HARDIKNAS 2021

HARDIKNAS 2021

Setiap tanggal 2 Mei, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Tahun 2021 Hardiknas mengangkat tema “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar.

Tujuan pendidikan nasional tentunya sangat penting untuk Bangsa Indonesia. Pendidikan Nasional Menurut Undang-undang No.20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 2 adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia, dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. 

Berdasarkan undang-undang tersebut, tujuan pendidikan nasional di Indonesia ialah sebagai berikut: “Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab

Pandemi yang saat ini masih melanda dunia dan termasuk di Indonesia, pastinya merubah pola pelaksanaan pendidikan. Bila melihat dan membaca kembali tujuan pendidikan nasional maka keberhasilan proses pendidikan bisa dilihat dari sumber daya manusia yang dihasilkan.

Berbagai ilmu pengetahuan,  wawasan dan etika disampaikan dibangku sekolah hingga jenjang perguruan tinggi. Bekal pendidikan yang telah ditempuh akan menjadi bekal dalam mengarungi kehidupan selanjutnya.

Alangkah indahnya bila tujuan pendidikan yang dibuat menjadi pegangan Bangsa Indonesia agar bisa dipaktekan dalam kehidupan sehari-hari.

Permasalahan-permasalahan yang timbul di masyarakat akan menjadi tolok ukur keberhasilan pendidikan. Tak mudah memang untuk para guru dan dosen untuk hanya sebatas mengajar dan mendidik, akan tetapi mempraktekannya agar bisa menjadi teladan adalah sebuah perjuangan. Belajar setiap hari menjadi sebuah kebutuhan untuk mengalahkan zaman yang terus berkembang.

Selamat Hari Pendidikan Nasional, semoga pelaksanaan pendidikan menjadi sebuah kebutuhan penting untuk bangsa kita, akan tetapi saat ini ada yang lebih penting adalah kesehatan untuk semua. Berkreasi terus agar proses pendidikan bisa tetap berjalan agar generasi penerus bisa terus dan tetap belajar walau dalam kondisi apapun.

Lebakwangi Asri
2 Mei 2021
Pukul 09.11
Mr. Bams
SMP Taruna Bakti
web pribadi penamrbams.id

6 komentar pada “HARDIKNAS 2021

  • 02/05/2021 pada 9:34 am
    Permalink

    Selamat Hardiknas Mr Bambs, semoga kita menjadi guru yang dapat memberikan tauladan kepada murid-murid kita, teman sejawat dan lingkungan. Amiin.

    Balas
    • 02/05/2021 pada 9:55 am
      Permalink

      Terima kasih Bu Mayor

      Balas
  • 02/05/2021 pada 9:41 am
    Permalink

    Selamat Hari Pendidikan Nasional
    Tatap semangat Mr.Bambs menjadi teladan bagi siswa dan teman teman Guru baik di Sekolah maupun di Seluruh Indonesi, Serentak Bergerak Mewujudkan Merdeka Belajar

    Balas
  • 02/05/2021 pada 9:47 am
    Permalink

    Selamat Hari Pendidikan Nasional di masa pandemi, semoga kita selalu diberikan inspirasi dalam berkarya melalaui tulisan-tulisan yang dapat memotivasi dan menumbuhkan harapan bagi para tunas bangsa.

    Balas
  • 02/05/2021 pada 11:46 am
    Permalink

    Mantap pisan

    Balas
  • 02/05/2021 pada 12:56 pm
    Permalink

    Sekarang Kita Sebagai Guru Indonesia Dituntut Oleh Zaman Agar Bisa Membuat Anak Didik Sebagai Good Man ( Orang Baik ), Kenapa? Karena Orang Baik Selalu Bisa Mengukur Bagaimana Dia Bersikap, Orang Baik Tidak Ada yang Jadi Koruptor, Dia Akan Jadi Orang Baik, Menularkan Kebaikan Selama Hidupnya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *