompasiana.com/lelysuryaniofficial8799

249 komentar pada “Peserta No 031 Lomba Menulis 2 Tahun Penamrbams.id

  • Pingback: Daftar Peserta Lomba Menulis 2 Tahun Penamrbams.id – PENA MR. BAMS

    • 26/04/2022 pada 9:12 pm
      Permalink

      Di email tidak ada

      Balas
      • 30/04/2022 pada 4:47 am
        Permalink

        Lengkap padat akurat dan bermanfaat.
        Menulis dengan hati sangat berarti dan penuh simpati.membuat pembaca berempati.

        Balas
      • 30/04/2022 pada 7:11 am
        Permalink

        Sukses selalu untuk ibu lely, the best person. Semoga karyanya semakin menjulang tinggi, aamiin. Menjadi hebat tidak harus memandang genre dari sudut manapun. Sehat selalu ibuku…

        Balas
      • 30/04/2022 pada 1:31 pm
        Permalink

        Sukses bu Lely,, Semangat..

        Balas
      • 01/05/2022 pada 7:31 am
        Permalink

        𝓘𝓷𝓼𝓹𝓲𝓻𝓪𝓽𝓲𝓯,
        𝓢𝓮𝓵𝓪𝓵𝓾 𝓼𝓪𝔂𝓪 𝓷𝓪𝓷𝓽𝓲𝓴𝓪𝓷 𝓽𝓾𝓵𝓲𝓼𝓪𝓷-𝓽𝓾𝓵𝓲𝓼𝓪𝓷 𝓫𝓾𝓷𝓭𝓪 𝓛𝓮𝓵𝔂.

        Balas
          • 05/05/2022 pada 6:24 am
            Permalink

            Bagus sekali dan sangat menginspirasi. Terus semangat dan sukses selalu bu.

      • 05/05/2022 pada 5:50 am
        Permalink

        Alhamdulillah Bu Lely, apa yang dialami Ibu sama halnya dengan perjalanan menulis saya. Bedanya Ibu lebih hebat.
        Saya hanya sampai Blog yang sering dimanfaatkan untuk menulis berbagai informasi.

        Balas
    • 29/04/2022 pada 5:14 pm
      Permalink

      Berkaryalah untuk negeri, kalau tidak dari kita sendiri tidak akan ada karya2 terbaik. Smoga saya dan smua pembaca bisa mendapatkan inspirasi utk berkarya menulis, salam literasi untuk negeri. Semangattttt Bu….

      Balas
        • 30/04/2022 pada 10:59 am
          Permalink

          Sukses selalu untuk Bu Lely, sangat menginspirasi. Semoga karya-karya Bu Lely memberi manfaat. Aamiin. Salam sehat dan Bahagia.

          Balas
          • 11/05/2022 pada 4:56 am
            Permalink

            Wah mantap Bu Lely, saya jadi pingin rajin menulis, tetapi terkadang rasa ragu kembali sering mengganggu.
            Semangat terus bu, sukses ya

      • 29/04/2022 pada 8:12 pm
        Permalink

        Keren Bu Lely …semangat terus semoga dengan tulisan kita dapat menebar kebaikan dan memberikan manfaat..Aamiin

        Balas
      • 29/04/2022 pada 9:13 pm
        Permalink

        Berkarya terus bu semangat dan sukses selalu aammiin

        Balas
    • 29/04/2022 pada 5:43 pm
      Permalink

      Sukses terus Bu Lely👍

      Balas
    • 29/04/2022 pada 6:42 pm
      Permalink

      Tulusan yang luar biasa,mengalir tanpa rekasa, sesuai dengan moto nya, “Menulis dengan hati dan apa adanya,” ini cerminan tulisan yg berkualitas karena keluar dari nurani dan penuh makna, mengukir diri lewat aktualisasi berliterasi.

      Satu kata dari abah “Kereeen”

      Balas
      • 29/04/2022 pada 6:58 pm
        Permalink

        Terimakasih…
        Abahku…
        Sudah berkenan hadir di sini.. membawa energi terbarukan..
        Salam sehat dan bahagia selalu.

        Balas
    • 29/04/2022 pada 8:40 pm
      Permalink

      Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bu Lely teruslah terbang bagai burung membuat sarangnya.

      Balas
      • 03/05/2022 pada 11:59 am
        Permalink

        Waalaikum salam warohmatullohi wabarokatuh..
        Hehee.. semangat bersarang dan beranak pinak bang Jainul.
        Terimakasih

        Balas
    • 30/04/2022 pada 10:00 am
      Permalink

      Luar Biasa Bu Lely, betul betul bisa menginspirasi saya dan teman teman..lanjutkan bu

      Balas
    • 30/04/2022 pada 10:30 am
      Permalink

      Semangat terus untuk menginspirasi anak Indonesia.

      Balas
    • 30/04/2022 pada 12:53 pm
      Permalink

      Sukses terus bu lely, jadi kepengen nulis di blog ky ibu, tp kl baca tulisan bu lely kynya yg baru 3 bln itu menjadi blogger tetapi keterbiasaan menulis sdh jauh2 hari, ikutan dong bu latihan kepenulisannya,nuhun.

      Balas
    • 30/04/2022 pada 1:21 pm
      Permalink

      Mantap bu.. sukses selalu..

      Balas
      • 04/05/2022 pada 5:53 am
        Permalink

        Semoga berhasil dan lancar buku Solonya .Bu Lilis terus untuk belajar sepanjang hayat dan berguna sesama makluk ALLOH SWT, 👍

        Balas
        • 05/05/2022 pada 4:06 am
          Permalink

          Aamiin..
          Terimakasih pak Rusmana..
          Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
          Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

          Balas
    • 30/04/2022 pada 7:22 pm
      Permalink

      Sukses buat Bu Lely Suryani,

      Balas
      • 05/05/2022 pada 4:08 am
        Permalink

        Aamiin..
        Terimakasih mbak Windarti
        Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
        Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

        Balas
    • 30/04/2022 pada 7:42 pm
      Permalink

      Kereennn bun, semangat selalu. Memang ikut pelatihan-pelatihan PGRI ini luar biasa ilmunya, narasumbernya. Alhamdulillah ya bisa bertemu komunitas yg hebat ini 🤗

      Balas
      • 05/05/2022 pada 4:09 am
        Permalink

        Aamiin..
        Terimakasih mbak Anita Aziz..
        Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
        Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

        Balas
    • 30/04/2022 pada 9:07 pm
      Permalink

      Perjuangan berliterasi yang luar biasa. Semoga semakin berkarya dan menginspirasi.

      Balas
      • 05/05/2022 pada 4:10 am
        Permalink

        Aamiin.. inggih bu..
        Terimakasih bu Sumintarsih.
        Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
        Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

        Balas
    • 30/04/2022 pada 10:26 pm
      Permalink

      “Menulis dengan hati” Kalimat sederhana dengan makna luar biasa👍👍
      Semangat terus bunda Lely…💪💪

      Balas
      • 05/05/2022 pada 4:11 am
        Permalink

        Aamiin..
        Terimakasih mbak Rini Sugi
        Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
        Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..
        Ayok… semangat.. hehee

        Balas
    • 04/05/2022 pada 5:52 am
      Permalink

      Semoga berhasil dan lancar buku Solonya .Bu Lilis terus untuk belajar sepanjang hayat dan berguna sesama makluk ALLOH SWT, 👍

      Balas
      • 05/05/2022 pada 11:12 am
        Permalink

        Semangat.. lanjutkan…

        Balas
        • 05/05/2022 pada 9:21 pm
          Permalink

          Aamiin..
          Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. I K umara.. siap lanjutkan…
          Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
          Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

          Balas
      • 05/05/2022 pada 9:23 pm
        Permalink

        Aamiin..
        Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. pak Rusmana
        Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
        Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

        Balas
    • 05/05/2022 pada 6:18 am
      Permalink

      Bagus sekali dan sangat menginspirasi. Terus semangat dan sukses selalu .

      Balas
      • 05/05/2022 pada 9:20 pm
        Permalink

        Aamiin..
        Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak Sa diyah..
        Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
        Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

        Balas
      • 05/05/2022 pada 9:19 pm
        Permalink

        Aamiin..
        Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. Emak Sri Yamini..
        Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
        Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

        Balas
  • 29/04/2022 pada 5:10 pm
    Permalink

    Masya Allah perjuangan yang luar biasa…
    Semangat terus Bu Lely, semoga sukses selalu. Karyanya bermanfaat untuk diri sendiri dan pembaca umumnya.
    Salam Literasi. Saya iri kepada ibu yang sudah mengenal grup menulis yang di dalamnya adalah Guru-guru dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia ini.
    Walaupun saya baru bergabung, terima kasih inspirasi dan semangatnya Bu Lely yang diberikan kepada saya…
    Semoga saya punya semangat seperti Ibu.
    Salam literasi Bu Lely ✍️

    Balas
    • 29/04/2022 pada 6:50 pm
      Permalink

      Semua orang bisa menulis tapi tidak semua orang mau menulis..
      Semangat terus bu Lely jangan kasih kendor, perbanyak literasi.. Lewat tulisan jadi inspirasi semua orang..
      Selamat berkarya..

      Balas
      • 29/04/2022 pada 7:15 pm
        Permalink

        Terimakasih..
        Mas Setiyadi..
        Sudah berkenan hadir di sini..
        Happy MUDIK for you…
        Salam sehat dan bahagia selalu

        Balas
      • 30/04/2022 pada 4:59 am
        Permalink

        Semangat Bu Lely sehat selalu & semoga semakin sukses..

        Balas
        • 30/04/2022 pada 1:13 pm
          Permalink

          Barakallah Bu Lely

          “Anak adalah amanah dari Allah,bukan milik kita
          Mari kita berusaha agar anak anak kita dirumah dan juga anak didik kita di sekolahan menjadi anak anak yang akan selalu menjadi penyejuk mata,jati ,dan juga jiwa kedua orang tuanya”

          Balas
          • 05/05/2022 pada 9:17 pm
            Permalink

            Aamiin..
            Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak Esti Kadarsih
            Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
            Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

        • 05/05/2022 pada 9:18 pm
          Permalink

          Aamiin..
          Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak Retno Indrawati
          Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
          Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

          Balas
    • 30/04/2022 pada 6:45 am
      Permalink

      Masya Alloh sungguh luar biasa…sukses terus ibu…karya karyamu sungguh sangat berarti untuk kami dan negeri….
      Hebat ibu ,,semangat dan sukses untuk guru hebat…

      Balas
      • 05/05/2022 pada 9:16 pm
        Permalink

        Aamiin..
        Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak Suhana Saraswati
        Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
        Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

        Balas
    • 05/05/2022 pada 4:22 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih mbak Nur Budianah..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..
      Ayok… semangat.. komentarnya RUAR BIASA.

      Balas
  • 29/04/2022 pada 5:11 pm
    Permalink

    Wah bunda Lely kerennn…. Tetap semangat, menulis, menulis, dan menulislah setiap hari dan buktikan apa yang akan terjadi kemudian. Good luck, hopefully you”ll be one of the Winners.

    Balas
      • 29/04/2022 pada 7:20 pm
        Permalink

        Terimakasih..
        Ibu Siti Rohani..
        Aamiin..
        Bukan kemenangan semata…. tepi ketenangan haqiqi yg dicari..
        Salam sehat dan bahagia selalu

        Balas
    • 29/04/2022 pada 7:17 pm
      Permalink

      Terimakasih..
      Bunda E.Hasanah..
      Komentarnya sangat mensupportku..
      Salam sehat dan bahagia selalu..

      Balas
  • 29/04/2022 pada 5:16 pm
    Permalink

    Masya Allah, tulisan ibu sangat menginspirasi saya untuk kembali belajar membuat blog, ini adalah sebuah pengalaman yang sangat luar biasa dikemas dalam tulisan yang indah dan menarik hati para pembaca,,,

    Balas
      • 29/04/2022 pada 7:26 pm
        Permalink

        Terimakasih..
        Adek Rozanah sayangkuh..
        Komentarnya sungguh penyemangat bagiku..
        Salam sehat dan bahagia selalu…

        Balas
    • 29/04/2022 pada 7:23 pm
      Permalink

      Terimakasih..
      Ibu Ai Sumarni…
      Ayo.. saling menyemangati.. kita kan maju bersama..
      Salam sehat dan bahagia selalu..

      Balas
    • 05/05/2022 pada 4:24 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih mbak Ai Sumarni
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 29/04/2022 pada 5:17 pm
    Permalink

    waahh,semangaat terus dalam berkarya…

    Balas
    • 29/04/2022 pada 7:28 pm
      Permalink

      Terimakasih..
      Sayangkuh..
      Doa anak sholihah.. selalu memudahkan langkah – langkah ibu…
      Salam sehat dan bahagia selalu..

      Balas
  • 29/04/2022 pada 5:17 pm
    Permalink

    Masya Allah keren sekali Bunda lely tulisannya bisa menjadi motivasi untuk kita sehingga tetap semangat menulis setiap hari.
    Sehat selalu Bunda Lely .
    Salam Literasi.

    Balas
  • 29/04/2022 pada 5:18 pm
    Permalink

    masyaAllah semangat terus dalam berkarya ibu guruu

    Balas
  • 29/04/2022 pada 5:21 pm
    Permalink

    Mengelola Blog itu tak mudah, membuatnya hanya beberapa oangkah tapi untuk post tulisan butuh bertubi-tubi inpirasi.
    Bu Lely Suryani joz

    Balas
    • 05/05/2022 pada 9:11 pm
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2
      Ku… pak Nurcholis..
      Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
      Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

      Balas
  • 29/04/2022 pada 5:24 pm
    Permalink

    Mantap Bu Lely …. Luar biasa tulisannya. Menginspirasi orang lain untuk tidak takut “menulis”.

    Salam Literasi.

    Balas
    • 05/05/2022 pada 4:25 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih mbak Budi Kurniasih
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 29/04/2022 pada 5:26 pm
    Permalink

    Subhanallah… Mantap👍semoga menginspirasi generasi kita suka membaca dan bisa memanfaatkan media.

    Balas
    • 05/05/2022 pada 4:26 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih mbak Nurkhayati..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 29/04/2022 pada 5:28 pm
    Permalink

    Bu lely selalu semangat dan disiplin dalam bekerja. semoga sehat selalu dan bahagia

    Balas
    • 05/05/2022 pada 4:35 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih mastet Dail.
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Komentar yg sangat menyanjung..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 29/04/2022 pada 5:32 pm
    Permalink

    Semangat bunda ayo kita maju bersama untuk negeri tercinta. Salam literasi

    Balas
    • 05/05/2022 pada 4:37 am
      Permalink

      Aamiin..
      Mari2 berliterasi
      Terimakasih mbak nurul jubaedah..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 29/04/2022 pada 5:52 pm
    Permalink

    tulisan yang sangat menginsfirasi..

    Balas
    • 05/05/2022 pada 4:38 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih pak muhsin..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini.. sudah datang dari jauh..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 29/04/2022 pada 6:00 pm
    Permalink

    Gaya penulisannya menarik Bu, naratif sekali sehingga saya sebagai pembaca tertarik untuk membaca hingga akhir. Kalau boleh sedikit saran penggunaan singkatan yg tidak baku dihindari, misal kata yg, lebih baik ditulis lengkap yang.
    Sukses terus Bu!

    Balas
    • 05/05/2022 pada 9:09 pm
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. bu Rismaya.. mantap sekali.
      Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
      Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

      Balas
  • 29/04/2022 pada 6:01 pm
    Permalink

    Sukses selalu Bu Lely, terus semangat berkarya. Salam literasi!

    Balas
    • 05/05/2022 pada 9:08 pm
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak Eti Setyaning Rahayu..
      Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
      Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

      Balas
  • 29/04/2022 pada 6:05 pm
    Permalink

    Sukses selalu Bu Lely,,,,,
    Sangat menginspirasi…

    Balas
    • 05/05/2022 pada 9:06 pm
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak Ngaeni laelatul wardah Isnaeni..
      Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
      Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

      Balas
    • 30/04/2022 pada 11:36 am
      Permalink

      Selalu berkarya tidak ada putusnya adalah hal terbaik untuk anak2 bangsa. Sebagai guru adalah sumbangsih kita untuk negri. Tetaplah dan teruslah sebagai guru yg mengajak sesama guru untuk berkarya. Dengan tulisan adalah hal terbaik yang akan terbaca untuk memajukan bangsa.

      Balas
      • 05/05/2022 pada 9:04 pm
        Permalink

        Aamiin..
        Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak leli walidah… sama2 leli..
        Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
        Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

        Balas
    • 05/05/2022 pada 9:05 pm
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak Nurin Isnaini.. mari semangat..
      Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
      Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

      Balas
  • 29/04/2022 pada 6:20 pm
    Permalink

    Luar biasa Bu Lely, tetap semangat dan sukses selalu 💪

    Balas
    • 05/05/2022 pada 9:03 pm
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. bu Romelah…
      Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
      Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

      Balas
  • 29/04/2022 pada 6:31 pm
    Permalink

    Bu lely…mantap…betul2 inspirator

    Balas
    • 05/05/2022 pada 9:02 pm
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak Endang….
      Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
      Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

      Balas
  • 29/04/2022 pada 6:34 pm
    Permalink

    Wow….tulisan nya bagus bnget, menginspirasi kita

    Balas
    • 30/04/2022 pada 5:52 am
      Permalink

      Congrats ibu Lely
      Keberkahan sll u anda dan keluarga
      🙏😌

      Balas
      • 05/05/2022 pada 8:59 pm
        Permalink

        Aamiin..
        Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak purwanti
        Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
        Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

        Balas
    • 05/05/2022 pada 9:01 pm
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. kang ku.. SUROSO, SH
      Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
      Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

      Balas
  • 29/04/2022 pada 6:38 pm
    Permalink

    inspiratif Bu Lely,,,terus nyalakan semangat berliterasi

    Balas
    • 05/05/2022 pada 8:59 pm
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak Dewi Rahmawati SS..
      Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
      Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

      Balas
  • 29/04/2022 pada 6:53 pm
    Permalink

    Tulisan ibu menginspirasi..

    Balas
    • 29/04/2022 pada 7:29 pm
      Permalink

      Semangat terus untuk menginspirasi Bu Lely..
      Terus berkarya..
      Salam sehat dan sukses selalu..

      Balas
      • 05/05/2022 pada 8:56 pm
        Permalink

        Aamiin..
        Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak Ana Maga Wigati
        Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
        Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

        Balas
    • 29/04/2022 pada 8:47 pm
      Permalink

      Semangat yang tak pernah putus, kreativitas yang tinggi sungguh mengagumkan ..tetap semangat teruskan perjuangan sebagai guru yg berjuang tanpa tanda jasa

      Balas
    • 05/05/2022 pada 8:57 pm
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak SUSAN…
      Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
      Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

      Balas
  • 29/04/2022 pada 7:08 pm
    Permalink

    Bu Lely luar biasa.. sangat menginspirasi.. semoga sukses selalu bu Lely….

    Balas
    • 30/04/2022 pada 5:26 am
      Permalink

      Salut dengan keuletan bu Lely…semoga sukses dan tambah berkah.

      Balas
      • 05/05/2022 pada 9:56 pm
        Permalink

        Aamiin..
        Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak Hani Istiqomahh
        Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
        Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

        Balas
    • 30/04/2022 pada 5:28 am
      Permalink

      Terus menginspirasi ya bu. Mulai tergerak untuk bisa menulis setelah membaca beberapa artikel yg ibu tulis

      Balas
      • 05/05/2022 pada 4:07 pm
        Permalink

        Aamiin..
        Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. ibu Ken Wijara PWT
        Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
        Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

        Balas
        • 05/05/2022 pada 6:33 pm
          Permalink

          MasyaAllah……

          Balas
    • 05/05/2022 pada 4:06 pm
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak Istiqomah, S.Pd. SD..
      Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
      Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

      Balas
  • 29/04/2022 pada 8:13 pm
    Permalink

    Keren Bu Lely …semangat terus semoga dengan tulisan kita dapat menebar kebaikan dan memberikan manfaat..Aamiin

    Balas
    • 05/05/2022 pada 4:03 pm
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak Evi Astuti
      Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
      Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

      Balas
  • 29/04/2022 pada 8:30 pm
    Permalink

    Luar biasa bu, tulisannya sangat menginspirasi. Semoga sehat selalu. Ditunggu karya berikutnya bu. Salam literasi

    Balas
    • 05/05/2022 pada 4:01 pm
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak Erna Astuti
      Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
      Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

      Balas
  • 29/04/2022 pada 8:47 pm
    Permalink

    Semangat yang tak pernah putus, kreativitas yang tinggi sungguh mengagumkan ..tetap semangat teruskan perjuangan sebagai guru yg berjuang tanpa tanda jasa

    Balas
    • 05/05/2022 pada 3:59 pm
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. neng siriana nurhasanah dari Bandung
      Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
      Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

      Balas
  • 30/04/2022 pada 4:25 am
    Permalink

    Super sekali dan sangat menginspirasi
    Tetap semangat ibu Lely….jadi pingin mengikuti jejak bu Lely

    Balas
    • 30/04/2022 pada 7:17 am
      Permalink

      Good job Bulel….., semangat terus dalam menulis ….., semoga sukses selalu dan terus menulis….👍

      Balas
    • 05/05/2022 pada 3:57 pm
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak indah Ratna
      Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
      Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

      Balas
  • 30/04/2022 pada 4:49 am
    Permalink

    Subhanallah tulisan yang menginspirasi dan indah kakak, semoga senantiasa Istikomah dalam menulis dan memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara lewat tulisan dan karya panjenengan,salam literasi semangat selalu

    Balas
    • 05/05/2022 pada 3:56 pm
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak Puji Triana Rahayu
      Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
      Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

      Balas
  • 30/04/2022 pada 4:57 am
    Permalink

    Ikut support semoga sukses . Aamiin.

    Balas
    • 30/04/2022 pada 7:18 am
      Permalink

      Good job Bulel….., semangat terus dalam menulis ….., semoga sukses selalu dan terus menulis….👍

      Balas
      • 05/05/2022 pada 6:00 am
        Permalink

        Aamiin..
        Terimakasih mbak Indah Wijayanti
        Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
        Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

        Balas
    • 05/05/2022 pada 6:02 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih mas Agus Haryanto Ismail..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini.. jaug jauh dari negeri padang pasir..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 5:30 am
    Permalink

    Masyaallah hebat bu guru, terus menulis bu smangat smangat smangat, berbagi ilmu kepasa yang lain smoga mendapat pahala, aamiin

    Balas
      • 05/05/2022 pada 5:58 am
        Permalink

        Aamiin..
        Terimakasih Emi Sudarwati.. TBM KINANTHI
        Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
        Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

        Balas
    • 05/05/2022 pada 5:59 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih mas Joko..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini.. turut menyemangatiku..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
    • 05/05/2022 pada 9:53 pm
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mas Joko
      Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
      Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

      Balas
  • 30/04/2022 pada 5:48 am
    Permalink

    Selamat dan sukses bu lely, semoga membawa manfaat untuk kita semua.
    Teruslah berkarya demi kemajuan kita bersama.

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:57 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bapak Teguh Widodo Kepala Korwicam Dikpora Kecamatan Susukan..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 7:01 am
    Permalink

    Sukses terus untuk ibu lely,the best person. Semoga karyanya semakin menjulang tinggi dan bermanfaat bagi orang lain 🙂

    Balas
  • 30/04/2022 pada 7:04 am
    Permalink

    Sukses terus untuk ibu lely,the best person. Semoga karyanya semakin menjulang tinggi dan bermanfaat bagi orang lain. Menjadi yang terbaik tidak perlu memandang genre dari sudut manapun,sehat selalu ibu..

    Balas
  • 30/04/2022 pada 7:05 am
    Permalink

    Sukses terus untuk ibu lely,the best person. Semoga karyanya semakin menjulang tinggi aamiin. Menjadi yang terbaik tidak harus memandang genre dari sudut manapun,sehat selalu ibu..

    Balas
    • 30/04/2022 pada 11:27 am
      Permalink

      Semangat ibu…
      Semangat berkarya ..

      Balas
      • 05/05/2022 pada 5:54 am
        Permalink

        Aamiin..
        Terimakasih mbak indriyati..
        Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
        Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

        Balas
    • 05/05/2022 pada 5:55 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih Rindi Sayangkuh..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 7:17 am
    Permalink

    Salut dengan perjuangan Bu Lely smg selalu semangat berkarya dan menginspirasi bnyk orang

    Balas
    • 30/04/2022 pada 8:46 am
      Permalink

      Semangat terus untuk berkarya semoga menginspirasi dan bermanfaat bagi pembacanya

      Balas
      • 05/05/2022 pada 5:52 am
        Permalink

        Aamiin..
        Terimakasih mas Ari Prabowo..
        Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini.. sangat termotivasi
        Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

        Balas
    • 30/04/2022 pada 1:12 pm
      Permalink

      Luar biasa ibu…

      Balas
      • 05/05/2022 pada 5:51 am
        Permalink

        Aamiin..
        Terimakasih pak Saiful Arifin..
        Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
        Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

        Balas
    • 05/05/2022 pada 5:53 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih mbak Isti Nurhayati..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 7:56 am
    Permalink

    Hebat bu lely, terus melaju dg menulis sehingga bisa maju demi kemajuan pengetahuan dan literasi

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:50 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bunda Sri Maryani
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 9:26 am
    Permalink

    MasyaAllah Tabarakallah Bu Lely….smg semakin banyak karya2 hebatnya yg menginsipirasi 🥰

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:49 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih mbak Umi Latifah…
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 11:00 am
    Permalink

    Sukses selalu untuk Bu Lely, sangat menginspirasi. Semoga karya-karya Bu Lely memberi manfaat. Aamiin. Salam sehat dan Bahagia.

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:48 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih mbak Ucih Kursih
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
    • 05/05/2022 pada 5:47 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih Om Jay..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini.. jadi tambah semangat ni..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 11:22 am
    Permalink

    Masya Allah tabarokallah……hasil pembelajaran yang luar biasa .. kembali mengajarkan orang lain dalam tulisan ini. Semangat terus Bu Lely. …keren👍👍🌹

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:46 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bunda Ewi…
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Ini juga berkat bunda Ewi..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 11:31 am
    Permalink

    Luar biasa bu Lely..sangat menginspirasi. Salam literasi.

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:45 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih pak Miftah Chudin
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 11:49 am
    Permalink

    Salut…..sukses selalu buat bu Lely. Semangat terus untuk berkarya dan bermanfaat bagi banyak orang

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:44 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih mbak Centawati..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 1:02 pm
    Permalink

    Luar biasa semangatnya…. Terus menginspirasi teman teman guru lainnya agar dapat memberikan manfaat bagi sekitar

    Balas
    • 30/04/2022 pada 1:47 pm
      Permalink

      Ikut merasa bangga..semoga sukses selalu buat bu lely…luar biasa untuk tulisannya ..semoga selalu dan selalu berkarya..sukses buat bu lely

      Balas
      • 30/04/2022 pada 8:43 pm
        Permalink

        Luar biasa terus maju Bu Lely, semangat dan sukses selalu

        Balas
        • 05/05/2022 pada 5:42 am
          Permalink

          Aamiin..
          Terimakasih ibu Siti Hasnidar..
          Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini.. Jauh jauh dari Aceh…
          Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

          Balas
    • 05/05/2022 pada 5:43 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih mbak Rufaida Aristya
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 1:43 pm
    Permalink

    Semangat terus bu lely ..semoga sukses selalu…luar biasa untuk tulisannya

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:41 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih pak Aris Wahyono..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 6:36 pm
    Permalink

    Semangat …. semangat…
    Luar biasa tetaplah berkarya.

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:37 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih mbak Nunung..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
    • 05/05/2022 pada 5:40 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih mbak Kamila..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini.. komentarnya wow.. banget..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 6:58 pm
    Permalink

    Masyaallah Bu Leli, ulasan tentang awal menulis di blog sangat jelas dan padat, semoga engkau inspiratif bagi siapa saj ayang ingin memulai untuk menulis, semoga bunda mendapatkan juara ya, semangat dan salam literasi.Jadin kepingin ikut lomba seperti ini

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:36 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih mbak Kamila..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini.. komentarnya wow.. banget..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 7:55 pm
    Permalink

    Barokalloh..
    Semangat luar biasa,.
    In say Allah akan membawa keberhasilan..
    Aamiin.

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:35 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih Mas Triz sayangkuh..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 8:01 pm
    Permalink

    Sangat menginspiratif tulisannya Bu Lely, semoga menjadi juara mendapat Rahmat di bulan Ramadhan ini. Aamiin !!!

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:34 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bunda Nelwiza..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 8:19 pm
    Permalink

    Diberkatilah tangan-tangan penulis yang menginspirasi.
    Menerangi hati yang hampir mati, memuaskan dahaga bagi yang haus akan informasi dan motivasi.
    Semangat Bu Lely
    Salam literasi

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:33 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih mbak Elen..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini.. komentar yang luat biasa
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 9:03 pm
    Permalink

    Aamiin… Josh bu ely.. Semangat yg luar biasa.. Meskipun didesa tp tdk menyurutkan niatan untuk membangkitkan pendidikan di Indonesia💪.. Maju trs untuk menciptakan karya yg sll jadi ibspirasi buat kami😘

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:31 am
      Permalink

      Aamiin..
      Hehee.. iya2 .. ndeso banget..
      Terimakasih mbak nailufar
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 9:18 pm
    Permalink

    Luarr biasssaa bu lely… 👍👍👍

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:30 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih mbak Yomi Rosliana
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 9:19 pm
    Permalink

    Semoga sukses selalu dengan tulisannya bun dan bisa menginspirasi kami guru-guru yang lain untuk mengikuti jejak bunda

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:29 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih mbak Limiaty Lagandesa
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 10:23 pm
    Permalink

    Keren bu lely…menginspirasi, semangat yah bu dan sukses selalu dalam berkarya

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:27 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih mbak Widiastuti..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..
      Semangat juga yah..

      Balas
  • 30/04/2022 pada 10:38 pm
    Permalink

    Luar biasa sangat menginspiradi

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:26 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih ibu Silauwati…
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 01/05/2022 pada 2:40 am
    Permalink

    luar biasa bu lely… sangat mengisnpirasi😍😍😍
    semangat selalu bu lely…

    Balas
  • 01/05/2022 pada 2:42 am
    Permalink

    luar biasa bu lely… sangat mengisnpirasi😍😍😍
    semangat selalu dalam berkarya bu lely…

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:25 am
      Permalink

      Aamiin.. mari Semangat
      Terimakasih mbak Siti Juariah..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 01/05/2022 pada 7:10 am
    Permalink

    Semangat Bu Lely Suryani

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:24 am
      Permalink

      Semangat..
      Terimakasih mbak TrianaW.T
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
    • 05/05/2022 pada 5:22 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bu Emi Sudarwati..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..
      Mohon doanya yah..

      Balas
  • 02/05/2022 pada 9:42 am
    Permalink

    Amazing banget bu Lely. Smg bisa mewarisi semangat bu Lely yg pantang menyerah. Salam sehat dan sukses selalu. Aamiin ya Robbal alamiin.

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:21 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih pak Rusli Razak
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..
      SEMANGAT..

      Balas
  • 03/05/2022 pada 6:05 am
    Permalink

    Tulisannya mewakili kita semua sebagai guru, sangat nenginspirasi bu Lely. Selalu semangat dalam berkarya dan semoga energi positifnya “mewabah ” Ke kita semua.. Terimakasih inspirasinya

    Balas
    • 05/05/2022 pada 5:20 am
      Permalink

      Aamiin..
      Begitukah?
      Terimakasih mbak Reni Rindawati..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
    • 05/05/2022 pada 5:18 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bu Tuti Alawiyah.. Guru Penggerak..
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
    • 05/05/2022 pada 5:17 am
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih mbak Suyati
      Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
      Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..

      Balas
  • 05/05/2022 pada 4:12 am
    Permalink

    Aamiin..
    Terimakasih mbak Rini Sugi
    Sudah berkenan berkunjung dan komentar di sini..
    Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta..
    Ayok… semangat.. hehee

    Balas
  • 05/05/2022 pada 6:30 am
    Permalink

    Masya Allah luar biasa Bu Lely .Cerita buat blog Bu Lely sama seperti saya Sukses selalu Bu Lely.Salam literasi

    Balas
    • 05/05/2022 pada 3:49 pm
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. ibu Zainab, S Ag.
      Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
      Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

      Balas
  • 05/05/2022 pada 8:36 am
    Permalink

    My inspiration teacher……Bu Lely selalu menjadi penyemangat saya untuk belajar menulis…..sy yg msh belum apa2….dan banyak msh perlu belajar dr para penulis2 hebat seperti Bu Lely …
    Good luck to you……

    Balas
    • 05/05/2022 pada 3:45 pm
      Permalink

      Aamiin..
      Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. ibu Rosaline Septia Triastuti, S.Pd.AUD
      Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
      Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin.

      Balas
  • 05/05/2022 pada 4:08 pm
    Permalink

    Aamiin..
    Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak Istiqomah, S.Pd. SD..
    Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
    Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

    Balas
  • 05/05/2022 pada 9:27 pm
    Permalink

    Aamiin..
    Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. bapak Sakam..
    Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
    Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

    Balas
  • 05/05/2022 pada 9:56 pm
    Permalink

    Aamiin..
    Terimakasih bapak / ibu/ mas / mbak, saudara2 ku.. mbak Hani Istiqomahh
    Komentarnya sangat bermanfaat, laksana energi terbarukan pemompa semangat untuk terus berkarya..
    Salam sehat dan bahagia selalu.. aamiin

    Balas
  • 09/05/2022 pada 2:09 pm
    Permalink

    Tidak semua orang bs mengungkapkan melalui goresan pena apalagi dg goresan ini memberi energi ke banyak orang. Hal ini sungguh sesuatu yang luar biasa….maju terus ibu hebat semangat goreskan terus tinta emasny tuk pendidikan bangsa tercinta

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.