SMP Taruna Bakti Titipkan Donasi Bencana Melalui Pikiran Rakyat

SMP Taruna Bakti merupakan sekolah yang tidak hanya fokus dalam bidang akademis. Melalui organsiasi siswa yang ada di sekolah yaitu OSIS dan MPK, bidang kesiswaan membuat sebuah program Tarbak Care. Sebuah program yang mengajak murid untuk peduli kepada sesama. Kejadian bencana akhir-akhir ini terjadi di Indonesia, khususnya di Jawa Barat dan Banten.

Kegiatan Tarbak Care ini merupakan program sekolah di bidang kesiswaan. Pelaksanaan kegiatan ini di kelola oleh Koordinator guru Ibu Siska. Dana yang diberikan merupakan dana yang sudah diserahkan oleh orang tua kepada sekolah dalam bentuk dana sekolah. Donasi yang diberikan bukan dana yang diminta langsung kepada murid, melainkan sudah disediakan anggarannya oleh pihak Yayasan Taruna Bakti. Berbeda pada umumnya dana dikumpulkan secara langsung kepada murid-murid. Pemilihan donasi kepada Pikiran Rakyat bagian dari kolaburasi dalam sebuah program peduli bencana. Pikiran Rakyat yang merupakan media cetak ternama di Jawa Barat sudah sangat dipercaya dalam pengelolaan dana dari masyarakat termasuk dari sekolah.

Sebelumnya kami sudah menghubungi Redaksi Harian Umum Pikiran Rakyat seminggu dari tanggal 28 Januari 2022. Hari Jumat, tanggal 28 Januari 2022 kami berangkat dari sekolah pukul 09.00 WIB. Sebelum berangkat anak-anak OSIS dan MPK melakukan pertemuan dengan Kepala Sekolah Ibu Detty Nurwendah di ruang kerjanya.

Setelah selesai mendengarkan pesan langsung dari Ibu Detty, kami bersiap untuk berangkat. Ada 2 orang guru, Mr. Bams dan Ibu SIska serta 3 anak perwakilan OSIS dan 3 anak perwakilan MPK. Kami berangkat menggunakan kendaraan Toyota Hiace. Sayang perjalanannya begitu sebentar, Pa Iyan yang mengantarkan kami pun tersenyum. Ya…pejalanan panjang dari Jalan Riau 52 ke Jalan Asia Afrika 77 Bandung.

Saat datang ke Kantor Pikiran Rakyat kami diterima oleh Pengurus Yayasan Pikiran Rakyat Pa Nirwan. Pa Nirwan sangat ramah sekali kepada anak-anak. Kami diterima disebuah ruangan yang tertata rapih, kursi yang besar sebanyak 6 buah dengan posisi 3 kursi saling berhadapan. Anak-anak sebelumnya dipersilahkan untuk mengambil foto-foto untuk dokumentasi. Sembari menjelaskan seputar Pikiran Rakyat. Sembari menunggu Pengurus Yayasan Pikiran Rakyat yang sedang dalam perjalanan.

Pikiran Rakyat bagi Mr. Bams merupakan media yang luar biasa. Senang rasanya bila menulis kemudian dimuat di Forum Guru sebuah rubrik khusus untuk Guru untuk tulisan, bahkan mendapat honor. Selama ini baru dua kali tulisan Mr. Bams dimuat di Pikiran Rakyat. Ya, memang tidak mudah, harus temanya dan momentum yang pas dengan kekinian, baru bisa layak tayang.

Serah terima bantuan dari SMP Taruna Bakti diberikan oleh Ketua I OSIS SMP Taruna Bakti ananda Syaluna kepada pihak Yayasan Pikira Rakyat. Bantuan sebesar Rp. 15.000.000,- dari SMP Taruna Bakti diterima oleh Ibu Rhyma Putri Gumilang, Supervisor Manajemen Akutansi Pikiran Rakyat. Ibu Rhyma pun berbincang-bincang dengan anak-anak OSIS dan MPK.

Selama di Kantor Pikiran Rakyat kami pun berbincang banyak tentang SMP Taruna Bakti. Menjelaskan sekolah kami dengan konsep pembauran. SMP Taruna Bakti menyediakan guru agama sesuai dengan agama yang dianuti oleh murid-murid. Ada guru agama Islam, Kristen Protestan, Katholik, Hindu dan Budha. Pihak Pikiran Rakyat menyampaikan bahwa lulusan Akademi Sekretaris Manajemen Taruna Bakti (ASMTB) banyak yang menjadi karyawan di Pikiran Rakyat.

Tepat satu minggu dari kunjungan kami, hari ini Jumat tanggal 4 Februari 2022, berita kunjungan kami dimuat di harian Pikiran Rakyat. Pemberitaan di media cetak adalah bentuk pengakuan eksistensi kami SMP Taruna Bakti. Perhatian pengurus terlihat saat menghubungi langsung Kepala SMP Taruna Bakti untuk mengucapkan selamat ya….. Terima kasih Pikiran Rakyat. (Mr. Bams)

*)ralat seharusnya tulisan Pembina OSIS-MPK SMP Taruna Bakti, Bambang Purwanto, S.Kom. (paragrap 4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.