Tulisan Sebelum Tidur #8

Serunya Menjalankan Amanah Warga

Tak mudah menjadi seorang pemimpin warga sekelas Ketua RW. Menjadi pemimpin yang tak semua mau. Berbeda dengan Kepala Desa, Bupati/Walikota, Gubernur bahkan Presiden yang pada berebut inging mendapatkan jabatan tersebut.

Terpilih pada tanggal 11 Februari 2018 dan akan berakhir 10 Februari 2023. Pemilihan melalui pemilihan langsung oleh warga yang sudah memiliki hak suara. Alhamdulillah sudah 2 tahun lebih mengemban amanah ini. Jumlah kepala keluarga ada 311 dan ada 8 Rukun Tetangga.

Mulai mengurus administrasi warga, iuran warga, kerja bakti, ronda, mengurus yang meninggal, menjadi MC, memberikan sambutan sebagai keluarga perempuan saat acara nikahan, memberikan sambutan sebagai keluarga laki-laki saat acara nikahan, rapat di desa, tetangga yang ribut, ribut antar kampung, acara agustusan, kebakaran hutan, menangkap maling, Karang Taruna, DKM, Majelis Taklim, Posyandu, PKK dan lain-lain.

Berada di perumahan biasa-biasa saja, kebanyakan rumahnya rondatipe 21, ada sih yang lebih besar dari itu tapi tak banyak.  Ya, tempat kami Perumahan Lebakwangi Asri RW 13 Desa Lebakwangi Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung terletak 20 KM dari Gedung Sate Bandung ke arah selatan.

Tempatnya sejuk, ada Posyandu, mesjid, taman baca, sumber air sumur artesis, lapangan volley ball, Taman Kanak-kanak, dan truk pengeloaan sampah.

Bertugas menjadi Ketua RW ternyata saya lebih banyak dibantu oleh Ibu Salwa, isteri tercinta. Bila saya sedang mengajar kalau ada tugas RW maka isterilah yang akan mengerjakan. Menanda tangani surat yang sifatnya biasa, isteri yang mengerjakan.

Insentif Ketua RW yang diberikan dari Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Pemerintah Desa itu sebesar Rp. 175.000, sedangkan Ketua RT sebesar Rp. 150.000,. Instentif itu dibayarkan setiap enam bulan sekali. Jadi setiap enam bulan saya menerima sebesar Rp. 1.050.000,-. Dana itu saya bagikan :

  1. Ketua RW 40% (Rp. 420.000)
  2. Sekretaris RW 25% (Rp. 262.500)
  3. Bendahara RW 25% (Rp. 262.500)
  4. Ibu Ketua PKK RW 10% (Rp. 105.000)

Kebahagiaan terdalam bagi saya dan isteri bila bisa melayani warga dengan baik semampu kami. Menghadapi warga pro dan kontra bagi kami jadikan hiburan. Kami saling menguatkan dengan saling menasehati.

 

17 tanggapan untuk “Tulisan Sebelum Tidur #8

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *