Tips Mengikuti Acara Online

Covid….covid….kapankah engkau enyah dari bumi ini? Setiap orang saat ini pasti ingin segera usai dengan wabah pandemi covid 19 ini. Semua yang bisa dilakukan dirumah, maka dirumah saja. Penulis saat ini merasakan dan mengamati begitu banyaknya acara di dunia cyber. Sehingga saat ini setiap orang diserbu dengan berbagai acara. Acara yang hanya diikuti dengan modal gawai. Tentunya gawai yang terkoneksi internet.

Acara yang diselenggarakan secara resmi kedinasan atau yang dibuat oleh komunitas apapun. Sejak dirumah saja, frekwensi penambahan grup di whatsapp bertambah. Bertambahnya grup di whatsapp karena bergabung dengan kelas online.

Saat berada di grup, tentunya banyak kiriman yang memberitahukan adanya acara. Semua acara tentunya berbasis internet. Mulai dari acara yang merupakan konten pendidikan, religius, sampai hanya untuk santai. Waktu sekarang yang bertepatan dengan Ramadhan itu makin semarak. Jika kita semua mampu melihat bagaimana data berseliweran di langit, pasti bisa melihat begitu padatnya lalu lintas dilangit.

Beberapa tips dari penulis untuk menyikapi serbuan acara online, simak dibawah ini. Pertama, apakah acara tersebut berhubungan dengan profesi kita? Profesi bisa menjadi patokan untuk mengikuti sebuah kegiatan. Misalnya guru, apakah kegiatan tersebut memang dibutuhkan. Kedua, apakah acara tersebut berbayar atau gratis ? Bila kegiatannga gratis tentunya tak mmasalah. Bila acaranya harus bayar maka pastikan mengambil anggaran di luar anggaran rutin. Biaya kegiatan bisa saja diambil dari biaya yang tak digunakan, seperti biaya beli BBM kendaraan. Ketiga, perhatikan waktunya. Nah, ini bisa dijadikan alasannya untuk ikut atau tidak, jangan sampai waktunya bertepatan dengan kegiatan yang lebih penting. Keempat, bagi waktu untuk kegiatan untuk keluarga dan ibadah. Saat ini bijaklah saat mengikuti kegiatan melalui online. Saat mengatur dengan bijak, masih ada waktu untuk anak, istri atau suami juga demikian untuk ibadah. Bulan Ramadhan bagi umat islam adalah bulan yang spesial. Manfaatkan sebaik-baiknya Ramadhan kali ini.

Berbagi dengan apa yang dirasakan penulis, semoga bermanfaat untuk para pembaca.

6 thoughts on “Tips Mengikuti Acara Online

  • 29/04/2020 pada 11:39 am
    Permalink

    Iya Mr.trllu bnyk..dr group-group WA yg share kgiatan online.. Kdng pingin ikut yp trnyta bentrok dg kgiatan lain.terimajasih trik nya yaa

    Balas
  • 29/04/2020 pada 12:30 pm
    Permalink

    Siiip pak Bams

    Balas
  • 30/04/2020 pada 4:13 am
    Permalink

    Acaranya keren pak bams,ingin selalu mengikuti tapi kadang bentrok dg jadwal lain,insya allah sy ikuti & mendukungnya,semangaaat terus mr.bams ini ,semoga diberi kesehatan ,kelancaran ,salam literasi

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *