Capaian Pembelajaran Informatika Fase D

NoElemenCapaian Pembelajaran Per Elemen
1Berpikir Komputasional (BK)Pada akhir fase D, siswa mampu menerapkan berpikir komputasional untuk menghasilkan beberapa solusi dari persoalan dengan data diskrit bervolume kecil serta mendisposisikan berpikir komputasional dalam bidang lain terutama dalam literasi, numerasi, dan literasi sains (computationally literate)
2Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)Pada akhir fase D, siswa mampu memanfaatkan  aplikasi surel dalam berkomunikasi, aplikasi peramban dalam pencarian informasi di internet, CMS dalam pengelolaan konten digital, dan memanfaatkan perkakas  TIK untuk mendukung  pembuatan laporan,  presentasi serta  analisis dan interpretasi data.
3Sistem Komputer (SK)Pada akhir fase D, siswa mampu menjelaskan komponen,  fungsi, dan cara kerja komputer yang  membentuk sebuah sistem komputasi, serta memahami proses kodifikasi data dan penggunaan kodifikasi untuk menyimpan dalam memori komputer.
4Jaringan Komputer dan Internet (JKI)Pada akhir fase D, Siswa mengenal Internet dan jaringan lokal, komunikasi data via HP, konektivitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet), dan memahami enkripsi untuk memproteksi data, serta mampu melakukan koneksi perangkat ke jaringan lokal maupun internet yang tersedia.
5Analisis Data (AD)Pada akhir fase D, siswa mampu mengakses, mengolah, mengelola, dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis untuk menginterpretasi dan memprediksi sekumpulan data dari situasi konkret sehari-hari dengan menggunakan perkakas TIK  atau manual.
6Algoritma dan Pemrograman (AP)Pada akhir fase D, siswa  mampu mengenali objek-objek dan memahami perintah atau instruksi dalam sebuah lingkungan pemrograman blok/visual untuk mengembangkan program visual sederhana berdasarkan contoh-contoh yang diberikan dan mengembangkan karya digital  kreatif (game, animasi, atau presentasi),  menerapkan aturan translasi konsep dari satu bahasa visual ke bahasa visual lainnya,  serta mengenal  pemrograman tekstual sederhana.
7Dampak Sosial Informatika (DSI)Pada akhir fase D, siswa menyadari keberadaan dunia digital disekitarnya, ketersediaan data dan informasi lewat aplikasi sosial  media, serta memahami keterbukaan informasi, memilih informasi yang bersifat publik atau privat, menjaga keamanan dirinya dalam masyarakat digital dan menerapkan etika dunia maya.
8Praktika Lintas Bidang (PLB)Pada akhir fase D, siswa mampu bergotong royong untuk mengidentifikasi persoalan,  merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan artefak komputasional yang merupakan solusi dari persoalan tersebut, serta mengkomunikasikan  (presentasi, dokumentasi) produk dan proses pengembangan solusi dalam bentuk karya kreatif yang menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.